logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rapat Persiapan Pengembangan Madayin Sebagai Desa Wisata

Rapat Persiapan Pengembangan Madayin Sebagai Desa Wisata

KM. Sukamulia – Jum’at (15 September 2017), Pemerintah Desa bersama Karang Taruna Desa Madayin menyelenggarakan rapat persiapan pembangunan Desa Madayin sebagai

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 September, 2017 07:00:47
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1577 Kali

KM. Sukamulia – Jum’at (15 September 2017), Pemerintah Desa bersama Karang Taruna Desa Madayin menyelenggarakan rapat persiapan pembangunan Desa Madayin sebagai Desa Wisata. Rapat yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Madayin ini dilaksanakan mulai pukul 20.46 wita hingga 22.30 wita. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh masyrakat, tokoh pemuda, tokoh agama Desa Madayin dan warga Kampung Media NTB.

Rapat persiapan pengembangan Desa Madayin sebagai Desa Wisata digelar setelah melalui proses pemetaan dan penelitian potensi wisata Desa Madayin yang dilaksanakn sejak pertengahan Juli 2017 oleh Karang Taruna Desa Madayin dengan dibantu oleh Warga Kampung Media NTB. Atas hasil itulah sehingga pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Madayin termotivasi untuk mengembangkan desa mereka sebagai Desa Wisata.

Kegiatan ini dipipin oleh Muliadi, ST (Wakil Ketua Karang Taruna Desa Madayin). Usai membuka acara, pimpinan rapat itu mempersilahkan Kepala Desa untuk memberikan sambutan. Pada kesempatan itu, kepala desa menyampaikan bahwa belia sangat mendukung rencana Karang Taruna untuk mengembangkan Desa Madayin sebagai Desa Wisata.

Saya akui bahwa saya buta dalam dunia wisata namun saya sangat mendukung rencana pengurus Karang Taruna Desa Madayin untuk mengembangkan dunia kepariwisataan di desa kita ini, lebih-lebih dengan adanya kawan-kawan dari Kampung Media NTB yang siap untuk membantu kita dalam melaksanakan rencana itu, tegas Suhaili di awal sambutannya.

Desa Madayin memang memiliki potensi wisata yang lumayan besar, hal ini dapat kita lihat dari adanya beberapa objek yang memang cukup potensial untuk dibuka sebagai objek wisata. perlu diketahui bahwa pada tahun 2013, Metro TV pernah meliput salah satu Air Terjun Adzan yang merupakan salah satu bagian dari objek wisata alam yang dapat kita mebangkan sebagai objek wisata di desa kita. Bahkan beberapa tahun yang lalu, Selaparang TV pernah meliput Rumah Adat Beburung yang juga merupakan salah satu objek wisata sejarah yang dapat kita kembangkan di desa kita ini, tambah Suhaili.

Setelah Kepala Desa menyampaikan sambutannya yang singkat, padat dan jelas, pimpinan rapat mempersilahkan Ketua Karang Taruna Desa Madayin untuk menyempaikan sambutan pula. Pada kesempatan itu, Mangsaur menyampaikan bahwa setelah dilakukan penelitian dan pemetaan maka di setidaknya Desa Madayin memiliki 5 objek yang bisa dikemas dan dikembangkan menjadi objek wisata alam di Desa Madayin, yaitu Goa Tibu Langit, Air Terjun Adzan atau Air Terjun Batu Asah, Hutan Batua, Bukit Daha dan Keling, serta Pantai Beburung. Selain potensi wisata alam, di desa baru itu juga terdapat 2 objek yang bisa dikemas dan dikembangkan sebagai objek wisata sejarah, yakni Rumah Adat Beburung dan Masjid Kuno Gunung Batua.

Rasanya potensi yang kita miliki ini sangatlah sia-sia jika kita tonton begitu saja. Oleh sebab itu, kami berinisiatif untuk mengembangkan desa ini sebagai Desa Wisata supaya tidak hanya kita yang berwisata ke desa orang, melainkan orang lain juga harus berwisata ke desa kita. Dalam hal ini kita dibantu oleh Kampung Media untuk melaksakan rencana tersebut sehingga jika kita memang serius maka insyallah beberapa tahun ke depan, desa kita ini bisa menjadi Desa wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, papar Mangsur.

Setelah sambutan-sambutan selesai, Mulyadi mempersilahkan warga KM. Sukamulia untuk menyampaikan apa saja potensi wisata yang ada di Desa Madayin dan bagaimana potensinya untuk dikembangkan. Pada kesempatan itu, kami menyampaikan bahwa Desa Madayin memang memiliki potensi wisata yang cukup bagus jika Pemerintah Desa beserta segenap warga memang serius untuk mengembangkan desa tersebut menjadi Desa Wisata, lebih-lebih Desa Madayin berdampingan dengan Sembalun yang telah dinobatkan sebagai Wisata Halal Dunia sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Desa Madayin akan mendapatkan efek positif dari daerah Wisata Halal Dunia tersebut.

 

Baca Juga :


Kami juga menyampaikan bahwa potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Madayin cukuplah menarik dan kompleks sebab di Desa Madayin terdapat Air Terjun, Pantai, Bukit, Hutan yang Indah, Rumah Adat dan Jejak Masjid Tertua di Lombok bagian utara yang memang sejak lama sudah sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di luar pulau Lombok.

Mendengar pemaparan itu, segenap peserta rapat termotivasi untuk menjalankan rencana opengembangan Desa Madayin sebagai Desa Wisata. Tidak satupun peserta rapat yang menolak rencana itu dan bahkan beberapa orang tokoh pemuda dan tokoh masyarakat yang hadir pada kesempatan itu dengan lugas menyatakan dukungannya dan siap untuk segera mengerjakan apa saja yang perlu dilakukan supaya Desa Madayin segera menjadi Desa Wisata.

Setelah acara tanya jawab selesai, Kepala Desa Madayin dan Karang Taruna Madayin menunjuk Pengelola KM. Sukamulia sebagai coordinator Inisiator dan Promotor Pembangunan Desa Madayin sebagai Desa Wisata. Hal itu disetujui oleh semua peserta rapat dan dengan demikian maka KM. Sukamulia bertugas untuk mengkoordinir KM. Poker, KM. Pohgading Timur dan KM. Bilok Buntu untuk menyeting apa saja yang perlu dilakukan untuk mengemas objek wisata yang sudah ada itu agar terlihat semakin menarik, serta memperomosikannya melalui Halaman Blog Kampung Media NTB agar public mengetahui keberadaan potensi wisata yang ada di Desa Madayin.

Pada ahir rapat disimpulkan bahwa; 1) program pengembangan Desa Madayin sebagai Desa Wisata akan segera dilaksanakan sebab Desa Madayin memang memiliki potensi wisata yang cukup besar dan masyarakat bahkan Camat Sambelia juga sangat mendukung program tersebut, 2) Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Madayin secepatnya akan membentuk Pokdarwis, 3) Warga Kampung Media ditunjuk sebagai Tim Inisiator dan Promotor Program Pengembangan Desa Wisata Madayin, 4) Desa Wisata Madayin diagendakan akan diloncing pada sekitaran bulan Oktober 2017, 5) Objek Wisata yang diperioritaskan untuk dibuka pada tahap awal adalah wisata pantai, rumah adat dan Goa Tibu Langit dan 6) Semua Objek Wisata yang ada di Desa Madayin akan dibuka secara bertahap.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan