logoblog

Cari

Tutup Iklan

Panen Raya Teknologi Mina Padi Jajar Legowo di Jonggat

Panen Raya Teknologi Mina Padi Jajar Legowo di Jonggat

Sebagai salah satu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi dalam peningkatan pendapatan petani dengan merekayasa lahan  secara maksimal dengan memanfaatkan teknologi pertanian

Peristiwa

Syamsul Riyadi
Oleh Syamsul Riyadi
28 Maret, 2018 09:06:13
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 2584 Kali

Sebagai salah satu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi dalam peningkatan pendapatan petani dengan merekayasa lahan  secara maksimal dengan memanfaatkan teknologi pertanian tepat guna. Berbagai cara dapat dilakukan, salah satunya dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur menjadi sistem diversifikasi pertanian berupa sistem teknologi budidaya mina padi jajar legowo.

Sistem budidaya mina padi jajar legowo merupakan sistem perpaduan antar lahan sawah pertanian dan pemeliharaan ikan. Sehingga dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan keragaman hasil baik padi (pertanian) dan ikan (perikanan) petani. Sehingga berpengaruh pada peningkatkan pendapatkan ekonomi petani.

Hal tersebut dilakukan oleh Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Beriuk Maju Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada acara panen raya teknologi mina padi jajar legowo pada tanggal 21 Maret 2018 yang dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan Prov. NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB, Dinas Ketahanan Pangan Kab. Lombok Tengah, Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan Kab. Lombok Tengah, Penyuluh Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan serta Pihak swasta BRI Cab Kab. Lombok Tengah, tokoh masyarakat, petani, kelompoktani dan gapoktan sekitar kecamatan jonggat.

Disampaikan oleh ketua Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP)/Korporasi Petani Beriuk Maju “Suharlan” bahwa teknologi mina padi jajar legowo merupakan teknologi yang dibutuhkan oleh petani dalam memanfaatkan lahan pertanian sawah irigasi menjadi sistem diversifikasi pertanian secara maksimal.

Dengan perkembangan inovasi teknologi pertanian saat ini, maka petani sebagai pelaku utama perlu melakukan kombinasi paket teknologi mina padi jajar legowo varitas ciliwung dan  jenis benih ikan karper dan nila pada lahan 1 hektar, ungkap pak suharlan.

Dijelaskan juga secara teknisnya teknologi mina padi dalam melakukan tebar benih harus berjarak  sekitar 20 hari dan disesuaikan jumlah benih yang ditebar dengan luas lahan sawah yang digunakan.

Berbagai keuntungan yang didapatkan dalam menerapkan paket teknologi seperti dapat menekan biaya dan penggunaan pupuk, mengurangi biaya penyiangan dan menekan pengendalian hama penyakit. Dimana dengan adanya pemeliharaan ikan dipersawahan dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi serta hasil panen yang didapatkan 2 jenis komoditi padi dan ikan. Sehingga dapat memberikan pengaruh yang signifikat terhadap peningkatkan perekonomian petani.

 

Baca Juga :


Hal tersebut disampaikan juga oleh Penyuluh Provinsi NTB,bahwa dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaan hasil pertanian dan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.

Selain itu, untuk pengembangan kelembagaan ekonomi petani (KEP) di NTB tahun 2017 saat itu mendapatkan 22 unit yang tersebar disetiap kabupaten/kota se NTB. Salah satunya di Kelompoktani Beriuk Maju Jonggat Kabupaten Lombok Tengah dalam mengembangan sistem inovasi teknologi mina padi jajar legowo. Dalam kegiatan panen raya mina padi jajar legowo juga dilakukan kegiatan festival  bakan ikan.

Pengembangan kelembagaan merupakan sebagai salah satu terobosan untuk memanfaatkan dan pemberdayaan petani dalam mengembangan usaha secara professional khususnya dibidang pertanian guna meningkatkan skala usaha ekonomi secara efesiensi serta menguatkan posisi tawar petani.

#apapunprogramnyapenyuluhankuncinya



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan