logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kokok Putik, Waspada Lahar Dingin

Kokok Putik, Waspada Lahar Dingin

KM. Sukamulia – Eruvsi Gunung Baru Jari yang telah terjadi selama 15 hari terahir ini diperkirakan akan menyebabkan terjadinya Banjir Lahar

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
10 November, 2015 14:32:42
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3075 Kali

KM. Sukamulia – Eruvsi Gunung Baru Jari yang telah terjadi selama 15 hari terahir ini diperkirakan akan menyebabkan terjadinya Banjir Lahar Dingin yang akan meluap melalui Kokok Putik. Hal ini sesuai dengan pengumuman yang dibacakan oleh Awaludin (Pengawas Ketinggian Air Kokok Putik) lewat corong Masjid Baitul Izzah Kokok Putik pada pukul 08.16 Wita (10 November 2015).

Pengumuman tersebut berisi himbauan kepada warga Kokok Putik dan sekitarnya supaya waspada dan agar tidak turun ke Kokok Putik untuk tujuan mandi, mencuci dan atau untuk kepentingan lainnya sebab BNPB memperkirakan bahawa Kokok Putik akan dialiri oleh luapan lahar dingin akibat eruvsi Gunung Baru Jari Rinjani.

Lalu Alwan Wijaya, S. Pd juga menerangkan bahwa sejak tadi malam pihak Kepolisian KLU yang bertugas di Sektor Bayan ditugaskan stanbay di Kokok Putik guna mengawasi perkembangan luapan air sungai Kokok Putik, serta menertibkan masyarakat ataupun pengunjung lainnya supaya tidak turun bermain-main di sekitar wilayah aliran Kokok Putik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tegas Kepala Desa Sambik Elen tersebut saat kami temui di lokasi (Kokok Putik).

Terkait dengan isu akan meluapnya lahar dingin tersebut maka sejak pukul 08.30 Wita hari ini, puluhan orang polisi yang berasal dari Badan Kepolisian KLU dan Polsek Bayan sudah standbay di sekitar Jembatan Kokok Putik dan hingga informasi ini kami liris, beberapa orang polisi yang berasal dari Polsek Bayan masih tetap standbay di lokasi.

Pada pukul 13.25 Wita, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi NTB bertandang ke lokasi (Kokok Putik) guna memastikan isu akan terjadinya luapan lahar dingin. Setelah beberapa lama melakukan observasi, tim BNPB membenaarkan isu tersebut dan mereka juga menegaskan bahwa sejak tadi malam BNPB mendapatkkan informasi bahwa debit air Danau Sagara Anak mulai meluap akibat luapan material yang dikeluarkan oleh Eruvsi Gunung Baru Jari.

Perlu juga kami sampaikan bahwa sejak pukul 14.06 Wita, Tim Satgas dan Polda NTB yang berjumlahan 30-an orang personil mulai siaga untuk mengawasi keadaan Kokok Putik. Saat  ini mereka membangun tenda komando di halaman SDN 3 Bilok Petung. Rencananya mereka akan tetap standbay di lokasi selama dua hari dan apabila keadaan bertambah darurat maka mereka akan standbay di lokasi hingga keadaan aman. Hal ini membuktikan bahwa isu akan terjadinya luapan Lahar Dingin di Kokok Putik memang betul-betul siaga dan memerlukan penanganan yang serius.

Jika dilihat dari keadaan air Kokok Putik, maka isu/perkiraan akan meluapnya lahar dingin sangatlah beralasan sebab saat ini air Kokok Putih sudah mulai keruh (berwarna putih kecoklatan). Jika dibandingkan dengan keadaan sebelumnya (kemarin pagi) maka debit air Kokok Putik pada hari ini lebih tinggi dari pada sebelumnya. Mulau pukul 12.00 Wita (tadi siang), ketinggian air Kokok Putik sudah mencapai setinggi paha dengan air yang berwarna keabu-abuan. Perlu diketahui bahwa sejak bulan Agustus lalu, air Kokok Putik kelihatan jernih, demikian juga dengan debit airnya yang cukup rendah. Mengacu dari hal tersebut maka tidak salah jika Isu Waspada Lahar Dingin sangat beralasan dan sangat perlu untuk diantisipasi oleh pihak-pihak terkait supaya jika hal itu betul-betul terjadi maka diharapkan tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan.

 

Baca Juga :


Pada dasarnya lupan lahar dingin dari eruvsi Gunung Baru Jari masih sekedar isu, namun tidak salah kiranya jika isu tersebut ditannggapi dengan serius untuk sekedar antisipasi supaya jika isu/perkiraan tersebut benar-benar terjadi maka tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan, mengingat bahwa banyaknya warga sekitar dan pengunjung lainnya yang sehari-harinya menggunakan Kokok Putik sebagai tempat mandi, mencuci, beristirahat dan bersantai.

Dengan demikian, pengumuman ini kiranya sangat penting untuk diketahui oleh semua pihak sebab jika Kokok Putik betul-betul diluapi Lahar Dingin maka tidak menutup kemungkinan Lahar Dingin juga akan meluap melalui aliran Kokok Tanggek yang alirannya melalui Aikmel hingga Desa Pohgading Kecamatan Pringgabaya. Hal ini tentunya mengingatkan kita pada peristiwa yang terjadi pada sekitar tahun 1994, dimana luapan Lahar Dingin yang terjadi pada saat itu merupakan akibat dari eruvsi Gunung Baru Jari. Luapan lahar dingin yang terjadi pada saat itu memakan banyak korban dan hal itu terjadi karena kurangnya informasi akan terjadinya peristiwa tersebut. Untuk itu, bukan hanya masyarakat yang berada di sekitar aliran Kokok Putik saja yang harus waspada, melainkan masyarakat yang berada di sekitar aliran Kokok Tanggek juga harus waspada terhadap hal tersebut supaya tragedi tahun 1994 yang banyak memakan korban tidak akan terulang lagi.

Tentunya kita semua berharap supaya isu akan meluapnya lahar dingin hasil eruvsi Gunung Baru Jari Rinjani tidak betul-betul terjadi. Yang jelas masyarakkat yang berada di sekitar aliran Kokok Putik dan Kokok Tanggek harus mewaspadi hal tersebut sebab aliran kedua sungai tersebut bersumber dari Danau Sagara Anak.

_By. Asri The Gila_ [] - 01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan