logoblog

Cari

Apresiasi Pemprov NTB kepada Inspirator Desa Wisata

Apresiasi Pemprov NTB kepada Inspirator Desa Wisata

Sudah menjadi karakter di pedesaan, bahwa ketika siang berganti malam, sunyi, sepi dan rasa dingin mulai menyusup keseluruh relung desa, tidak

Peristiwa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
23 Mei, 2017 08:39:52
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 12600 Kali

Sudah menjadi karakter di pedesaan, bahwa ketika siang berganti malam, sunyi, sepi dan rasa dingin mulai menyusup keseluruh relung desa, tidak terkecuali malam itu, minggu 21 Mei 2017. Habib bersama keluarga kecilnya sengaja tidur lebih awal tentu setelah selesai solat isya, supaya besok paginya bisa bangun sepagi mungkin karena harus mempersiapkan diri untuk pergi ke Mataram, tepatnya ke Kantor Gubernur untuk mengikuti apel Hari Kebangkitan Nasional.

Sudah menjadi kebiasaan bagi Habib dan keluarganya untuk selalu bangun pagi sebelum azan subuh menggema kecuali anaknya yang nomor tiga Muhammad Azizurrahman Al-Azka yang baru berumur lebih kurang 6 tahun yang justru bangun selalu terlambat. Tidak terkecuali di pagi senen itu. Begitu selesai solat subuh Habib dan semua keluarganya berkemas untuk selanjutnya segera berangkat menuju Mataram. Habib sengaja membawa keluarganya karena setidaknya ada tiga kegiatan yang harus dilakukan di Mataram setelah selesai apel nantinya.

Jarum jam menunjuk angka 05:25, sebuah mobil avanza silver dengan nomor plat 1702 SC yang Habib pinjam meluncur cukup kencang kearah barat. Mobil-mobil dengan berbagai merek dan kelas yang berada dikiri kanan jalan semuanya dilewati (mobil yang diparkirkan.Hehehe). Sampai di Gerimax, Habib harus membelokkan mobilnya ke dalam pertamina untuk numpang ke kamar kecil, hal itu karena hawa dingin yang memang bawaannya selalu pingin buang air kecil.

Memasuki daerah Cakra kembali sang Abu Macel yang menjadi penanggung jawab atas rekomendasi yang diberikan kepada Habib tsb. menunjukkan kegelisahannya dengan kembali menelpon yang sebelumnya juga sudah dilakukan ketika Habib masih berada di Gerimak, untuk menanyakan “sudah sampai mana” karena kesepakatan bahwa Habib harus nyampai Kantor Gubernur jam 06:30, sementara sudah pukul 06: 35 belum juga nongol. Laju kendaraan semakin ditingkatkan dan tepat pukul 06:45 Habib sudah masuk halaman kantor Gubernur yang langsung disambut oleh Pak Fairuz Abadi, SH yang kebetulan menjabat sebagai salah satu Kabid di Kominfo prov NTB bersama Bapak Kepala Dinas Komfotik yang gagah dan ramah.

Begitu turun dari kendaraan, Habib langsung disambut oleh pandangan pak kadis dan pak Fairuz selaku salah satu kabid di kominfo yang tertuju pada Baju, ikat pinggang, sepatu dan semua aksesoris yang nempel di tubuh pendek itu. Dan satu persatu di perbaiki mulai dari Sepatu lantaran tidak hitam, maka Abu Macel segera mengambilkan sepatu di mobilnya yang sepertinya sudah disiapkan lantaran beliau tau kalau Habib sering pakai sepatu warna coklat. Kemudian ikat pinggang yang tidak hitam langsung di gantikan oleh pak Kadis dengan ikat pinggang beliau. Karena harus pakai dasi maka Pak Kadis juga langsung menyuruh sopir mengambilkan dasi milik beliau dan langsung dipasangkan ke leher Habib begitu juga cara pasang topi. Pak kadis langsung memperbaiki cara pemasangannya sambil sedikit memberi penjelasan, “kalau untuk sholat Pak Habib pakai dengan cara Pak Habib pakai ini, tapi kalau dalam kegiatan-kegiatan seperti ini atau diluar solat, harus satu jari diatas alis” kata beliau dengan lembut sambil terus memberikan semangat kepada Pak Habib supaya slow tapi pasti, jangan gugup. Rupanya beliau sudah bisa membaca  beban dan tanggung jawab yang ada di raut wajah Habib, supaya jangan sampai melakukan kesalahan sekecil apapun karena penyelenggara apel ini adalah Kominfo maka tentu segala resiko akan ditanggung oleh kominfo apa lagi kalau kesalahan itu dilakukan oleh Habib yang memang satu satunya petugas apel  hari itu yang dari masyarakat biasa, hanya lantaran kominfo ingin memberikan apresiasi atas kiprahnya selama ini yang telah banyak menginspirasi Desa-desa Wisata di seluruh NTB juga atas Prestasi yang pernah diraihnya sebagai Pemuda Pelopor Terbaik Nasional Bidang Seni Budaya Dan Pariwisata. Hal itu terungkap ketika pembawa acara sebelum memulai apel membacakan pejabat (istilah petugas dalam Apel) yang akan bertugas dalam pelaksanaan apel tersebut. Bahwa, “Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh H. HABIBURRAHMAN YUSUF, Inspirator Desa Wisata dan Pemuda Pelopor Terbaik Nasional Bidang Seni Budaya dan Pariwisata”.

 

Baca Juga :


Dianggap sukses dalam pelaksanaan apel tersebut terutama atas tugas yang dibebankan kepada Habib, maka selesai apel, Pak kadis yang selalu wajahnya dihiasi oleh senyumannya yang ramah itu langsung menyalami Habib sambil mengucapkan selamat dan oleh pak kadis langsung memintakan Izin ke pak wagub selaku inspektur upacara pada hari itu untuk photo bareng dengan Habib. Dan pak wagub yang dimintakan izinpun langsung menyalami Pak Habib sambil sedikit berbasa basi soal perkembangan Desa Wisata Masmas lalu dilanjutkan dengan photo bareng. Tidak luput juga Bapak/Ibu Kadis di Pemprov satu persatu menyalami dan mengucapkan selamat kepada Habib.

Yang menjadi catatan penting bagi Habib adalah baru kali ini ketemu dengan kepala Dinas di tataran provinsi yang mau beramah tamah dengan dirinya yang hanya rakyat kecil dari desa terpencil yang sama sekali tidak ada apa-apanya. Beliau adalah Kepala Dinas Kominfo dan Kabidnya Fairuz Abadi. Ini perlu saya ceritakan, supaya pejabat pejabat lain tidak terlalu memposisikan diri sebagai orang yang tidak layak duduk bareng, bicara ramah pada rakyat kecil. bahwa rakyat kecil itu tidak perlu dikasi uang atau material lainnya, rakyat kecil itu cukup dilawan bicara, diperlakukan sama dengan yang lain. Itu sudah luar biasa, rakyat kecil itu akan merasa sangat tersanjung dan sangat diistimewakan dan hal itu tidak bisa dihargakan dengan tumpukan materi.

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan