logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dispar Lotim, Kukuhkan Pokdarwis Pondok Kerakat

Dispar Lotim, Kukuhkan Pokdarwis Pondok Kerakat

KM. Sukamulia – Sabtu (27 Januari 2018) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (H. Mohammad Juhad) mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata “Pokdarwis

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
20 Februari, 2018 23:41:48
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3808 Kali

KM. Sukamulia – Sabtu (27 Januari 2018) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (H. Mohammad Juhad) mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata “Pokdarwis Pondok Kerakat”. Kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Pondok Kerakat Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur berlangsung dari pukul 10.00 wita hingga pukul 12.30 wita.

Pokdarwis Pondok Kerakat merupakan salah satu Kelompok Sadar Wisata Kabupaten Lombok Timur yang tergolong baru dibentuk. Yac,, Pokdarwis yang dipinpin oleh Asri, S. Pd ini didirikan pada tanggal 09 Januari 2018. Meskipun tergolong masih baru, namun Anggota Pokdarwis ini tergolong sangat aktif membangun objek wisata Pantai Pondok Kerakat sehingga mereka mendapatkan perhatian dari berbagai kalangan, termasuk dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur.

Atas keaktifannya itu, maka pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur memberikan apresiasi kepada mereka dengan pemberian pengakuan dan legalitas supaya mereka dikenal dan dianggap ada oleh masyarakat sekitar dan dinas-dinas terkait. Pemberian legalitas itu dilakukan dengan cara mengukuhkan mereka (Pengurus dan seluruh anggota Pokdarwis Pondok Kerakat) dengan sesegara mungkin dan alhamdulillah pengukuhan itu didukung oleh seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Desa Pohgading Timur sehingga kegiatan yang cukup sakral dalam dunia kepariwisataan ini terselenggara dengan baik.

Pengukuhan Pokdarwis Pondok Kerakat ini dihadiri oleh Kadispar, Kabid Pengengembangan Kapasitas beserta beberapa orang pegawai Dispar, Camat Pringgabaya, Kepala Desa Pohgading Timur beserta staf,  beberapa orang Kepala Desa yang ada di sekitaran Kecamatan Pringgabaya, HPI, Forum Pokdarwias Lombok Timur, Asosiasi Home Stay Lombok Timur, Walhi, Gema Alam dan beberapa organisasi pemuda dan sosial yang berasal dari wilayah pulau Lombok, serta seluruh lapisan masyarakat Desa Pohgading Timur.

Acara Pengukuhan Pokdarwis Pondok Kerakat memang tidak muach, acaranya dilaksanakan dengan sesederhana mungkin dan penuh dengan nilai kebersamaan serta nilai-nilai adat istiadat masyarakat sekitar. Untuk konsumsi kegiatan tersebut, masyarakat Dusun Sukamulia dan sekitarnya membawa dulang (sajian makanan yang berisi nasi dan kelengkapan lauk pauknya). Ini adalah bukti betapa antusiasnya warga sekitar akan keberadaan Pokdarwis Pondok Kerakat serta betapa besar dukungan mereka terhadap keberadaan Kelompok Sadar Wisata dimaksud.

 

Baca Juga :


Rangkaian acara Pengukuhan Pokdarwis Pondok Kerakat tidaklah panjang dan mewah, pada Pra Acara ditampilkan Tim Tari MTs Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dengan Tari Assalamualaikum-nya dan Pembacaan Puisi “Pesan Ayah” karya Asri oleh Suhardi ASA. Pada Acara inti terdapat Laporan sekaligus Sambuta Ketua Pokdarwis Pondok Kerakat, Sambutan Kepala Desa Pohgading Timur, Sambutan Camat Pringgabaya, Sambutan/Arahan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timu, Pembacaan SK Pokdarwis Pondok Kerakat dan penyerahan SK sebagai symbolik pengukuhan Pokdarwis tersebut yang merupakan acara puncak kegiatan dimaksud. Acara penutu sekaligus Doa yang dipinpin oleh Sanusi, S. Pd selaku Koordinator Seksi Keagamaan Pokdarwis Pondok Kerakat.

Usai berdoa, segenap tamu undangan menikmati hidangan tradisional yang disiapkan oleh masyarakat Desa Pohgading Timur. Acara ini betul-betul dikemas dengan gaya sesederhana dan setradisional mungkin. Terbukti dari hidangan yang disediakan menggunakan dulang/nare. Dari hidangan itu pula, tamu undangan mengetahui betapa antusiasnya warga Desa Pohgading Timur dalam menyambut dan mensukseskan acara pengukuhan Kelompok Sadar Wisata yang mereka harapkan dapat membawa kemajuan besar bagi desa mereka, terutama kemajuan dalam bidang pariwisata dan perekonomian masyarakat.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan