logoblog

Cari

Bisakah KM Dilotim Seperti Yang Lain?

Bisakah KM Dilotim Seperti Yang Lain?

Pernahkah engkau mendengar kisah tentang seorang gubernur yang memiliki kesaktian luar biasa, yang dengan kesaktiannya itu sang gubernur bisa mengunjungi Rakyatnya

Peristiwa

Chairil Anwar
Oleh Chairil Anwar
28 Februari, 2017 07:14:31
Peristiwa
Komentar: 1
Dibaca: 14504 Kali

Pernahkah engkau mendengar kisah tentang seorang gubernur yang memiliki kesaktian luar biasa, yang dengan kesaktiannya itu sang gubernur bisa mengunjungi Rakyatnya kapanpun dan dimanapun mereka berada, tidak ubahnya seperti raja sulaiman yang bisa mengendarai angina, atau pernahkan engkau mendengar bahwa kesaktian seperti itu ternyata bisa dipelajari dan bisa digunakan oleh siapa saja, kesaktian yang dengannya kita bisa melakukan tukar menukar informasi secara cepat dan sangat praktis seperti raja sulaiman yang mampu memerintahkan para jin yang sakti.

Aku ingin menceritakan semuanya itu kepada siapa saja yang memiliki kecendrungan untuk mempelajari, memanfaatkan atau memilki kesaktian seperti itu ceritanya begini, Pekan Lalu di Kabupaten Lombok timur sudah beredar surat kemasing-masing kepala desa yang isinya bahwa setelah beredarnya surat tersebut maka semua kepala desa di haruskan membuat pelaporan kepada seluruh masyarakat umum terhadap pengalokasian dana dan bentuk program kerjanya maka sangat penting intuk memahami hal tersebut.

Fenomena yang terjadi dalam perkembangan sektor publik di Indonesia dewasa ini adalah menguatnya tuntutan akuntabilitas atas lembaga-lembaga publik, baik di pusat maupun daerah. Akuntabilitas dapat diartikan sebagai bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik (Stanbury, 2003).

Pada dasarnya, akuntabilitas adalah pemberian informasi dan pengungkapan (disclosure) atas aktivitas dan kinerja finansial kepada pihak-pihak yang berkepentingan (Schiavo-Campo and Tomasi, 1999). Pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus dapat menjadi subyek pemberi informasi dalam rangka pemenuhan hak-hak publik yaitu hak untuk tahu, hak untuk diberi informasi, dan hak untuk didengar aspirasinya.

 

Baca Juga :


Dimensi akuntabilitas publik meliputi akuntabilitas hukum dan kejujuran, akuntabilitas manajerial, akuntabilitas program, akuntabilitas kebijakan, dan akuntabilitas finansial. Akuntabilitas manajerial merupakan bagian terpenting untuk menciptakan kredibilitas manajemen pemerintah daerah. Tidak dipenuhinya prinsip pertanggungjawaban dapat menimbulkan implikasi yang luas. Jika masyarakat menilai pemerintah daerah tidak accountable, masyarakat dapat menuntut pergantian pemerintahan, penggantian pejabat, dan sebagainya. Rendahnya tingkat akuntabilitas juga meningkatkan risiko berinvestasi dan mengurangi kemampuan untuk berkompetisi serta melakukan efisiensi. [] - 05

 



 
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Menjadi tua adalah sebuah kebiasaan, sedangkan menjadi dewasa adalah sebuah pilihan, dari KMKrens untuk NTB yang berdaya saing. HP 081997959683

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Chairil Anwar

    Chairil Anwar

    28 Februari, 2017

    Ucapan terimaksih saya sampaikan kepada tim editor atas bantuannya melakukan upaya guna tercapainya maksud penulis. akhirnya kepada tuhan yang maha esalah sebaik-baik tempat meminta..


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan