logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mentor Nasional Kunjungi Kaula

Mentor Nasional Kunjungi Kaula

“Besepuq Bagik dait Paok, Pade-Pade Pedis” Demikian adegium yang dikenal dengan istilah “Sesenggaq” dalam bahasa sasaq, yang artinya “Ketemu Asam dengan

Peristiwa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
20 April, 2015 12:35:08
Peristiwa
Komentar: 13
Dibaca: 11100 Kali

YANI YESS, Adalah seorang pembicara yang sengaja diundang untuk menjadi Nara Sumber oleh Walhi pada kegiatan Walhi Tingkat Nasional yang kebetulan berlokasi di mataram NTB. Nama Asli adalah Yani, sementara sambungannya YESS adalah sebuah singkatan dari lembaga Pelatihan yang ia dirikan yaitu YOUR ENTREPRENEUR SMART SHARING, Sebuah lembaga pelatihan yang dibentuk untuk mendorong kaum muda terutama sekali untuk menjadi Pebisnis yang beretika, Kreatif, Cerdas, Pantang Menyerah dan senang berbagi.Dengan lembaganya ini pak Yani, kini menjadi pembicara diberbagai kota. Dan saat ini tengah mendampingi berbagai UKM di Jakarta, Malang, Sulawesi tenggara dan beberapa kota lainnya.

Bagaimana kisah Pak Yani memberi motivasi kepada Komunitas Kampung Media, berikut penuturannya

“Besepuq Bagik dait Paok, Pade-Pade Pedis” Demikian adegium yang dikenal dengan istilah “Sesenggaq” dalam bahasa sasaq, yang artinya “Ketemu Asam dengan Mangga,sama-sama asam”. Demikian ungkapan diwarga sasaq atau minimal oleh warga dikampung saya, untuk menggambarkan sesuatu yang sejenis atau yang semisal bertemu, sehingga akan menjadi sesuatu yang sangat matching.

Itulah mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan pertemuan antar warga komunitas Kampung Media, khususnya yang berada diseputar Lombok Tengah Kawasan Utara. Setiap ide atau gagasan yang dilontarkan oleh salah seorang warga selalu sejalan atau matching dengan pemikiran warga komunitas yang lain, sehingga  ianya pasti direspon, bagai gayung bersambut.

Hal seperti terungkap diatas, terlihat jelas dari semakin intensnya melakukan pertemuan, berdiskusi, saling kunjungi, saling komentari dan lain sebagainya di internal komunitas kampung media seputar kawasan Utara beberapa bulan terakhir ini, termasuk seperti tadi malam ketika KM Kaula dikunjungi oleh seorang Mentor Nasional dari Jakarta yaitu Bapak Yani Yess. 

Hadir dalam diskusi tersebut Koordinator KM. Angin Daye, KM Begibung, KM Puspalaya, KM Sopok Ate dan warga-warga KM yang punya account Pribadi.

Dalam pengantar kegiatan silaturrahmi tersebut, coordinator KM Kaula menyampaikan, “………… dalam kegiatan silaturrahmi ini maka sebagai pengantar untuk menjadi gambaran kepada pembicara, kenapa kita sangat menghajatkan kegiatan seperti ini adalah bahwa yang hadir dalam kesempatan ini adalah teman-teman yang peduli dengan sekitar, mereka adalah orang-orang yang selalu berfikir tentang orang lain, tentang bagaimana merubah paradigma berfikir warga, bagaimana meningkatkan kesejahteraan warga dan lain sebagainya, untuk mencapai tujuan tersebut mereka sudah melakukan berbagai upaya mulai dari demonstrasi dan aksi, mendorong, menarik, duduk bareng, diskusi dan lain sebagainya, tapi hasilnya belum begitu signifikan, sehingga kalau saya  menganalogikan bagai mendorong mobil mati, kita sudah mengundang berbagai jenis mobil Derek local, hasilnya masih tidak berubah. maka dari itu malam ini, kita mencoba menggunakan mobil Derek luar daerah yang secara kebetulan memang seorang motivator hebat.

 

Baca Juga :


Kalau dengan yang satu ini juga, teman-teman tidak bergeming berarti kita tidak tengah mendorong mobil mati tapi sejatinya tengah mendorong stum mati (mobil penggilas aspal).karena kalau mendorong mobil mati masih ada kemungkinan untuk bisa bergerak maju atau mundur, tapi kalau mendorong stum mati jangan harap akan bisa bergerak maju atau mundur. Demikian KM Kaula mengakhiri pengantarnya yang disambut tepuk tangan dan tertawa renyah para peserta.

Selanjutnya waktu dan tempat diserahkan sepenuhnya kepada sang mentor. Setelah memperkenal diri, sang motivator mulai menyulut api gairah dari para peserta. Peserta bagai terseret arus sehingga sedikit demi sedikit gairah mereka mulai bangkit, sambil tidak sedikit dari peserta yang mulai bergumam, karena menyadari akan kesalahan mereka  “berarti di sini kesalahan kita”, sekarang Insyaallah kita akan coba denga teori baru ini dan gumaman lainnya. Teori dan praktik yang diberikan oleh sang motivator, diantaranya yang berhasil penulis rekam adalah bahwa, “dalam kita berusaha menggapai cita-cita, ada beberapa trik yang ditekankan, diantaranya :

Pasanglah cita-cita setinggi-tingginya tapi tetap disesuikan dengan hoby dan bakat. Fokuslah untuk mencapai cita-cita tersebut. Bantulah segala usaha dengan do’a

Di sessi berikutnya adalah peserta dipersilahkan mengajukan berbagai pertanyaan atau permasalahan untuk dicarikan solusi bersama, yang pasti dalam kegiatan tersebut para peserta sangat antusias, terutama dari KM Puspalaya, KM Begibung, KM Sopoq Ate dan KM Angin Daye yang terus mengajukan pertanyaan demi pertanyaan kepada sang nara sumber dan semuanya mendapatkan jawaban yang sangat memuaskan.

Semoga benar, gairah mereka yang bangkit tidak Cuma ketika sedang berhadapan dengan sang mentor, tapi ianya akan tetap mereka jaga kemudian ditunjukkan dengan praktik keseharian mereka di wilayah masing-masing [] - 03



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

13 KOMENTAR

  1. KM Angin Daye

    KM Angin Daye

    20 April, 2015

    Memang selama ini kita kebanyakan berteori semata, sehingga beberapa kegiatan yang di lakukan oleh KM Kaula termasuk diskusi-diskusi rutin mengajak kita bukan hanya mampu berdinamika dengan teori saja namun antara teori dan praktik bisa berjalan secara beriringan.


  • KM DARUL HIKMAH

    KM DARUL HIKMAH

    20 April, 2015

    Alhamdulillah,tp kapan tu? kenapa dak ada imponya


  • KM. Sukamulia

    KM. Sukamulia

    20 April, 2015

    Oessssss, KM. Kaula didatengi Mentor.... Mantab sanak Agung, ini adalah bagian dari perjalanan panjang yang harus kita tapaki, saya bangga dengan apa yang telah Sanak Agung dan pengelola-pengelola KM wilayah Loteng lainnya. Semoga Lombok Tengah semakin jaya dan Kampung Media semakin mendunia. Amin ya robbal alamin dan Salam dari Kampung.


    1. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      Aaamiin, semoga harapan kita bersama bisa segera terwujud.


  • KM. Puspalaya

    KM. Puspalaya

    20 April, 2015

    awesome paduka, pertemuan kemaren bener2 menginspirasi. apalagi ada tindak lanjutnya, berbeda dengan pertemuan2 lain yang hanya sebatas wacana belaka...malah tiang kaget ketika pak Bambang menantang tiang untuk pertemuan di KM.Puspalaya. Mohon izin, insyaAlloh jumat bsk tiang ikut menggali potensi usaha bersama mentor Mr. Bambang. good job..paduka!!


    1. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    2. KM Nggusu Waru

      KM Nggusu Waru

      20 April, 2015

      Mantap..sukses selalu saudara-saudaraku. Mari bersama kita "DUNIA-kan" Kampung Media


    3. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    4. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    5. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    6. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    7. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


    8. KM Kaula

      KM Kaula

      20 April, 2015

      siap, silahkan hadir kita tunggu.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan