logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pemkot Sawahlunto Study Banding ke Masmas

Pemkot Sawahlunto Study Banding ke Masmas

Malam itu sekitar jam 8 malam, saya ditelpon oleh salah seorang teman travel yang lumayan sering bawa tamu  dan booking kegiatan

Peristiwa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
15 Maret, 2017 04:45:17
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 11432 Kali

Malam itu sekitar jam 8 malam, saya ditelpon oleh salah seorang teman travel yang lumayan sering bawa tamu  dan booking kegiatan tour di desa wisata Masmas, Begitu tombol terima sembari menempelkan  hp tersebut ke telinga terdengar suaranya yang lumayan saya kenal, “Pak Habib sudah di telpon ama ketua rombongan yang mau tour ke Masmas, rombongan yang dari padang sumatera?”, “Belum”, jawab Saya singkat. “Lho katanya sudah di telpon beberapa hari lalu”.

Mendengar itu, otak saya berusaha mengingat segala kejadian yang pernah saya lewati dalam beberapa hari terakhir, “Oo ya, Saya pernah di telpon sama salah seorang kenalan yang kerja di RRI katanya “nanti akan ada kunjungan dari padang sekitar 75 orang”, hanya itu informasi singkat, soal jadi atau tidaknya juga soal kepastian tanggalnya nanti saya konfirmasi 2-H”, itu katanya. Tapi hingga hari ini belum ada konfirmasi balik, malah saya beberapa kali tanya lewat massangger belum ada jawaban. “ini saya liat di jadwalnya ada kunjungan ke Masmas, makanya saya telpon bapak. Demikian lanjut teman itu.

Seperti biasa, setiap kali mendapat telpon dari tamu yang mau booking paket, maka pasti saya langsung menelpon kesetiap koordinator pada masing-masing destinasi yang dituju untuk mereka mempersiapkan segala sesuatu yang harus dipersiapkan, seperti di Kelompok ketak, mereka harus mempersiapkan tamunya kelapa muda yang dicampur gula merah. Di tempat kerupuk yang harus mempersiapkan kerupuk dan beberapa minuman khas, yang sudah lumrah dipersiapkan pada setiap tamu yang datang.

Keesokan harinya masing-masing koordinator sudah memberikan laporan kalau semua persiapkan sudah disiapkan, termasuk beberapa orang guide local yang akan memandu para tamu nantinya sudah standby menunggu di sekretariat. Sampai kemudian mendapat telpon lagi dari sang guide yang menghandle rombongan tersebut, kalau tamunya akan menuju masmas pada jam sore setelah selesai di rumah sasak sade.

Sekitar pukul 4 sore para tamu yang berjumlah lebih kurang 70 orang dengan menggunakan dua bis besar tiba di depan sekretarian bersama yang menjadi tempat menerima para tamu. Rombongan turun dari bis satu persatu yang kemudian langsung dipersilahkan oleh para guide local yang sudah menunggu untuk langsung menikmati makan siang yang sudah lewat waktunya yang disiapkan pengelola.

 

Baca Juga :


Begitu semua rombongan termasuk para sopir dan guide selesai menikmati hidangan makan siang dengan menu khas desa, semuanya dipersilahkan oleh ketua rombongan untuk masuk di aula untuk kemudian sharing dengan pengelola. Setelah ketua rombongan selesai menjelaskan soal kedatangan mereka dengan mengatakan, “......... pak habib, kami ini dari pemkot Sawah Lunto sumatra barat datang kelombok pada umumnya dan desa masmas pada khususnya adalah dalam kerangka Study Comaratif LPM Se Kota Sawah Lunto Sumatera Barat yang diantar langsung oleh bapak wali kota kami, Cuma karena belum masih ada agenda lain di sade, makanya beliu tidak bisa ikut kesini, semoga kami bisa diterima dan sudi kiranya pak habib berbagi cerita, soal kifrah pak habib dalam mengembangkan desa wisata masmas ini, dengan harafan dari hasil cerita nanti ada yang bisa kami duplikasikan di tempat kami di sumatera Barat.......”. demikian ketua rombongan bapak Haji Ismet bercerita panjang lebar soal rombongan dan tujuan kedatangan mereka.

Giliran berikutnya untuk bercerita adalah pak Habib selaku pengelola desa wisata yang sudah cukup sukses memperkenalkan desanya dimana mana sehingga dikenal sampai kemana-mana. Semua sudah dipaparkan oleh habib bagaimana lika likunya dalam menginisiasi desanya menjadi desa wisata sampai bisa dikunjungi oleh wisman manca negara. Sesi berikutnya dilanjutkan dengan tanya jawab para peserta. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh para peserta dengan penuh antusias yang semuanya bisa dijawab oleh sang habib dengan sangat rinci.

Tapi karena waktu yang begitu singkat sehingga banyak peserta yang kepingin sekali bertanya tidak kebagian, sehingga dibagian akhir ketua rombongan meminta nomor kontak sang habib untuk bisa dihubungi saban waktu guna melanjutkan diskusi hangat seputara wisata. () -01



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan