logoblog

Cari

Tutup Iklan

Program Kampung Merambah Kota

Program Kampung Merambah Kota

Jika program dari pusat Kota merambah masuk ke Desa atau program Ibu Kota Negara merambah masuk  kedaerah, maka itu adalah hal

Peristiwa

KM Kaula
Oleh KM Kaula
24 November, 2017 06:39:47
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 6833 Kali

Jika program dari pusat Kota merambah masuk ke Desa atau program Ibu Kota Negara merambah masuk  ke daerah, maka itu adalah hal biasa yang memang sepatutnya harus seperti itu. Tapi kalau ada program Desa bahkan Kampung yang melaju naik ke pusat Kota bahkan ibu negara, ini yang luarrr biasa, tidak lagi Luar Biasa (Karena kehabisan kata untuk menggambarkan kehebatan). Itulah yang dialami oleh program yang namanya Kampung Media.

Sebuah program yang diinisiasi oleh seorang Anak Kampung yang gelisah melihat betapa banyak program-program kampung yang diteriak-teriakkan oleh warganya tapi tidak pernah bisa di dengar oleh penentu kebijakan berdasarkan keterbatasan waktu dan ruang, betapa banyak kegiatan-kegiatan masyarakat yang memang sudah sepatutnya akan mendapatkan acungan jempol harus tergantikan oleh program ecek-ecekan hanya karena keterisoliran, semuanya ternyata menjadi penyemangat bagi seorang anak kampung yang pernah di tempa puluhan tahun di Pondok Pesantren untuk membikin satu portal sebagai sarana untuk menyuarakan semua kegiatan warga yang kemudian diberi nama Kampung Media.

Portal kampung ini pada perkembangannya ternyata sangat efektif untuk menyuarakan semua kegiatan warga, baik soal-soal keunggulan pertanian yang kemudian bisa diadopsi oleh desa-desa tetangga. Pun juga soal-soal pengaduan kampung yang kemudian dengan cepat ditanggapi oleh pihak penentu kebijakan desa. Semuanya telah memudahkan sang inisiator untuk mengajukannya menjadi salah satu program unggulan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bahkan dengan program portal kampung tersebut, yang kemudian bermetamorposa menjadi Kampung Media menjadi salah satu penunjang bagi sang Gubernur untuk menjabat selama dua priode bahkan seandainya undang-undang membolehkan untuk melebihi dua priode pasti Gubernur Muda yang dikenal dengan panggilan Tuan Guru Bajang ini akan dipilih.

Banyaknya bukti soal program-program yang dibuat anak-anak kampung yang dengan mudah meleset naik, sampai mampu meningkatkan pendapatan warga dengan sangat signifikan bahkan telah mampu membuat desanya atau kampungnya menjadi sangat terkenal dimana-mana, tidak cuman antar Desa dan Kota tapi juga mancanegara, sebut saja misalnya Program Wisata Desa di Desa Wisata Masmas yang diinisiasi oleh salah seorang warga Kampung Media yang terus intens mencertikan kegiatan setiap tamu yang datang ke desanya, kini desanya menjadi Desa Wisata yang masuk menjadi sepuluh Desa wisata Prioritas di NTB atau contoh lain seperti salah seorang warga komunitas kampung Media Sembalun yang bernama Badri tahun ini berhasil menjadi salah satu nomiasi pada ajang pemuda pelopor nasional karena hasil kreasinya membuat pupuk organik yang sudah banyak dipergunkan oleh sebagian besar petani di daerah sembalun lantaran keaktifannya mempublish setiap perkembangan yang terjadi pada hasil kreatifitasnya tersebut.

Fakta-fakta kesuksesan Kampung Media ini dalam meningkatkan taraf hidup warganya melalui usaha-usaha kreatif yang dikembangkan, juga lantaran peningkatan infrastruktur dan persoalan-persoalan lainnya yang sangat cepat ditanggapi oleh para penentu kebijakan lantaran semuanya diceritakan oleh warga kampung dengan gaya bahasa masing-masing di portal yang mereka kelola sendiri. Ditambah lagi dengan bukti-bukti penghargaan yang telah diraih kampung media, semuanya telah menarik perhatian pihak pusat dalam hal ini Kementrian Kominfo untuk menduplikasikan kegiatan Kampung Media di seluruh kabupaten Kota seIndonesia.

 

Baca Juga :


Dengan maksud dan tujuan inilah maka kemarin tepatnya tanggal 23 November 2017 KemenKominfo, mengundang sang inisiator Kampung Media untuk mempresentasikan program kampung Media dihadapan seluruh Kepala Dinas Kominfo se Indonesia dalam acara, “Temu KIM Tingkat Nasional 2017).

Kelompok Informasi Masyarakat yang disingkat KIM, di NTB telah ber wujud menjadi Kampung Media yang telah menyebar di setiap Desa diseluruh Kabupaten Kota Se NTB. Menurut Abu Macel, demikian panggilan akrab sang inisiator yang oleh warga komunitas dipanggil Kepala Kampung telah mengklaster KIM ini menjadi empat. Salah satunya adalah KIM Digital dan yang di NTB itulah Kampung Media. Sekali lagi KIM di NTB adalah Kampung Media. []



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan