logoblog

Cari

AIPD Gelar Pelatihan Pembangunan Berkeadilan Gender

AIPD Gelar Pelatihan Pembangunan Berkeadilan Gender

KM Wadupa’a: Selama ini peran kaum hawa belum diakui banyak pihak, yang lebih parah hal itu juga tergambar dalam komposisi kebijakan

Peristiwa

KM. Wadupa-a
Oleh KM. Wadupa-a
16 Oktober, 2014 18:09:22
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4588 Kali

KM Wadupa’a: Selama ini peran kaum hawa belum diakui banyak pihak, yang lebih parah hal itu juga tergambar dalam komposisi kebijakan anggaran dari pemerintah. Hal tersebut melatarbelakangi Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) menggelar pelatihan analisa dan adovokasi kebijakan pelayanan pendididikan dan kesehatan yang adil gender, 14-18 Oktober di meeting room Mutmainah Home Stay.

Pelatihan yang akan dilaksanakan 5 hari tersebut diikuti NGO, comunity Center, 2 KIM, 2 komunitas kampung media dan sejumlah jurnalis media lokal. Pemateri pelatihan konsultan bidang gender AIPD, Saeful Muluk, Nandang Suherman, Donny Setiawan.

District Facilitator AIPD untuk Kabupaten Bima, UmarN SH menjelaskan, pelatihan analisa dan advokasi merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya diskusi grup/FGD tentang isu gender dan kegiatan assesment. Harapannya meningkatkan kapasitas komunitas atau peserta mengawal program pendidikan dan kesehatan dasar yang digulirkan pemerintah, apalagi saat ini pemerintah sedang memroses dokumen anggaran dan dalam waktu tak lama lagi akan mengesahkan APBD 2015.

Dikatakannya, pelatihan tentang isu gender dibagi tiga tahap, stelah di Bima akan dilanjutkan di Dompu dan Lombok.

Konsultan gender AIPD, Saeful Muluk menjelaskan, pelatihan memiliki sejumlah tujuan, di antaranya meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan keterampilan berkaitan analisis dan advokasi pembangunan yang berkeadilan gender, merancang strategi pendampingan analisis dan advokasi, mengembangkan strategi advolasi kebijakan dan pelayanan pendidikan dan kesehatan dasar.

Selain diskusi dan pelatihan dalam ruangan, hari Rabu peserta akan diajak ke lapangan melihat langsung persoalan isu gender, menyusun rencana advokasi dan analisa terhadap persoalan di lapangan dilanjutkan simulasi advokasi terhadap persoalan pendidikan dan kesehatan. (FS) 02

 

Baca Juga :


 

 



 
KM. Wadupa-a

KM. Wadupa-a

Koordinator: FACHRUNNAS Email : kampungmediawadupaa@gmail.com Komunitas Jurnalisme Warga. Menyuguhkan Informasi seputaran Soromandi dan Wilayah Sekitar.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan