logoblog

Cari

Tutup Iklan

Warga Kampung Media Jadi Inisiator Pengembangan Desa Wisata

Warga Kampung Media Jadi Inisiator Pengembangan Desa Wisata

KM. Sukamulia – Kepala dan Ketua Karang Taruna Desa Madayin beserta anggotanya menunjuk warga Kampung Media NTB sebagai Inisiator Wisata di

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 September, 2017 07:00:20
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3044 Kali

KM. Sukamulia – Kepala dan Ketua Karang Taruna Desa Madayin beserta anggotanya menunjuk warga Kampung Media NTB sebagai Inisiator Wisata di desa mereka. Hal ini dilakukan sebab sejak pertengahan Juli 2017, beberapa orang warga Kampung Media (KM. Sukamulia, KM. Pohgadirng Timur, KM. Poker dan KM. Bilok Buntu) membantu Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Madayin dalam melakukan penelitian dan pemetaan titik wisata potensial yang terdapat di sekitaran desa tersebut.

Pada kesempatan ini kami meminta sekaligus menunjuk kawan-kawan dari Kampung Media sebagai inisiator yang sekaligus sebagai promotor Wisata Desa Madayin”, ungkap Suhaimi (Kepala Desa Madayin) di depan Ketua Karang Taruna dan 21 orang anggotanya yang menghadiri rapat persiapan pembangunan objek wisata Desa Madayin yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Madayin pada Jum’at malam (15 September 2017).

Pada kesempatan yang sama, Mulyadi, ST (Wakil Ketua Karang Taruna Desa Madayin) mengatakan bahwa “sejak lama kami ingin mengembangkan potensi wisata yang terdapat di sekitaran Desa Madayin ini dan alhamdulillah atas bantuan  kawan-kawan dari Kampung Media NTB maka kami dapat mengetahui dan memetakan titik wisata yang kiranya cukup potensial untuk dikembangkan sebagai objek wisata, bahkan Kampung Media telah membantu kita untuk mempublikasikan objek wiata yang ada di desa kita ini. Contohnya, KM. Sukamulia sudah mempublikasikan mengenai keberadaan dan potensi wisata Goa Tibu Langit dan Situs Jejak Masjid Kuno Gunung Batua yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai salah satu dari bagian objek wisata religi NTB.

Mulyadi menambahkan, sebenarnya kita memiliki keinginan yang besar untuk mengembangkan desa ini sebagai desa wisata, hanya saja kami tidak mengetahui pengetahuan tentang dunia wisata yang padahal di desa kita ini terdapat 8 titik wisata yang kiranya cukup potensial untuk dibuka sebagai objek wisata bagi public. Kami sangat bersyukur sebab atas kehadiran dan Kawan-Kawan Kampung Media maka keinginan itu akan kita realisasikan bersama-sama dan tentunya tidak salah jika kita menunjuk Kawan-Kawan Kampung Media sebagai Inisiator dan tim promotor dalam pengembangan desa ini menjadi desa wisata. Untuk itu, kami sangat mengharapkan pengelola Kampung Media Sukamulia sebagai coordinator kawan-kawan Kampung Media lainnya untuk membantu kami dalam hal pengemasan dan promosi wisata desa ini.

Pernyataan Kepala Desa dan Wakil Ketua Karang Taruna Desa Madayin itu didukung oleh semua anggota Karang Taruna Desa Madayin sehingga sejak malam ini (Jum’at/15/09/17), warga Kampung Media NTB yang disebutkan tadi resmi dijadikan sebagai Tim Inisiator dan Promotor Wisata Desa Madayin yang rencananya akan diloncingkan pada sekitaran bulan Oktober 2017 ini.

Perlu diketahui bahwa Desa Madayin memang memiliki potensi wisata alam dan wisata sejarah yang cukup potensial untuk dikembangkan. Setidaknya ada 5 objek yang bisa dikemas dan dikembangkan menjadi objek wisata alam di Desa Madayin, yaitu Goa Tibu Langit, Air Terjun Adzan atau Air Terjun Batu Asah, Hutan Batua, Bukit Daha dan Keling, serta Pantai Beburung. Selain potensi wisata alam, di desa baru itu juga terdapat 2 objek yang bisa dikemas dan dikembangkan sebagai objek wisata sejarah, yakni Rumah Adat Beburung dan Masjid Kuno Gunung Batua.

 

Baca Juga :


Semua objek itu sudah dipetakan atas bantuan warga Kampung Media sehingga Kampung Media memiliki peran yang sangat positif bagi rencana pengembangan Desa Madayin sebagai Desa Wisata. Bahkan, Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Madayin berencana untuk bergabung sebagai warga Kampung Media dengan membuat akun Kampung Media tersendiri sehingga mereka bisa mempromosikan potensi desa mereka dengan sendiri melalui halaman blog Kampung Media NTB.

Pada ahir kegiatan, warga Kampung Media menyarankan supaya Pemerintah Desa Madayin membentuk Pokdarwis yang nantinya akan menangani dan menjalankan program pengembangan Desa Wisata Madayin. Saran itu diterima dengan baik oleh seluruh peserta diskusi dan mereka mengagendakan untuk berkumpul lagi dalam waktu secepatnya guna membentuk Pokdarwis dan pengurusan legalitasnya agar rencana mereka untuk membuat Desa Wisata Madayin segera terealisasi dan diloncingkan.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan