logoblog

Cari

Tutup Iklan

Warga Swedia Prisean Di Arena Bebubus Batu

Warga Swedia Prisean Di Arena Bebubus Batu

KM. Sukamulia – Pertunjukan Presean adalah tontonan yang biasa bagi masyarakat suku Sasak Lombok, namun pertunjukan Presean yang satu ini terlihat

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
02 Maret, 2018 21:24:59
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4896 Kali

KM. Sukamulia – Pertunjukan Presean adalah tontonan yang biasa bagi masyarakat suku Sasak Lombok, namun pertunjukan Presean yang satu ini terlihat luar biasa sebab pemainnya (pepadunya: bahasa Sasak) berasal dari luar negeri alias touris. Laga presean antara dua orang warga asing yang berasal dari Swedia ini menyita perhatian segenap mata yang ada di arena Even Bebubus Batu Desa Sapit.

Awalnya, dua orang warga asing asal Swedia beserta beberapa orang warga asing lainnya itu menyaksikan pertunjukan prisean yang dilakukan oleh beberapa orang pepadu asal Sapit, Sembalun dan sekitarnya. Kegiatan hiburan yang diselenggarakan di arena Even Bebubus Batu Desa Sapit (31 Januari 2018) ternyata menyita perhatian dua orang touris tersebut.

Merasa penasaran, dua pemuda asal Swedia itupun meminta untuk ikut bermain prisean. Melihat ketertarikan dua orang warga asing tersebut, Ming Lombok dan Sarah Erwin (pelaku wisata Lombok) membawa kedua orang anak muda tersebut masuk ke arena perisean. Mereke kemudian diberikan pakain adat layaknya pepadu prisean asal Lombok dan merekapun bertanding dengan serius.

Kehadiran dua orang pepadu asing itu membuat suasana Even Bebubus Batu sangat heboh dan dipenuhi gelak tawa hingga kedua pemuda asing itu menyelesaikan permainannya. Meskipun hanya prisean menggunakan daun nao namun kedua bermain dengan baik sesuai dengan aturan prisean yang berlaku.

 

Baca Juga :


Usai berlaga, mereka menyatakan kebanggannya atas budaya Sasak yang satu ini (Prisean). Mereka juga mengaku sangat terhibur dengan permainan tersebut. dengan demikian, jika warga asing saja merasa bangga dengan budaya kita, maka mengapa kita selaku pemilik budaya itu tidak jauh lebih bangga dari mereka. Dan jika kita bangga akan budaya kita yang satu ini maka marilah kita terus memperhankan Prisean sebagai salah satu atraksi budaya andalan kita selaku suku Sasak. Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan