logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rapat Kerja Devisi Asosiasi Homestay Lotim 2018

Rapat Kerja Devisi Asosiasi Homestay Lotim 2018

KM. Sukamulia – Asosiasi Homestay Lombok Timur atau yang disebut dengan nama East Lombok Homestay Assosciation (ELHA) merupakan lembaga baru yang

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
24 Januari, 2018 01:16:43
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 14044 Kali

KM. Sukamulia – Asosiasi Homestay Lombok Timur atau yang disebut dengan nama East Lombok Homestay Assosciation (ELHA) merupakan lembaga baru yang dibentuk oleh para pelaku wisata Lombok Timur (Forum Pokdarwis Lotim), terutama para pemilik dan pengelola Homestay di seluruh Kawasan Wisata Lombok Timur. Demi percepatan pelaksanaan program yang akan dilaksanakan, maka pada hari Selasa, 23 Januari 2018 dilaksanakanlah Rapat Kerja Devisi Homestay Lotim 2018 dengan kesepakatan penyegeraan urusan legalitas, pendataan jumlah homestay dan penyususnan program kerja pada setiap devisi yang telah dibentuk.

Asosiasi yang terbentuk pada hari Jum’at, 19 Januari 2018 ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah Lotim dalam pengembangan dan pengelolaan homestay, serta mengkoordinis para pemilik dan pengelola homestay di wilayah Lotim dalam segenap aspek yang berkaitan dengan pengembangan Asean Homestay Standarisasi dan National Homestay Standar, serta membantu pemerintah dalam menjemput berbagai program demi majunya dunia ke pariwisataan Lombok Timur.

Rapat Kerja Devisi ELHA ini dilaksanakan di Farmstay Lunggu Hijau yang berlokasi di sekitaran wilayah Otak Kokok Joben. Rapat yang dimulai pada pukul 15.30 hingga pukul 18.15 wita ini diikuti oleh 31 orang peserta yang sebagian besarnya adalah pemilik dan pengelola Homestay dari wilayah Lombok Timur. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Lombok Timur beserta 5 orang rekan se-dinasnya.

Di awal kegiatan, Kabid Pengembangan Kapasitas dihberikan kesempatan untuk memberikan arahan dan motivasi kepada segenap pengurus Asosiasi Homestay yang dipinpin oleh Mr. Bram Ramli itu. Di dalam sambutanya, beliau menyampaikan berbagai point yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan dan perkembangan serta potensi homestay di wilayah Lotim.

Sebenarnya Asosiaasi Homestay adalah ide yang muncul cukup lama, namun alhamdulillah sekarang bisa dibentuk demi membangun perekonomian masyarakat”, tegas laki-laki bergaya bicara kocak yang bernama lengkap Ahyak Mudin itu.

Kabid Pengengmbangan Kapasitas Dispar Lotim yang akran disapa Mudin Kubur itu juga menjelaskan bahwa Homesaty dibagi dua, yakni Pondok Wisata dan Rumah Wisata. Beliau memaparkan mengenai berbagai program nasional yang berkaitan dengan pengembangan dunia kepariwisataan Lombok pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Usai menyampaikan motivasi dan konsep-konsep briliannya, Ahyak meminta Mirjoni Hamdi alias Ming Lombok untuk membacakan susunan pengurus yang telah dibentuk pada rapat pembentukan ELHA yang dilaksanakan Jum’at lalu guna diadakan penambahan atau penguatan pada setiap devisi yang telah ada.

 

Baca Juga :


Setelah dibaca dengan seksama, maka timbullah usulan dan masukan-masukan berilian sehingga forum menyepakati struktur kepengurusan yang valid dan nantinya akan dikukuhkan. Terkait dengan hal itu, perlu kami sampaikan nama-nama pengurus ELHA adalah:

  1. Ketua dijabat oleh Ramli
  2. Wakil Ketua dijabat oleh Lalu Fadli Syarifudin
  3. Sekertaris dijabat oleh Jannatan Firdaus
  4. Bendahara dijabat oleh Rusmini
  5. Ketua Devisi Advokasi dipercayakan kepada Nurlaily Apriana dengan anggota: Baiq Ainul Fatiwi, Mahyudin, Jaya Kusuma, Sumaini dan Royal Sembahulun).
  6. Ketua Devisi Promosi dan Pemasaran dipercayakan kepada Musanif dengan anggota: Sarjaya, Untung Prayitno, Edi Budi, Sutarjo, Azhari, Asri, Egi Ranjani, Sawaludin, Rian dan Muji.
  7. Ketua Devisi Litbang, Penelitian dan Pengembangan dipercayakan kepada Setiawan Jodi yang dibantu oleh Nurul, Yayan dan Hamka.
  8. Ketua Devisi Perijinan ditugaskan kepada Mirjoni Hamdi dengan anggota: Rika, Siri, L. Yusuf Azhan, Candra, Alwan dan Makbul.
  9. Ketua Devisi Standarisasi diserahkan kepada Dewi Ratna yang dibantu oleh Hamzanwadi, Saepudin Egol, Pandini, Andi dan Dahri).
  10. Ketua Divisi Humas ditugaskan kepada Asep, Endang, Ela dan Misbah.

Setelah semua devisi dibentuk dan disepakati, maka Lalu Fadli Syaifudin selaku pimpinan rapat mempersilahkan masing-masing devisi menyusun program awal dan kemudian melaporkannya secara bergantian dengan dipandu oleh bapak Kabid.

Setelah melalu proses diskusi yang lumayan alot penuh gelak tawa, maka forum memutuskan beberapa point, yakni:

  1. Asosiasi Homestay Lotim akan dijadikan sebagai lembaga yang bertarap nasional,
  2. Devisi Advokasi harus segera mengurus masalah perizinan yang terkait dengan masalah legalitas/akte notaris dengan pembiayaan dibebankan kepada seluruh anggota,
  3. Devisi Promosi dan Pemasaran harus segera melakukan pendataan jumlah homestay di seluruh wilayah Lotim, menjalin kerjasama dengan Kominfotik Provensi untuk mengadakan pelatihan informasi digital, mendaftarkan semua homestay yang ada ke blog Boking.com dan memperomosikan seluruh homestay Lotim beserta asset wisata yang dimilikinya,
  4. Devisi Perizinan akan membantu para pemilik homestay yang sudah ada untuk mengurus masalah izin usaha dan sejenisnya,
  5. Devisi Litbank diminta untuk segera membuat projek proposal revitalisasi rumah adat, renovasi dan rehabilitasi homestay yang ada di seluruh wilayah Lotim,
  6. Devisi Standarisasi hendaknya segera mensosialiasikan Asean Standar Homestay dan National Standar Homestay kepada seluruh pengelola homestay yang ada diseputaran Lotim
  7. Devisi Humas harus segera mensosialisasikan segenap keputusan rapat kepada seluruh pemilik dan pengelola homestay yang ada di wilayah Lotim,
  8. Seluruh pengelola homestay Lotim akan dikirimi suarat edaran mengenai telah terbentuknya Asosiasi Homestay Lombok Timur atau yang lebih keren disebut dengan East Lombok Homestay Assosciation (ELHA).

Setelah forum menyepakati semuanya, pimpinan rapat mempersilahkan Ahyak untuk menutup kegiatan tersebut. Namun sebelum menutup acara itu dengan resmi, beliau menyemat kepada forum, “Ke depannya Lombok Timur harus menjadi Kabupaten Homestay dan itu akan terwujud jika segenap komponen yang ada di dalam Asosiasi ini bekerja dengan structural, professional dan solit serta penuh rasa kekeluargaan.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan