logoblog

Cari

Tutup Iklan

Teragedi Pusuk Sembalun

Teragedi Pusuk Sembalun

  KM. Sajang Bawak Nao _ Rabu 10 Januari 2018, Pusuk Sembalun yang sedang dikerjakan dalam program pelebaran jalan yang kurang

Peristiwa

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
10 Januari, 2018 16:53:37
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 28892 Kali

 

KM. Sajang Bawak Nao _ Rabu 10 Januari 2018, Pusuk Sembalun yang sedang dikerjakan dalam program pelebaran jalan yang kurang lebih selama 2 bulan masih belum rampung karena kondisi yang cukup sulit, ketika sudah jadi separuh untuk ndinding beton bukit rusak kembali dengan bukit yang sering longsor.

Longsor kembali lagi terjadi sekitar pada Rabu 10 Januari 2018 sekitar pukul 05.00 Pagi, dimana longsor tersebut memakan korban yang melintas di jalur Pusuk Sembalun pada pagi tersebut. Hal ini membuat pusuk sembalun menjadi macet dan tidak bisa dilintasi oleh kendaraan karena tibunan tanah material longsor.

longsor yang terjadi yang kurang lebih tempatnya 500 meter dari puncak wisata pusuk sembalun memakan korban pengguna jalan tersebut bernama Amaq Riki yang alamatnya di dusun Jorong Desa Sembalun Bumbung Lombok Timur.

Menurut tutur korban Amak Egi dan dua rekan lainnya sedang pulang mengantar barang ke Pasar Baratais Mataram Menuju Sembalun dengan engendarai kendaraan roda 4 AVANZA dengan No. Polisi: B 1977 LD. Sekitar pukul 05.00 WITA Pagi, korban bersama rekannya di TKP memeriksa material longsor yang sudah menutupi sebagian jalan Pusuk yang sedang di perbaiki.

Rekan korban di TKP Amak Egi dan 2 rekan lainnya memeriksa material tersebut dan Korban yang meninggal dunia Amak Riki diam di mobil, ketika sedang meeriksa bekas longsor tersebut kembali Longsor susulan datang dari tebing belakang merekadan menghantam kendaran ereka sehingga tertimbunatrial longsor, yang berada di luar mobil mampu melarikan dirinya dan yang di dalam mobil tersebut tertimbun oleh reruntuhan material longsor bersama mobilnya karena tidak sempat melarikan diri bersama rekannya dan akhgirnya Amak Riki yang berada di dalam mobilpun direnggut nyawanya oleh reruntuhan material.

 

Baca Juga :


Tragedi Pusuk Sembalun ini menggegerkan Seluruh Masyarakat Sembalun dengan mereka bersama sama mengepakuasi Korban menggunakan alat Seadanga atau dengan manual, dimana dalam tragedi ini korban pertama di evakuasi oleh orang yang berkerja di TKP sebelum masyarakat banyak dan alat berat datang.

Sekitar pukul 06.30 korban dapat di evakuasi oleh Pekerja dan masyarakat sembalun yang berada di TKP dengan menggunakan alat seadanya karena berhubung oprator Eskapator/alat berat belum tiba dilokasi dan selanjutnya korban langsung dilarikan ke Puskesmas Sembalun Bumbung oleh masyarakat setempat.

Sekitar pukul 07.45 mobil korban yang tertibun oleh reruntuhan material longsor berhasil di evakuasi menggunakan alat berat yang berada di TKP dan dibantu oleh masyarakat dan Pekerja yang berada tidak jauh dari kejadian tersebut.

Sekitar pukul 08.25 Wita Kendaraan tersebut berkhasil di evakuasi menggunakan skapator, dan pada waktu tersebut untuk sementara Jalur Pusuk Sembalun tidak bisa di lewati oleh para pengguna jalan Pusuk Sembalun,  jika ingin kesembalu ada harus lewat jalur labuan lombok , Sambelia, Belanting, Obel-obel dan kokok putik Sembalun.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan