logoblog

Cari

Pengurus Paseban Sasak Adi Mengunjungi Sumur Majapahit

Pengurus Paseban Sasak Adi Mengunjungi Sumur Majapahit

Sabtu, 07 Juni 2014 – Lima malam yang lalu, Pengurus Paseban Sasak Adi (Lalu Sofian) yang bekerja di PT. New Mont

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
08 Juni, 2014 20:24:49
Peristiwa
Komentar: 1
Dibaca: 16992 Kali

Sabtu, 07 Juni 2014 – Lima malam yang lalu, Pengurus Paseban Sasak Adi (Lalu Sofian) yang bekerja di PT. New Mont menghubungi saya pia Handpone. Beliau bercerita bahwa beliau telah membaca artikel “Sumur Majapahit Situs Sejarah Terlupakan” yang pernah saya tulis pada halaman Kampung Media yang saya kelola. Setelah membaca artikel tersebut, beliau bersama tim Paseban Sasak tertarik untuk berkunjung ke situs Sumur Majapahit dengan tujuan untuk melakukan penelusuran sejarah. Setelah beberapa lama kami ngobrol lewat Handpone, ahirnya kami sepakat untuk mengunjungi situs Sumur Majapahit pada hari Sabtu, 07 Juni 2013.

Keesokan harinya saya membuka Facebook dan saya melihat pemberitahuan bahwa saya digabungkan oleh Lalu Sofian pada Group Paseban Sasak yang beliau kelola bersama Lalu Azmi dan kawan-kawan. Saat itu juga beliau menyarankan ke pada saya untuk memasukkan poto-poto yang terkait dengan Situs Sumur Majapahi dan saya-pun memasukkan poto-poto dimaksud sebagai status di group Paseban Sasak. Ternyata banyak anggota group tersebut yang mengajungkan jempol terhadap gambar yang saya masukkan tersebut. Puluhan anggota juga menuangkan komentarnya. Komentar tersebut rata-rata berisi ketertarikan terhadap situs sejarah dimaksud.

Hari Rabu, 05 Juni 2014, Lalu Sofian menginbox saya untuk memastikan bahwa beliau dan beberapa orang tim akan berkunjung ke situs Sumur Majapahi dan saya-pun mengiakan rencana itu. Saya kira beliau dan tim Paseban Sasak lainnya tidak serius untuk berkunjung ke lokasi Sumur Majapahit sebab pada hari Kamis dan Jum’at beliau tidak pernah menghubungi saya lagi. Namun, ternyata mereka benar-benar serius untuk berkunjung. Sekitar pukul 20.00 Wita (Jum’at malam, 06 Juni 2014), Lalu Sofian menghubungi saya untuk memberitahukan bahwa beliau bersama Pengurus Paseban Sasak akan menemui saya besok pada sekitar pukul 12.00 Wita (Sabtu, 07 Juni 2014) dan beliau meminta saya untuk menunggu kedatangan mereka di Bayan sebab mereka tidak tahu arah/jalan menuju Sambik Elen (lokasi situs Sumur Majapahit).

Sabtu, 07 Juni 2014 pada sekitar pukul 13.30 Wita, Lalu Sofian menghubungi saya lagi dan memberitahukan bahwa beliau dan kawan-kawan telah sampai di depan Masjid Kuno Bayan Beleq. Saya langsung berangkat dan menemui mereka di tempat itu.

Wah…wah..wahhhhh…. ahirnya kami bertemu juga. Asykkk, hari ini saya dapat bertemu dengan Pengurus Paseban Sasak yang memiliki visi “Mengungkap dan Membukukan Pusaka Peninggalan Gumi Sasak”. Mantab sanak senamian,,, kebetulan saya juga sudah lama memimpikan untuk bertemu dengan orang-orang yang peduli dan serius untuk menelusuri serta membukukan Sejarah Gumi Sasak berdasarkan bukti-bukti autentik yang ada dan kini impian itu akan segera terlunasi sebab Allah telah mempertemukan saya dengan Pengurus Paseban Sasak yang benar-benar serius untuk menelusuri dan mengungkap keberadaan situs-situs sejarah local gumi Sasak. Dan ini sudah barang tentu berkat Kampung Media yang menyediakan kanal Wisata Sejarah pada halaman blog-nya. Terimakasih Kampung Media…..

Singkat cerita, dari Bayan kami berangkat menuju Sumur Majapahi dan alhasil Tim Paseban Sasak sangat kagum dan takjub terhadap situs itu. Selanjutnya kami bersama-sama menelusuri dan menelaah keberadaan Sumur Majapahit. Lalu Sofian yang ahli dalam bidang arkeologi dengan serius menelaah situs ini dengan ilmu arkeologi yang beliau miliki, demikian juga dengan Jaya Kelana (sekertaris Paseban Sasak) yang memiliki keahlian dalam bidang metafisika, dengan sangat serius beliau melakukan semedi untuk menelusuri benda-benda apa saja yang terdapat di sekitar situs.

Setelah beberapa lama kami menyusuri areal situs tersebut maka Lalu Sofian mendapat kesimpulan bahwa Sumur Majapahit adalah situs yang menyimpan kisah sejarah bumi Sasak pada zaman berkembangnya Hindu-Budha. Sedangkan Jaya Kelana menyimpulkan bahwa di sekitar situs Sumur Majapahit terdapat beberapa peninggalan sejarah lain yang perlu ditelusuri secara serus dan beliau memperkirakan bahwa di sekitar Sumur Majapahit terdapat terowongan besar yang menuju gua bawah tanah. Selain itu Jaya Kelana beserta tim lainnya mempunyai perkiraan bahwa di bawah Sumur Majapahit terdapat sumber mata air yang sangat besar.

Luar biasa… ternyata anggota Paseban Sasak ini memang betul-betul serius untuk mengungkap sejarah local Gumi Sasak. Mereka berjanji akan menanggapi keberadaan situs ini dengan menghubungi Bapak Bupati KLU dan pihak-pihak terkait dan meminta kepada mereka supaya Sumur Majapahit dikelola sebagai salah satu tempat Wisata Sejarah yang bermakna dengan cara memugarkan areal situs tersebut.

 

Baca Juga :


Ketua Paseban Sasak bersama beberapa anggotanya juga berjanji akan datang kembali bersama tim ahli penelusuran gua bawah tanah dalam waktu secepatnya supaya keberadaan gua bawah tanah di sekitar Sumur Majapahit terbukti, bukan hanya sekedar dugaan saja.

“Situs ini cukup potensial untuk kita kembangkan sebagai tempat wisata sebab lokasinya strategis, keadaan masyarakat sekitar yang masih tradisional juga hal yang sangat mendunkung potensi wisata sejarah budaya, sedangkan suasana hutan yang teduh dan sejuk juga sangat mendukung lokasi ini untuk dikembangkan sebagai tempat wisata yang menakjubkan”, ungakp Lalu Sofian sambil terkagum-kagum.

Uihhhhh, semoga saja rencana mereka dapat terealisasi dengan baik. Ea tentunya rencana tersebut juga butuh perhatian dari pemerintah Provinsi NTB dan pihak-pihak terkait. Hallo… Bapak Gubernur NTB dan Segenap Warga Kampung Media, bantu kami merealisasikan rencana dimaksud ngih.

Oya, perlu diketahui bahwa Pengurus Paseban Sasak yang mendatangi situs Sumur Majapahit ada 6 orang, mereka adalah Lalu Sofian, Jaya Kelanan, Lalu Azmi, Sahlim, Badri, Muhammad Dian dan saya sendiri sebagai penunjuk jalan alias Guide. Tim Paseban Sasak ini berasal dari Loteng, Lobar, dan Lotim yang bersekertariat di Pagesangan Ampenan Kabupaten Lombok Barat. Keseriusan Pengurus Paseban Sasak untuk menelusuri dan mengungkap keberadaan situs-situs sejarah Gumi Sasak terlihat dari antusisas dan apresiasi untuk mengajak saya mengunjungi situs-situs lain yang saya ketahui. Penelusuran kami laksanakan hingga bakda Isa dan pada kesempatan ini kami hanya dapat mengunjungi 3 situs saja, yaitu Sumur Majapahit, Patung Boda di Bongontor Desa Senaru dan Makam Cilinaya yang berada di sebelah selatan Labuhan Carik Desa Anyar Kecamatan Bayan.

Demikianlah pengalaman saya bersama Pengurus Paseban Sasak, asykkk banget pokoknya. Saya merasa bangga dan bahagia sebab lewat artikel yang saya tulis di Kampung Media, Allah mempertemukan saya dengan para pencinta sejarah Lokal Gumi Sasak. Jadi, situs Sejarah Sumur Majapahit tidak lagi terlupakan sebab Paseban Sasak berjanji akan berusaha memperomosikan situs ini sebagai tempat wisata sejarah budaya yang menakjubkan pada masa yang akan datang. Semoga rencana itu dapat terealisasi dengan baik. Sekali lagi, saya menyampaikan ucapan terimakasih yang tiada terhingga kepada Pengurus Kampung Media NTB atas kanal Wisata Sejarah yang engkau sediakan. Semoga Kampung Media NTB semakin jaya dan Salam dari Kampung.

_Asri ASA- [] - 05



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    09 Juni, 2014

    itulah manfaat paling sederhana dari bersilaturrahmi lewat kampung media. makanya mari kita sama-sama berselancar ke tulisan-tulisan teman-teman kita dari berbagai kampung media dan kita komentari.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan