Cari

Tutup Iklan

Anggota KM Pohgading Timur Juara I Pemuda Pelopor

Anggota KM Pohgading Timur Juara I Pemuda Pelopor

KM. Sukamulia – Setelah melalui proses penilaian tingkat Kecamatan dan Kabupaten, pada tanggal 22 Juli 2017 pengelola Kampung Media Pohgading Timur

Peristiwa

Anggota KM Pohgading Timur Juara I Pemuda Pelopor

Anggota KM Pohgading Timur Juara I Pemuda Pelopor

Anggota KM Pohgading Timur Juara I Pemuda Pelopor

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
27 Juli, 2017 07:46:08
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 5012 Kali

KM. Sukamulia – Setelah melalui proses penilaian tingkat Kecamatan dan Kabupaten, pada tanggal 22 Juli 2017 pengelola Kampung Media Pohgading Timur (Badri, S. Pd) dinyatakan menjadi Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Lombok Timur 2017 pada bidang Teknologi Tepat Guna atas kreatifitasnya mengembangkan Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang disebut dengan nama ASA GREEN. Dengan demikian, pengelola KM. Pohgading Timur memiliki kesempatan untuk berkompetisi dengan Calon-Calon Pemuda Pelopor Nasional 2017 di Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Saudara Badri adalah salah satu dari Calon Pemuda Pelopor Nasional 2017 yang mengikuti kompetisi di Tingkat Kabupaten Lombok Timur. Perlu dietahui bahwa pada tahun 2017 ini, Lombok Timur hanya memiliki 10 Calon Pemuda Pelopor Nasional yang berlomba dalam 3 bidang kepeloporan, yakni 2 orang peserta pada bidang Sosial Budaya, 3 orang peserta pada bidang Teknologi Tepat Guna, 5 orang peserta pada bidang Pemberdayaan Lingkungan Hidup. Tidak seperti tahun sebelumnya (2016), Lombok Timur memiliki 14 orang Calon Pemuda Pelopor yang mewakili semua bidang kepeloporan (Pendidikan, Teknologi Tepat Guna, Sosial Budaya, Pemberdayaan Lingkungan Hidup dan Pangan).

Penilaian di tingkat Kabupaten dilaksanakan sejak tanggal 13 s/d 19 Juli 2017 dan pengelola KM. Pohgading Timur (Badri) mendapatkan jadwal penilaian pada hari Rabu, 19 Juli 2017. Ia dinilai oleh 5 orang Dewan Juri Tingkat Kabupaten Lombok Timur yang diketuai oleh Haji Muhidin, M. Pd yang berasal dari Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Timur, beliau didampingi oleh 4 Dewan Juri lainnya yang berasal dari Dinas Kominfo Lotim, Dinas Ketahanan Pangan Lotim, Dinas Pertanian Lotim dan Dikpora Lotim bidang Sejarah Budaya.

Setelah dilaksanakannya penilaian, Dewan Juri melalui SETDA Lotim memberikan pengumuman pemenang bagi Calon Pemuda Pelopor Lotim 2017 diumumkan pada hari Sabtu, 22 Juli 2017 dan saudara Badri dinyatakan sebagai Juara I Tingkat Kabupaten pada Bidang Kepeloporan Teknologi Tepat Guna. Dengan demikian, pengelola KM. Pohgading Timur ini berhak untuk melaju sebagai Calon Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi NTB tahun 2017.

Menurut informasi dari Lalu Malik Hidayat (Ketua FKP4 Lotim), penilaian Calon Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi NTB mulai dilaksanakan sejak tanggal 24 Juli 2017 dan saudara Badri sendiri akan didatangi oleh Tim Penilai Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi pada hari Kamis, 3 Agustus 2017.

Perlu diketahui bahwa ini adalah kali kedua saudara Badri mengikuti kompetisi Calon Pemuda Pelopor Nasional yang dimana pada tahun 2016 lalu, saudara Badri hanya bisa berkompetisi hingga tingkat provinsi. Setelah mendapatkan Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Tahun 2016, saudara Badri terus mengembangkan pupuk temuannya dengan terus melakukan percobaan dan menyebarluaskannya hingga ke pulau Jawa. Selain itu, ia juga melengkapi kekurangan-kekurangan pada tahun sebelumnya.

Baca Juga :


Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda (ASA GREEN) yang dibuat dan dikembangkan oleh saudara Badri beserta warga ASA Community berfungsi untuk meningkatkan reproduksi, pertumbuhan dan lama reproduksi tanaman budidaya (Cabai, Tomat, Terong, Kacang Panjang dan berbagai jenis tanaman sayur lainnya). Di tahun 2017 ini, ASA GREEN telah digunakan oleh petani di berbagai wilayah Lotim, seperti petani wilayah Kecamatan Sembalun, Kecamatan Pringgabaya, Kecamatan Suela, Kecamatan Wanasaba, Kecamatan Aikmel, Kecamatan Suralaga, Kecamatan Sukamulia, Kecamatan Selong, Kecamatan Masbagik dan Kecmatan Sakra Timur, serta petani di wilayah Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Timur dan Kelompok Tani wilayah Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.

Menurut keterangan Dewan Juri di Tingkat Kabupaten Lotim, keunggulan yang membuat pengelola KM. Pohgading Timur mendapatkan Juara I pada bidangnya adalah kreatifitas yang dilakukan oleh saudara Badri ini cukup tinggi dan pupuk buatannya diberikan kepada para petani dengan cara cuma-cuma alias geratis, bahkan yang dikirim ke Kabupaten Tuban-pun diberikan secara geratis juga. Yach, semoga pada tahun 2017 ini, hasil temuan saudara  Badri tersebut bisa mendapatkan prestasi sebagai Juara I di tingkat nasional dan dapat menyandang gelar Pemuda Pelopor Nasional 2017.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan