logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pokdarwis Pondok Kerakat Terbentuk

Pokdarwis Pondok Kerakat Terbentuk

KM. Sukamulia – Di tengah berkembangnya Dunia Pariwisata Nasional pada umumnya dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat pada khususnya, pemuda Desa Pohgading

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 Januari, 2018 01:09:48
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 7485 Kali

KM. Sukamulia – Di tengah berkembangnya Dunia Pariwisata Nasional pada umumnya dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat pada khususnya, pemuda Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur mulai tergugah untuk mengembangkan asset wisata yang ada di sekitar mereka. Untuk merealisasikan keinginan mereka membangun Kampung Wisata maka Pemuda Desa Pohgading Timur yang diprakarsai oleh ASA Community membentuk Kelompok Sadar Wisata yang mereka namakan dengan “POKDARWIS PONDOK KERAKAT”.

Selasa (09 Januari 2018) pada pukul 21.00 – 23.00 wita, Pemuda Desa Pohgading Timur melaksanakan Rapat Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kegiatan ini berlangsung di Sekertariat ASA Community dengan dihadiri oleh 31 orang pemuda yang berasal dari wilayah desa tersebut. Kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan asset wisata yang ada di sekitaran Desa Pohgading Timur itu dipinpin oleh Pendiri ASA Community (Asri) dengan didampingi oleh seorang pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (Egi Ramjani).

Pada kesempatan itu, Ketua ASA Community dan Egi Ramjani menyempaikan pentingnya pengembangan dunia kepariwisataan sebab pariwisata memiliki danpak yang sangat positif dan besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

Kita di Desa Pohgading Timur ini memiliki potensi wisata yang sangat besar, lihatlah Pantai Pondok Kerakat yang begitu luas dengan hamparan pasir hitamnya. Jika pantai ini bisa kita kemas dan kelola dengan cara yang professional maka insyallah pada masa mendatang Pantai Pondok Kerakat Sukamulia dapat berkembang menjadi salah satu objek wisata professional sebagai bagian dari destinasi Wisata Nusa Tenggara Barat”, papar Egi saat diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan di awal kegiatan tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan, jika kita mengelolanya dengan professional maka pantai yang indah dengan berbagai keunikannya ini akan menarik perhatian wisatawan dunia dan oleh sebab itu sangatlah penting artinya untuk kita membuat lembaga (Pokdarwis). Jujur, saya merasa tertantang atas kegigihan dan kekompakan Pemuda Sukamulia (ASA Community) sehingga saya sangat berharap dengan terbentuknya Pokdarwis maka kita akan lebih kuat dan terorganisir dalam mewujudkan Desa Pohgading Timur sebagai Desa Wisata”, tegas laki-laki yang kesehariannya bekerja di Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur itu saat hendak mengahiri sambutannya.

Usai memberikan sambutan dari Egi Ranjani, Pimpinan Ramapt (Asri) langsung mengajak forum kecil itu untuk menyepakati nama dan struktur kepengurusan Pokdariwisa yang akan mereka bentuk. Setelah melalui diskusi yang dipenuhi dengan canda tawa maka forum menyepakati nama Pokdarwisa yang mereka bentuk dengan sebutan POKDARWIS PONDOK KERAKAT. Selanjutnya forum melakukan foting untuk menentukan siapa yang menjadi kandidat inti (Ketua, Wakil Ketua, Sekertaris dan Bendahara) Pokdarwisa yang mereka bentuk pada malam itu.

 

Baca Juga :


Setelah melalui proses poting maka dipustuskan bahwa Asri, S. Pd ditunjuk sebagai Ketua, Soandi sebagai Wakil Ketua, Widiawati sebagai Bendahara dan Dian Apriadi, S. Pd sebagai Sekertaris. Pada kesempatan itu juga disepakati 5 nama kandidat yang menjabat sebagai coordinator seksi. Seksi Humas ditugaskan kepada Suhardi, Seksi Keamanan ditugaskan kepada Irsanudin, Seksi Pembinaan Jasa Usaha Wisata ditugaskan kepada Sahlim, S. Pd, Sekos Promosi ditugaskan kepada Badri, S. Pd dan Seksi Pembinaan Sapta Pesona ditugaskan kepada Buhri Rahman. Perlu juga diketahui bahwa Pokdarwis yang baru dibentuk ini memiliki 56 orang anggota.

Pada kesempatan yang sama juga dibentuk pengurus Natural School yang akan menyelenggarakan pendidikan alam terutama dalam pembinaan anggota Pokdarwisa dalam berbahasa Inggris. Setelah melalui diskusi maka diputuskan bahwa Sahlim, S. Pd dan Soandi ditugaskan sebagai Tutor Belajar Bahasa Inggris dengan 16 orang peserta belajar yang merupakan bagian dari anggota Pokdarwisa Pondok Kerakat.

Kegiatan ini disambut hangat oleh Kepala Desa Pohgading Timur (Akhir Yasin, SH). “Secara pribadi saya sangat bangga atas inisiatif saudara-saudara dalam membentuk Pokdarwis ini. Saya sangat mendukung apa yang saudara lakukan dan tentunya saya akan bersuaha untuk mendampingi dan memberikan motivasi serta arahan-arahan terkait dengan kegiatan-kegiatan yang akan saudara-saudara laksanakan dalam membangun duni wisata di desa yang kita cintai ini”, sambut Kepala Desa Pohgading Timur itu dengan suara berapi-api pada setelah mendengarkan paparan dari Ketua dan Seksi Humas Pokdarwisa Pondok Kerakat saat ia temui di ruang kerjanya guna meminta Surat Keterangan terbentuknya Pokdarwis Pondok Kerakat (Rabu, 10 Januari 2018).

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan