logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menuju Kampung Media Mandiri

Menuju Kampung Media Mandiri

KM Narmada, Sudah 7 tahun lamanya Kampung Media menjalankan peran sebagai media tempat warga NTB mempublikasikan informasi yang tidak pernah tersentuh

Peristiwa

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
19 November, 2015 06:17:49
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 5626 Kali

KM Narmada, Sudah 7 tahun lamanya Kampung Media menjalankan peran sebagai media tempat warga NTB mempublikasikan informasi yang tidak pernah tersentuh oleh media mainstream, mulai dari informasi seputar kampung halaman mereka, potensi wisata kampung sampai pengaduan masyarakat yang jarang terdengar disiarkan oleh media massa dan cetak, selalu silih berganti menghiasi Portal terbuka Kampung Media setiap harinya.

Sejak dicanangkan akhir 2008 dan mulai berjalan ditahun 2009, kampung Media sudah menjadi media kebanggan masyarakat NTB, sudah banyak sekali anugrah dan award yang berhasil diraih, sesudah berhasil menjalankan perannnya menjadi komunitas yang mengajak masyarakat untuk mengubah budaya bertutur menjadi budaya menulis dan kemudian dilanjutkan dengan menggerakkan ekonomi kreatif warga NTB, kini Kampung Media sedang mempersiapkan diri menjadi Kampung Media Mandiri.

Targetnya di tahun 2018 Kampung Media tidak lagi didanai oleh Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dishubkominfo Provinsi NTB, dengan eksistensinya seperti sekarang ini Kampung Media sudah mampu berdiri sendiri dengan cara dikelola secara mandiri oleh management yang selama ini mengurus dan menjalankannya.

Rencana ini diungkapkan saat temu kreatfi Kampung Media kabupaten Lombok Barat tahun 2015 yang dilaksanakan pada hari Rabu 18 Nopember 2015 yang bertempat di Lesehan Dinni Gerimak Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Temu Kreatif merupakan acara rutin tahunan yang digelar Kampung Media di semua Kabupaten/Kota se-NTB, acara ini juga dihajatkan sebagai media silaturrahmi ofline antar komunitas Kampung Media. “Jika selama  ini anggota Komunitas Kampung Media hanya bertemu lewat media online, maka temu kreatif ini menjadi ajang silaturrahmi untuk bisa bertemu langsung antara anggota Komunitas Kampung Media”. Ungkap Suhaimi, salah seorang anggota kampung Media asal Kecamatan Kediri.

Seperti biasa setiap acara temu kreatif selalu berjalan dengan jalinan kekeluargaan dan penuh canda tawa antar anggota komunitas, hadir pada saat itu 25 anggota Komunitas Kampung Media se-kabupaten Lombok Barat. Tidak lupa Kepala Kampung Media Fairuz Abadi hadir menjadi nara sumber yang selalu menyita perhatian semua yang hadir karena kepiawaiannya dalam menyampaikan banyak hal tentang perkembangan Kampung Media dan selalu dibumbui joke dan lelucon ala Abu Macel.

 

Baca Juga :


“Ada dua kemungkinan di tahun 2018 setelah mandiri, Kampung Media akan menjadi media komersil atau menjadi kelompok informasi masyarakat (KIM),” kata Fairuz saat memberikan penjelasan kepada peserta temu kreatif Kabupaten Lombok Barat.

Meski apapun namanya Kampung Media akan tetap berjalan seperti biasa, tidak terpengaruh dengan perubahan nama ataupun dengan dengan kepindahannya saat ini ke dinas Pariwisata Provinsi NTB, tegas Fairuz saat menjawab beberapa pertanyaan dari anggota kampung Media yang hadir saat itu.

Temu kreatif itu menjadi sangat menarik karena selain membicarakan agenda pengembangan Kampung Media dengan menggali ide dan gagasan dari peserta, acara ini juga menjadi ajang perkenanalan bagi pejabat baru yang menggatikan posisi Fairuz Abadi. Adalah Lalu Aris, pria asal Pujut ini yang menempati posisi baru tersebut. Sebelumnya beliau bertugas di Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KIPD) dan mengaku merasa mendapatkan kehormatan dengan tugas baru yang diembannya saat ini.

Saat diberikan giliran berbicara L Aris mengungkapkan, “Kampung Media akan tetap berjalan seperti biasa, untuk pengaturan managerial tetap akan dikendalikan oleh Fairuzz Abadi selaku Kepala Kampung Media, sementara kami akan membantu dibidang administrasinya”. Tegas pria yang juga pernah aktif di ormas NU melalui Banom GP Ansor. (Abdul Satar) -01



 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan