logoblog

Cari

Diterjang Puting Beliung Ratusan Rumah Rusak Parah

Diterjang Puting Beliung Ratusan Rumah Rusak Parah

KM. Tantonga, - Badai yang disertai hujan jumat kemarin sekitar pukul 16.12 wita menerjang sejumlah wilayah terutama di kecamatan Woha dan Monta,

Peristiwa

KM TANTONGA
Oleh KM TANTONGA
25 Februari, 2015 23:47:42
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 6334 Kali

KM. Tantonga, - Badai yang disertai hujan jumat kemarin sekitar pukul 16.12 wita menerjang sejumlah wilayah terutama di kecamatan Woha dan Monta, kondisi terparah dialami warga kecamatan Monta. Kendati tidak ada korban jiwa namun di beberapa desa mengalami keru-sakan yang sangat parah, dianta-ranya desa tangga lebih dari 50 ru-mah rusak parah, desa tangga baru 35 rumah, tanjung baru 60 rumah, Tanjung Mas juga tidak kalah parahnya. Diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Tidak hanya rumah, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah ikut rusak, pepohonan juga banyak yang tumbang dan ironisnya puluhan hektar tanaman petani ikut rusak, dipastikan gagal panen. Menurut saksi mata Muhammad Hasan warga desa tangga bahwa angin puting beliung ini tiba-tiba datang dan menghantam semua yang ada. “Ke-jadiannya sekitar pukul empat sore kemudian disusul dengan hujan sampai akhirnya reda sekitar pukul 18.20” terangnya di RT 17 tangga.

Para warga saat kejadian ber-lindung di tempat yang dianggap aman dan banyak yang berkumpul di masjid dan mushollah. “bahkan sejak kejadian mereka menginap sampai pagi,” ujarnya.

Di tempat terpisah Hamzah sekretaris desa Tangga Baru me-ngatakan bahwa kejadain tersebut nyaris merusak separuh dari peru-mahan penduduk. “Kejadian ini begitu tiba-tiba dan baru pertama kali menimpa desa kami, tidak hanya rumah tanaman pertanian seperti jagung dan kedelai rusak parah,” ungkapnya di tangga baru.

Semua kondisi tersebut telah didata oleh aparat desa didampingi babinsa setempat dan dilaporkan langsung ke pemerintah kecamatan dengan harapan untuk bantuan bagi korban bencana alam. “Untuk lahan per-tanian telah kami laporkan pada instansi terkait dan langsung ditinjau pada saat itu juga. Secara pasti kerusakannya belum dapat dikalkulasikan,” terangnya sabtu sore.

 

Baca Juga :


Sementara Camat Monta Drs. Ruslan H. Musa yang dikonfirmasi minggu kemarin menje-laskan bahwa kejadian itu langsung ditangani dengan tim yang dibentuk dada-kan, didampingi kasi kesra camat langsung mengu-njungi lokasi korban seka-ligus melakukan pendata-an. Di lapangan teridentifi-kasi sedikitnya 407 rumah rusak parah, 392 bangu-nan rusak sedang dan 448 diantaranya rusak ringan.

“Data ini akan difinal-kan paling lambat rabu mendatang untuk disam-paikan kepada pemda dalam hal ini BPBD dan dinas social kabupaten untuk bantuan tanggap darurat,” terangnya.

“Nama warga dan foto bangunan yang rusak ha-rus dimasukkan semua se-bagai laporan, sedang dita-ngani  kasi trantib.”[Ipul] - 05



 
KM TANTONGA

KM TANTONGA

kampung media tantonga parewa berdiri disaat menjamurnya media cetak, bukan berarti menyaingi keberadaan media cetak sebab saya adalah pimpinan salah satu media cetak lokal. sehingga dapat saling sinergi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan