logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media dan Anak Muda

Kampung Media dan Anak Muda

  KM Taliwang – Tanggal 28 Oktober, merupakan tanggal sakral bagi anak muda Indonesia. Pasalnya, sebentar lagi harinya anak muda se-Indonesia bakal

Peristiwa

KM. Taliwang
Oleh KM. Taliwang
26 Oktober, 2015 10:49:04
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 7564 Kali

KM Taliwang – Tanggal 28 Oktober, merupakan tanggal sakral bagi anak muda Indonesia. Pasalnya, sebentar lagi harinya anak muda se-Indonesia bakal digelar. Dihelat dalam bingkai kepemudaan yang haus kreatifitas dan karya inovasi mendunia. Yang haus akan kemerdekaan sejati tanpa ada sekat-sekat yang membungkus keraguan. Yang haus menyuarakan kebenaran melalui tulisan tanpa keraguan. Tanpa ada tindakan refresif dari aparatur pemerintah bila berbeda pendapat.  

Seperti yang digagas kampung media. Besutan Kepala Kampung Faruz Abdi kini menjelma ikon daerah yang memberikan pencerahan dan pembangunan anak muda melalui tulisan. Puncaknya, penghargaan Nasional dalam 9 Top Inovasi Nasional berhasil diraih. Sebuah pencapaian fenomenal.

Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras anak-anak muda. Sebab sebagian besar penulisnya merupakan anak-anak muda. Yang tersebar di semua penjuru Nusa Tenggara Barat. “Dari Sape sampai Ampenan” demikian saya ibaratkan. Sesuai sebuah judul film pendek yang mengisahkan eratnya hubungan antar suku yang berada di Nusa Tenggara Barat. Apapun nama kampung medianya, yang jelas perubahan pelan tapi pasti bakal terwujud.

Saya masih ingat orasi Bungkarno soal anak muda. Begini katanya, “Berikan aku 10 pemuda, maka akan aku goncangkan dunia.” Sebuah orasi provokasi sekaligus pembakar semangat anak muda yang hingga kini masih kental di memori kita. Bahwa anak muda memiliki darah dan daya juang mumpuni.

 

Baca Juga :


Tepat pada 10 November 1945, Bung Tomo tampil sebagai orator ulung di depan corong radio, membakar semangat rakyat untuk berjuang melawan tentara Inggris dan NICA-Belanda. Dari peristiwa inilah, kemudian lahirlah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober untuk mengenang jasa Bung Tomo. Dan ternyata Bung Tomo merupaka seorang Jurnalis. Ia pernah bekerja sebagai wartawan lepas pada Harian Soeara Oemoem di Surabaya pada tahun 1937. Setahun kemudian, ia menjadi Redaktur Mingguan Pembela Rakyat serta menjadi wartawan dan penulis pojok harian berbahasa Jawa, Ekspres, di Surabaya pada tahun 1939.

Dari sini dapat saya simpulkan bahwa Kampung Media yang hadir ditengah-tengah kita memiliki pertalian erat dengan gaya Bung Tomo. Menyuarakan kebenaran melalui Tulisan. Selamat Ulang Tahun Anak Muda Indonesia.  () -01



 
KM. Taliwang

KM. Taliwang

KM Taliwang berdiri 18 Januari 2014 setelah bermetamorfosa dari komunitas rumah separuh yang mulai beraktifitas sejak April 2011 di Taliwang. Komunitas ini merupakan rumah belajar. Email: ali790601@gmail.com Hp. 081909118335

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan