logoblog

Cari

Tutup Iklan

Lombok dan Sumbawa Jadi Buah Bibir di Korea

Lombok dan Sumbawa Jadi Buah Bibir di Korea

MATARAM-NTB benar-benar serius membidik pasar wisata Kore Selatan. Secara khusus, NTB pun mendapat panggung istimewa untuk menampilkan atraksi seni, budaya dan

Peristiwa

KM. Pelembak
Oleh KM. Pelembak
11 Oktober, 2017 07:10:09
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3266 Kali

MATARAM-NTB benar-benar serius membidik pasar wisata Kore Selatan. Secara khusus, NTB pun mendapat panggung istimewa untuk menampilkan atraksi seni, budaya dan kuliner oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia dalam puncak peringatan Kemerdekaan RI di Seoul, pekan lalu.

Kesempatan ini pun tak disia-siakan Dinas Pariwisata NTB. Dan terbukti. Atraksi seni dan budaya NTB benar-benar memukau publik salah satu negara dengan ekonomi yang pesat di Asia Timur tersebut.

Lombok dan Sumbawa kini memang telah menjadi buah bibir bagi publik Korea Selatan. Hal tesebut menyusul dibukanya penerbangan charter dari Lombok-Seoul oleh Korean Air Agustus lalu. Charter flight masih berlangsung hingga akhir 2017 ini, dan tengah disiapkan jalan untuk menjadi penerbangan reguler.

Kepala Dinas Pariwisata NTB HL Mohammad Faozal kepada Lombok Post kemarin mengatakan, Korea Selatan memiliki potensi pasar yang besar untuk pemasaran pariwisata Lombok dan Sumbawa. Diungkapkannya, sebelum charter flight Korean Air, telah lebih dulu dilakukan analisa pasar. Bahkan pada akhir tahun lalu bimtek khusus terkait pasar korea telah digelar Kemenpar di Lombok.

“Kami menindaklanjuti dengan kegiatan kongkrit. Ini bukti bahwa kami serius menggarap pasar Korea,” tegas Faozal.

Selama promosi di Seoul, selain atraksi budaya, NTB membawa kuliner andalan NTB yakni dodol khas rumput laut. Dodol khas NTB itu pun menjadi salah satu hidangan resmi bagi para tamu undangan yang hadir di puncak peringatan HUT RI yang digelar sejak Kamis (28/29). Selain para pejabat Korea Selatan, hadir pula pewakilan industri pariwisata dan travel agen ternama di Korea Selatan.

Kondisi perekonomian Korea yang baik kata Faozal mendorong masyarakat Korea untuk berlibur. Tren yang ada di Korea saat ini lebih pada berlibur ke luar negeri. Potensi yang betul- betul dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan wisman ke Lombok dan Sumbawa.

Lombok memiliki pasar yang tumbuh dengan angka yang dangat signifikan. Kunjungan wisman Korea ke Lombok dari tahun ke tahun terus meningkat meskipun belum masuk dalam tiga besar untuk mengalahkan Australia, Tiongkok dan Jepang.

“Melalui program yang kami lakukan diharapkan akan melipatgandakan jumlah wisman Korea ke Lombok,” kata Faozal.

Pantauan dinas pariwisata selama ini banyak wisman Korea dalam group yang datang ke NTB. Tidak hanya Lombok yang memang sudah memiliki pasar di Korea, banyak wisman Korea yang sampai ke Sumbawa seperti ke pulau Kenawa atau Paserang.

 

Baca Juga :


“Ini memunculkan optimisme bagi kami,” terang Faozal.

Potensi wisman Korea ini cocok dengan potensi pariwisata NTB. Sebagian besar memilih untuk berlibur dengan konsep leisure dan sebagian memilih untuk bertualang dan mencoba hal hal baru. Bahkan kedekatan psikologis terhadap pandangan budaya membuat pasar semakin optimis.

“Orang Korea ini suka dan menjunjung tinggi budaya. NTB punya segmen wisata dan atraksi budaya seperti tenun dan adat istiadat atau the way of life yang bisa menjadi atraksi pariwisata,” tandas dia.

Selain art performing di panggung KBRI dan dodol yang disajikan untuk tamu undangan, Dispar NTB menyuguhkan atraksi tenun dengan membawa penenun yang juga mendapat perhatian dari para tamu undangan. Menenun adalah salah satu budaya, banyak filosofi dan tenun ini adalah komoditas unggulan bagi Lombok.

“Orang Korea suka yang begini,” tambah Faozal.

Sementara itu, saat ini tengah disiapkan peta jalan untuk memastikan direct flight rutin dari Lombok ke Seoul, Ibu Kota Korea Selatan dan sebaliknya setelah tahun ini ada penerbangan charter flight. Pihaknya kata Faozal bahkan kini tengah memplaningkan membuat kampanye khusus bagi promosi Korea melalui media yang efektif.

Sumber: Lombok Post Online (facebook)



 
KM. Pelembak

KM. Pelembak

Nama: Rohul Jannah TTL: Ampenan, 31 Maret 1992 Agama: Islam Alamat: Jln. Koperasi Gang Memet Pelembak Ampenan Jenis Kelamin : Perempuan No Hp: 085338813648 Email : rohuljannah1@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan