logoblog

Cari

Milad Ponpes Syamsul Falah Jerneng Labuapi

Milad Ponpes Syamsul Falah Jerneng Labuapi

Forkim Lobar, Pondok pesnatren Syamsul falah berulang tahun pada tanggal 19 Syakban 1436 H yang bertepatan dengan tanggal 6 Juni 2015.

Peristiwa

KIM_LOBAR
Oleh KIM_LOBAR
14 Juni, 2015 20:40:21
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 32686 Kali

Forkim Lobar, Pondok pesnatren Syamsul falah berulang tahun pada tanggal 19 Syakban 1436 H yang bertepatan dengan tanggal 6 Juni 2015. Pondok pesantren Syamsul Falah adalah salah satu pondok pesantren yang masih muda, yang baru berusia 11 tahun, jika dibanding dengan pondok pesantren Abhariyah yang masih satu wilayah di desa Terong Tawah pimpinan Tgh Ulul Azmi.

Nama pondok pesantren Syamsul Falah terdiri dari dua kata “syamsul dan falah” kedua kata ini menurut Tgh Zainal Arifin “adalah sebagai tabaruk dari nama ibu saya yaitu hajah Syamsul dan pondok pesantren tempat saya menimba ilmu dulu yaitu Darul Falah.

Pondok pesantren Samsul Falah dibawah binaan Tgh. Zainal Arifin, S.Ag berdiri pada tahun 2005. Pengajian diniyah di teras rumah merupakan cikal bakal berdirinya pondok pesantren ini. Yang dilanjutkan dengan pembangunan TPQ(taman pendidikan al-quran) yang khusus mengajarkan anak-anak membaca al-quran dengan menggunakan metode iqra, kemudian pada tahun 2009 dilanjutkan dengan membangun lembaga pendidikan anak usia dini yang diberi nama PAUD Syamsul Falah.

Adapun program yang dikembangkan oleh pesantren ini adalah disamping program wajib mendalami kitab-kitab klasic yang berisikan fiqih, usul, tasaf dan lainnya juga mengembangkan tahfiz al quran, seni baca al quran, penulisan kaligrafi Arab serta program pertanian.

Prestasi yang pernah diraih oleh santri-santri pondok pesantren ini menurut Tgh. Zainal Arifin ketiak ditemuai di kediamannya mengatakan “siswa kami pernah meraih jura 1 penulisan kaliigrafi, juara II bidang tilawawatil qur’an pada MTQ tingkat kabupaten Lombok Barat yang diadakan di kecamatan Gunung Sari pada tahun 2015 ini.

 

Baca Juga :


Tgh. Zainal Arifin merupakan alumni dari pondok pesantren Darul Falah Pagutan angkatan tahun 1988 dan menamatkan pendidikannya di pondok pesantren Darul Falah pada tahun 2002 setelah belajar selama kurang lebih 15 tahun mulai dari tingkat madrasah ula, madrasah wustho, madrasah ‘ulya yang dilanjutkan dengan pendidikan takhassus. Adapun pendidikan formalnya di tempuh di SMP dan SMA Darul Falah. Sedangkan pendidikan S1 nya di Fakultas ilmu syariah IAIN Mataram.

Aktivitas Tgh. Zainal Arifin sehari-hari selain sebagai kepala sekolah SMP Salafiayah Darul Falah di Pondok pesantren Darul Falah Pagutan Mataram adalah sebagai seorang muballig yang mengisi pengajian di beberapa tempat di kabupaten Lombok Barat, seperti di Kecamatan Narmada, Kecamatan Labuapi, kecamatan Sekotong. (Musleh) - 05



 
KIM_LOBAR

KIM_LOBAR

Forkim Lobar adalah forum Kelompok Informasi Kabupaten Lombok Barat. beranggotakan 10 KIM di Lombok Barat. email : forkimlobar@gmail.com tlpon : 081237104010

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan