logoblog

Cari

Sholat Gerhana Bersama PWNU NTB

Sholat Gerhana Bersama PWNU NTB

Waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 wita hari Rabu 8 Oktober 2014, alhamdulillah persiapan semuanya sudah rampung mulai dari  menyebar undangan, persiapan

Peristiwa

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
10 Oktober, 2014 12:22:53
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 17097 Kali

Waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 wita hari Rabu 8 Oktober 2014, alhamdulillah persiapan semuanya sudah rampung mulai dari  menyebar undangan, persiapan lokasi sampai konsumsi serta menyusun rangkaian acara, kesibukan itu sudah mulai terasa sejak 2 hari sebelumnya karena pada rabu malam kami dari Pengurus MWC NU Kecamatan Narmada menjadi tuan rumah acara Lailatul Ijtima’ Nahdlatul Ulama NTB.

Lailatul Ijtima’ merupakan acara rutin setiap bulan yang diadakan PW NU NTB dengan sistem Rolling dan keliling kesemua pengurus cabang yang ada di Nusa tenggara Barat, dan kebetulan PC NU Lobar mendapat giliran pada bulan ini. Pengurus Majelis Wakil Cabang Narmada menjadi panitianya dan pelaksanaan acara dipusatkan di Masjid Nuruddin Dusun Jejelok Desa Sembung Kecamatan Narmada.

Sebelum azan magarib berkumandang ratusan jamaah Nahdliyin dan Nahdliyat sudah memenuhi ruang dalam dan luar masjid. Satu persatu tamu undangan mulai terlihat datang, bertugas sebagai penyambut tamu didepan pintu gerbang Masjid saya dan beberapa orang teman-teman dari pengurus MWC Narmada menebarkan senyum kepada setiap jamaah dan tamu undangan yang datang sambil tidak lupa mempersilahkan mereka dan segera mengambil tempat didalam masjid.

Wajah-wajah akrab dari tokoh dan sepuh NU Nusa Tenggara Barat dan sangat sering kami lihat turut hadir dalam acara tersebut mulai dari Ketua Tanfiziyah TGH Taqiudin Mansyur beserta sekeretaris L Winengan, Pengurus NU Lombok Barat dan masih banyak lagi para Tuan Guru dan Sepuh NU yang tidak bisa saya sebut satu persatu saking banyaknya yang hadir saat itu.

Acara dimulai dengan istiqosah sambil menunggu waktu Magrib tiba, yang istimewa dari Lailatul Ijtima’ kali ini adalah setelah sholat Magrib dilaksanakan sholat sunnah Gerhana Bulan secara berjamaah,  Supardi seorang jamaah mengatakan “beruntung saya hadir malam ini karena seumur hidup baru kali ini saya bisa melaksanakan sholat gerhana bulan.”

 

Baca Juga :


Sebelum mengimami sholat, terlebih dahulu TGH Subki Sasaki menjelaskan kepada jamaah tentang kaefiyat dari sholat gerhana bulan, menurutnya ada sedikit perbedaan cara sholat gerhana dengan sholat sunnah lainnya yaitu jumlah bacaan surat fatihah dan ayat Al Quran serta ruku’ dan iktidal, jika pada sholat sunnah yang lain dalam satu rakaat terdapat satu kali bacaan fatihah, bacaan ayat, rukuk dan iktidal. Namun berbeda pada saat sholat gerhana, maka dalam satu rakaat terdapat dua kali bacaan fatihah, ayat, rukuk dan iktidal. Jelas TGH Subki sambil mencontohkan sehingga para jamaahpun terlihat mengerti kaefiyat pelaksanaannya.

Setelah sholat  dilanjutkan dengan khutbah sholat gerhana yang langsung disampaikan oleh Tuan Guru Muda asal Prulan kecamatan Kuripan, dengan gaya khas lucu dan kocaknya TGH Subki seakan menghipnotis semua jamaah larut dalam rangkaian penyampaian khutbahnya.

Setelah Khutbah giliran Ketua Tanfiziyah NU NTB TGH Taqiudin Masyur menyampaikan informasi dan berbagai hal mengenai perkembangan NU NTB beberapa tahun terakhir, yang paling menarik perhatian Nahdliyin Nahdliyat malam itu adalah informasi tentang Universitas NU NTB yang tinggal selangkah lagi akan beroprasi, bahkan Tuan Guru asal Bonder Loteng itu menargetkan sebelum Jokowi dilantik jadi Presiden tanggal 20 Oktober mendatang izin operasional Universitas yang diberi nama UNU TGH Saleh Hambali sudah ditanda tangani Kementrian Pendidikan. Acara malam itu berlangsung sangat khidmat dan Kemudian acara ditutup dengan sholat Isya berjamah. (Abdul Satar) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan