logoblog

Cari

Tutup Iklan

Presiden Menutup Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar

Presiden Menutup Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar

Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar dan Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Mesir Cabang Indonesia, Kamis (19/10/2017), di tutup secara resmi oleh

Peristiwa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
20 Oktober, 2017 11:03:42
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1297 Kali

Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar dan Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Mesir Cabang Indonesia, Kamis (19/10/2017), di tutup secara resmi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, di Islamic Center Mataram Mataram (19/10)

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menegaskan menegaskan bahwa Al-Azhar merupakan sebuah institusi besar yang melahirkan orang-orang dengan pemikiran besar. Alumni Al-Azhar dapat membangun pemahaman masyarakat tentang moderasi dan toleransi. Karena moderasi dan toleransi merupakan hal penting bagi sebuah bangsa dengan masyarakat yang penuh keberagaman, baik agama, suku maupun bahasa.

Jokowi mendukung tema yang diusung dalam konferensi tersebut, yaitu Moderasi Islam: Dimensi dan Orientasi. Terlebih menurut Jokowi, bagaimana membangun dakwah, ukhawah wataniah dan ukhawa basyariah,  yang merangkul semua, terutama anak-anak muda dengan metode-metode efektif seperti media sosial.

“Saya mengajak semua untuk membangun ukhawah islamiyah, ukhawah wataniah, ukhuwah basyariah kita. Karena inilah yang dibutuhkan negara dalam rangka mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain." Kata Presiden seraya berharap hasil konferensi yang ada dapat bermanfaat untuk membangun moderasi dan toleransi di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil WOAG, Prof. Dr. Muhammad Fadhiel El-Qoushi, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul, Mustasyar, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Setkab dan Menteri Kabinet Kerja Indonesia, Kodam IX Udayana, Kapolda NTB, Duta Besar Mesir, pejabat teras Pemrov NTB, 400 perwakilan dari 25 negara  alumni Al-Azhar, peserta dari berbagai daerah diseluruh Indonesia, pengasuh pondok pesantren, santri dan santriwati serta undangan dan masyarakat umum lainya.

 

Baca Juga :


Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA, dalam laporannya merasa bangga dan senang dengan kehadiran dan keluangan waktu presdien RI Ir. H. Joko Widodo. Kehadiran Jokowi merupakan kebanggaan tersendiri bagi Alumni Al-Azhar diseluruh dunia. “Di Mesir, di headline surat kabar terkenal telah memberitakan akan kehadiran bapak Presiden RI Jokowidodo, sehingga bukan saja alumni Al-Azhar di Indonesia yang merasa bangga dan senang akan kehadiran bapak Jokowi di acara Konferensi Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar dan Multaqa Nasional IV Alumni Al-Azhar Mesir Cabang Indonesia, namun alumni AL-Azhar diseluruh dunia,”ungkap Qurais.

Lebih lanjut, Qurasi juga mengungkapkan bahwa para alumni Al-Azhar mengajarkan budaya menghormati keragaman, mengembangkan hidup harmoni dan menghormati pendapat serta prinsip-prinsip dalam hubungan antar umat beragama.

Acara itu ditutup dengan pemukulan Gendang Beleq oleh Presiden didampingi Wakil WOAG, Prof. Dr. Muhammad Fadhiel El-Qoushi, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi selaku Ketua Umum Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) cabang Indonesia, Mustasyar, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin dan Menteri Setkab, Pramono Anung, disaksikan para ulama dari berbagai negara dan ribuan santri. (Edy/Nadya)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan