logoblog

Cari

Tutup Iklan

Erupsi Baru Jari Makin Menjadi

Erupsi Baru Jari Makin Menjadi

KM. Sukamulia – Hari ini (Rabu, 11 November 2015), eruvsi Gunung Baru Jari sudah memasuki 16 hari, terhitung sejak hari Minggu,

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 November, 2015 19:59:13
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 6076 Kali

KM. Sukamulia – Hari ini (Rabu, 11 November 2015), eruvsi Gunung Baru Jari sudah memasuki 16 hari, terhitung sejak hari Minggu, 25 Oktober lalu. Namun demikian, status aktivitas anak Gunung Rinjani tersebut tidaklah berkurang, malahan aktivitas vulkanis-nya semakin meningkat. Luapan debu vulkanis hasil eruvsi Baru Jari juga semakin meningkat. Garangnya aktivitas Baru Jari juga menyebabkan sungai Kokok Putik dialiri oleh luapan air yang bercampur dengan abu vulkanis.

Aktivitas vulkanis gunu Baru Jari memang betul-betul meningkat. Hal ini sesuai dengan pantauan kami, dimana mulai pukul 21.54 Wita, ketinaggian air sungai Kokok Putik semakin meningkat, warna air-nya juga semakin pekat jika dibandingkan dengan kemarin siang. Air tersebut bercampur dengan abu vulkanis, sebab itulah warnanya agak pekat keabu-abuan. Pukul 07.00 Wita, air Kokok Putik surut kemmbali dan sejak pukul 18.16 Wita (hari ini), air Kokok Putik kembali meningkat dengan warna yang semakin pekat. Hal ini juga menjadi salah satu bukti bahwa eruvsi Baru Jari betul-betul makin meningkat.

Bukti lain bahwa eruvsi Baru Jari semakin meningkat adalah pristiwa yang terjadi pada dini hari tadi (pukul 01.40 Wita), dimana gemuruh letusan Baru Jari terdengar hingga Kokok Putik dan sekitarnya. Beberapa kali, gemuruh letusan itu memecah suasana malam yang hening. Cipratan laharnya juga terlihat jelas dari Kokok Putik, setelah itu langit di upuk barat kelihatan hitam pekat. Selesai shalat magrib tadi (11 November 2015), suara gemuruh Baru Jari kembali terdengar hingga Kokok Putik dan sekitarnya. Hingga berita ini kami liris, langit di sekitar wilayah Sembalun dan Bayan kelihatan pekat akibat letupan Baru Jari yang terjadi tadi.

Atur Bakti (warga Senaru) menceritakan bahwa, sejak magrib tadi, Senaru mulai diguyur debu vulkanis Baru Jari. Nah, hal ini membuktikan bahwa aktivitas vulkanis Baru Jari semakin meningkat. Yach, semoga saja eruvsi tersebut segera terhenti.

Menurut informasi yang kami terima dari Mulyadi (Petugas Penanggulangan Kesehatan Bencana Alam Gunung Baru Jari) yang berposko di Dusun Kokok Putik, debu vulkanis Baru Jari menyebar hingga ke Gili Meno, Gili Air dan Gili Terawangan Kabupaten Lombok Utara. Setatus Baru Jari memang semakin berbahaya, oleh sebab itulah Pemprov NTB menugaskan Tim SATGAS, BRIMOB dan Polisi POLDA NTB untuk setandbay dibeberapa titik yang diperkirakan akan dikenai oleh akibat eruvsi Baru Jari. Yaa contohnya saja, SATGAS yang ditugaskan untuk standbay di Kokok Putik dan lapangan Sembalun Lawang.

 

Baca Juga :


Menurut pantauan Badan Nasional Penanganan Bencana (BPNP) Provinsi NTB, suhu air Danau Sagara Anak meningkat derastis, yakni sekitar 43 derajat celcius. Luas Danau yang tersohor itu-pun semakin menyempit. Hal tersebut disebabkan oleh material eruvsi Baru Jari yang terus-terusan ditumpahkan ke kaldera danau tersebut. Jika letusan Baru Jari semakin menjadi-jadi maka tidak dipungkiri lagi bahwa air Danau Sagara Anak akan meluap melalu Kokok Putik dan Kokok Tanggek, sehingga BPNP harus betul-betul serius mengawasi keadaan ini dan memberikan informasi yang valid kepada masyarakat sekitar supaya mereka betul-betul siaga dan antisifatif.

_By. Asri The Gila_ [] - 01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan