logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bantu Aku..

Bantu Aku..

Km NTT-LOMBOK-Ada suatu hal yang membuat saya bosan dan malas untuk mengajar di kelas XI(11) Multimedia SMKN 1 Sambelia yaitu melihat

Peristiwa

KM NTT-LOMBOK
Oleh KM NTT-LOMBOK
10 Februari, 2015 09:46:17
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4796 Kali

Km NTT-LOMBOK-Ada suatu hal yang membuat saya bosan dan malas untuk mengajar di kelas XI(11) Multimedia SMKN 1 Sambelia yaitu melihat dan menghadapi satu orang siswa yang bandel, tidak mau di atur. Berbuat semau-maunya di dalam kelas, tidak peduli apakah saya lagi memberikan tutorial praktek multimedia ataupun menyampaikan materi dsb di depan kelas, kebandelannya membuat berpengaruh pada teman-temannya yang lain.

Saya sudah berusaha dengan segala kemampuan saya untuk mengajar dengan menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran namun masih saja salah seorang siswa tersebut sebutlah namanya Dino Aprianto, setiap kali pertemuan selalu saja membuat gaduh di dalam kelas seperti bernyayi dan berpuisi dengan suara yang keras di dalam kelas, melempar temannya dengan menggunakan gumpalan kertas, disuruh maju untuk bernyanyi didepan kelas ataupun berpuisi didepan kelas namun tidak mau melaksanakannya, dan saya ambil alternatif terakhir dengan cara menyuruhnya keluar dari kelas dalam hal ini tidak mengijinnya mengikuti jam pelajaran saya, namun usaha itu tetap sia-sia karena si anak ini mengatakan “aku mau belajar buk , gak mau keluar dari kelas” dan sayapun berkata, kalau mau belajar silahkan..tapi janganlah berbuat gaduh atau keributan di dalam kelas. Entah apa yang harus aku lakukan…????!!

Penasaran dengan tingkah laku aneh si Dino ini, selesai jam pelajaran saya, saya langsung menanyakan ke Salah seorang teman dekatnya dikelas tersebut sebutlah namanya Megawati, saya bertanya”kok Dino tingkahnya aneh ya?” kemudian Mega menjawab “memang anaknya bandel buk, datang sekolah suka-suka hati dan Dino sering bekerja sebagai sopir mobil DAM diluar sana, Dino juga tidak bisa dipaksakan untuk belajar, kemungkinan Dino sekolah karena terpaksa, terpaksa karena ingin menuruti keinginan orang tuanya untuk tetap sekolah makanya tingkah lakunya seperti itu buk biar ada alasannya untuk berhenti sekolah jika ada pemberhentian dari sekolah, Dino maunya belajar bebas di alam, kurang suka di dalam kelas ungkap Mega….kalau seandainya mata pelajaran yang saya ajarkan ini aplikasinya di alam bebas, saya merasa tidak mungkin saya lakukan karena memang mata pelajaran ini bisanya di aplikasikan di dalam kelas dan di dalam Lab. Multimedia…

dari kejadian ini, saya sarankan pada siswa tersebut (Dino) atau siswa yang lain yang kurang suka belajar di dalam kelas untuk mengambil jurusan lain yang berkaitan dengan belajar bebas atau alam seperti pertanian, Butik dll. Terkadang, hati ini senang ketika si Dino tidak masuk kelas pada jam pelajaran saya karena setiap kali Dino tidak hadir semua temannya tenang dan tidak berisik, mempresentasikan tugas makalah dengan rapi, menganalisis gambar dengan teratur. Ya Alloh…apakah ini tandanya aku belum mampu menjadi guru yang baik dan profesional ? berdosakah aku.. ..?

 

Baca Juga :


Itulah membuat saya bosan, jenuh, kecewa, sedih dan malas ketika ada jadwal mengajar dikelas tersebut.. ..Aku selalu berdo’a semoga siswa tersebut suatu saat nanti akan sadar dan akan menjadi anak yang baik..amin. Aku merasa seolah-olah pendidik sekarang adalah pendidik yang serba salah, jika nilai siswa kurang dari KKM, pendidiklah yang disalahkan, jika guru memukul siswa yang bandel, jarang datang sekolah, tidak pernah mengerjakan tugas dll pendidiklah yang disalahkan. Katakanlah pendidik sekarang , jika ingin maju kena, mau mundurpun kena….

Bagi setiap pembaca budiman, yang membaca artikel ini, Bantu aku..dengan cara memberikan nasihat yang membangun, motivasi dan solusi terbaik, bagaimana menghadapi tingkah salah satu siswa tersebut… sebelumnya ku ucapkan terimakasih dan ku doakan yang terbaik buat setiap pembaca yang selalu memberikan saran atau masukan tentang hal ini.. (ifah)



 
KM NTT-LOMBOK

KM NTT-LOMBOK

KM NTT-LOMBOK , Anggota:Sutifa Saleh, Opal Adi Saputra, Umbu Azwar Anas, Umbu Yanus & Alia. Almt ;Dusun Dasan Bagik Dalam Desa Bagik Manis Kec. Sambelia, Kab.Lombok Timur (Cp.087866962059/082341397846)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan