logoblog

Cari

Kalimantong Masuk 5 Besar Nasional

Kalimantong Masuk 5 Besar Nasional

KM Komedik – Bertempat di lapangan Sangariah Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir H.W Musyafirin, MM Optimis

Peristiwa

KM. Brang Ene
Oleh KM. Brang Ene
25 September, 2017 08:25:34
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 8545 Kali

KM Komedik – Bertempat di lapangan Sangariah Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir H.W Musyafirin, MM Optimis Desa Kalimantong Juara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Nasional tahun 2017 ini. Demikian disampaikan Musyafirin dalam sambutannya dihadapan tim verifikasi lapangan lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Kementerian Dalam Negeri di Lapangan Sangariah Desa Kalimantong,.

Orang Nomor 1 di Bumi Pariri Lema Bariri mengatakan bahwa Kabupaten Sumbawa Barat merupakan Bumi Gotong Royong, Cuma memang Desa Kalimantong terdepan dalam hal ini. Setiap gotong royong di Sumbawa Barat, di Kalimantonglah yang paling cepat tuntas menyelesaikannya. Hal demikianlah yang menjadikan di tahun 2016 menjadi wakil Sumbawa barat dalam Lomba BBGRM tingkat Provinsi tahun 2016 dan Alhamdulillah Desa Kalimantong masuk sebagai nominasi 5 besar Nasional Desa Gotong Royong.

‘’Saya berharap, perangkat desa, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Kalimantong untuk mengikuti dengan semangat Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh. Alhamdulillah Desa Kalimantong masuk lima besar Nasional dan Insya Allah menjadi juara satu,” tambahnya disambut riuh tepuk tangan Wakil bupati, Sekda, Kepala SKPD dan para agen PDPGR yang hadir pada acara tersebut.

Ia menambahkan bahwa, bergotong royong bukan sekedar kata di Sumbawa Barat, hal tersebut bahkan sudah tertuang dalam Peraturan Daerah yakni Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dan menjadi satu-satunya Perda yang mengatur tentang gotong royong di Indonesia. Jika di daerah lain gotong royong masih dalam tatataran perbaikan mental. Namun di KSB sudah diaktualisasikan dalam mencapai tujuan. Hal ini pun membawa KSB mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LIPRID) pada Juni 2016 lalu.

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi Lomba Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementeriam Dalam Negeri, Ir. Ahmad Adli Harahap, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Desa Kalimantong telah lolos seleksi administrasi yang ditetapkan panitia pada tahun 2016. Karenanya, Desa Kalimantong pun menjadi Top Five (Lima Besar) dari lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tingkat Nasional ini.

 

Baca Juga :


Tim verifikasi ini datang ke Desa Kalimantong untuk melihat secara langsung proses gotong royong yang telah menjadi mind set dan kultur set masyarakat dalam setiap aspek pembangunan. Kedatangan tim verifikasi lapangan ini untuk melihat secara nyata gerakan gotong royong dari aspek ekonomi, sosial, budaya, lingkungan dan agama di tengah masyarakat,” tambahnya.

Adapun berbagai indikator dalam penilaian tim verifikasi yakni melihat peran aktif seluruh masyarakat mulai dari liingkungan keluarga, RT, RW, Dusun, Desa dan seluruh pihak di Desa Kalimantong dalam setiap sendi sendi pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelestarian dan dalam memajukan desa”, bebernya.

Lomba ini diharapkan mampu mendorong desa memperkuat segala potensi yang ada di desa guna menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Serta mempertahankan kearifan lokal dalam memjukan desa dengan memperhatikan aspek sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan agama.  Saya berharap jika hasil penilaian menetapkan Desa Kalimantong sebagai juara, Desa Kalimantong bisa menjadi contoh dan teladan daerah lain di Seluruh Indonesia. Dengan ini kita juga sangat berharap Pemerintah Daerah terus membina serta mendampingi secara berkelanjutan untuk mendorong desa untuk terus menggerakkan gotong royong dalam pembangunannya,” tutupnya.( Hesso Komedik )



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan