logoblog

Cari

Tutup Iklan

Geliat Petani Di Awal Musim Penghujan

Geliat Petani Di Awal Musim Penghujan

KM. Serambi_Brangrea; Setelah sekian lama kita mengalami kemarau yang dirasakan terpanjang maka saat ini petani yang ada di Kecamatan Brangrea mulai

Peristiwa

KM. Serambi Brangrea
Oleh KM. Serambi Brangrea
16 November, 2014 12:34:35
Peristiwa
Komentar: 2
Dibaca: 7035 Kali

KM. Serambi_Brangrea; Setelah sekian lama kita mengalami kemarau yang dirasakan terpanjang maka saat ini petani yang ada di Kecamatan Brangrea mulai memperlihatkan senyum kebahagiaan. Penantian yang sudah cukup lama berangsur sirna. Rutinitas wajib sebagai petani yang menjadi sumber pendapatan sudah mulai bisa dilakukan.

Kendati musim penghujan belum menunjukkan intensitas normal karena menurut informasi dari BMKG curah hujan di seluruh wilayah Indonesia akan mencapai puncaknya pada bulan Desember hingga Februari mendatang namun tidak menyurutkan semangat para petani untuk memulai aktifitas pertanian. Malar atau petugas pembagi jatah air bagi petani mengajak semua petani yang ada di Desaberu untuk bersama-sama membersihkan dan membentuk kembali saluran irigasi yang selama ini kering dan banyak dipenuhi rerumputan serta sampah.

Setiap pagi buta sudah bisa disaksikan kesibukan petani yang beralalu lalang menuju ke sawah mereka untuk mulai mempersiapkan musim tanam. Hal ini dikarenakan masyarakat Brangrea memang didominasi oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

Sebagaimana terlihat pagi tadi Pak Tonggol, Pak San, dan Pak Udin sangat sibuk mengolah sawahnya untuk bisa segera ditanami padi. Alhamdulillah rutinitas kami sudah bisa dimulai lagi ujar Pak Udin disela-sela ia mengikat benih padi untuk ia tanami. Kami harus sesegera mungkin memanfaatkan keadaan karena sumber pendapatan kami hanyalah dari tani. Jika pertanian gagal atau tidak berjalan sebagaimana mestinya maka dapat dipastikan hal tersebut menjadi masalah besar bagi kami.

 

Baca Juga :


Hal senada juga diutarakan Pak Saleh bahwa musim tanam yang lalu saya mengalami gagal panen. Padi yang sudah ditanam dengan biaya yang tidak sedikit dari ongkos bajak sampai dengan sewa menanam mengalami kekeringan karena lebih dulu memasuki musim kemarau tambahnya.

Mudah-mudahan saja musim tanam kali ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula bagi petani yang ada di Kecamatan Brang rea. Petani di Brangrea adalah penentu utama roda perekonomian kecamatan Brangrea. (c_benk VH) - 05



 
KM. Serambi Brangrea

KM. Serambi Brangrea

http://serambibrangrea.blogspot.com Helmy Wahyunadi (Motivator) Agus Sudono (IT) Sri Handayani (Penulis) Indah Fuji Astuti (Penulis) Roman Indra Jaya (Penulis)

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    17 November, 2014

    Alhamdulillah juga sudah mulai diguyur hujan, yang walaupun intensitasnya masih tidak menentu.


  • KM LENGGE

    KM LENGGE

    17 November, 2014

    SEMOGA HUJAN INI MEMBAWA BERKAH YANG BERLIMPAH RUAH BAGI KITA SEMUA


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan