logoblog

Cari

Lagi, Bulog Dompu Distribusikan Beras Tidak Layak Konsumsi

Lagi, Bulog Dompu Distribusikan Beras Tidak Layak Konsumsi

KM, Kabupaten Dompu - Badan Usaha Logistik (Bulog) Kabupaten Dompu, baru-baru ini diketahui menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) yang tidak layak dikonsumsi.

Peristiwa

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
12 November, 2017 19:23:56
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 12142 Kali

KM, Kabupaten Dompu - Badan Usaha Logistik (Bulog) Kabupaten Dompu, baru-baru ini diketahui menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) yang tidak layak dikonsumsi. Kondisinya sangat menjijikkan, betapa tidak, beras tersebut dalam keadaan hitam pekat, berbau dan sudah kusam. Beras tersebut diterima oleh warga Desa Madaprama, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu dengan jumlah beberapa karung seberat 15 Kilogram. Akibatnya, wargapun mengembalikan beras tersebut kepada Bulog dan meminta untuk digantikan dengan beras yang layak dikonsumsi.

Terkait hal ini, Kepala Gudang Bulog Dompu, Hilman., mengakui pihaknya telah mendistribusikan beras yang tidak layak untuk dikonsumsi kepada masyarakat. Atas kejadian ini, pihaknya tidak secara sengaja, akan tetapi beras yang diperuntukkan untuk warga Madaprama itu, merupakan stok beras sejak enam bulan yang lalu. "Kemarin ada warga yang datang ngadu kepada kami, dan meminta untuk diganti, kami siap menggantinya," ujarnya pada wartawan, Selasa (07/11/2017) lalu.

Dijelaskannya, sebelum didistribusikan setiap beras tetap dilakukan sortir dan pengecekkan secara berkala. Kata dia, karena stok beras yang banyak, sehingga terjadi kekeliruan dalam pengecekan. "Awal datang beras kami tetap sortir, tapi kami pada saat pendistribusian kami tidak cek karena tikhawatirkan beras akan berkurang. Kami cukup menerawang diluar karung karena bentuk karung juga transpran, sehingga bisa kita ketahui," jelasnya.

Disinggung mengenai ini bukan kejadian pertama kali dan diduga ada kelalaian dari Bulog ? Hoilman mengatakan, beras tersebar rusak karena disimpan terlalu lama, bukan berarti ada kelalaian dari pihkanya. "Itu kan karena simpan bertumpukkan, sehingga bau dan warnanya berubah. Itu namanya rusak simpan, lagian beras itu sudah enam bulan lebih, kita tetap kok kita lakukan pengecekkan," tegasnya.

 

Baca Juga :


Untuk diketahui kejadian yang sama pada awal tahun 2017, tepatnya bulan Juni do desa Jambu, Kecamatan Pajo. Saat itu, beras yang didistribusikan langsung ditolak oleh warga setempat dengan alasan tidak layak dikonsumsi. Di Desa tersebut penolakan distribusi Raskin dari Bulog itu merupakan yang kedua kalinya. Penolakan pertama terjadi pada bulan April tahun 2015 lalu, Dengan adanya kejadian tersebut kades langsung memerintahkan dua orang stafnya untuk melakukan konfirmasi terhadap Bulog dan meminta beras yang dinilai tidak layak itu segera diganti. (Faruk).



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan