logoblog

Cari

Tutup Iklan

PP Kudamas Universitas Hamzanwadi Terbentuk

PP Kudamas Universitas Hamzanwadi Terbentuk

KM. Sukamulia – Pengurus Pusat KUDAMAS Universitas Hamzanwadi resmi terbentuk atas kesepakatan Rapat Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah yang dilaksanakan di

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
31 Maret, 2018 09:01:08
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 7480 Kali

KM. Sukamulia – Pengurus Pusat KUDAMAS Universitas Hamzanwadi resmi terbentuk atas kesepakatan Rapat Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah yang dilaksanakan di Laboraturium Pendidikan Sejarah pada hari Jum’at, 30 Maret 2018. Rapat yang dipinpin langsung oleh Ketua Program Studi Sejarah Universitas Hamzanwadi (Dr. Badarudin) ini berlangsung sejak pukul 15.30 hingga pukul 17.30 wita.

Menindak lanjuti pertemuan Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi yang dilaksanakan pada tanggal 24 Maret lalu, Dr. Badarudin selaku Kaprodi Studi Pendidikan Sejarah mengumpulkan beberapa orang perwakilan Alumni Pendidkan Sejarah guna membahas mengenai masa depan Kaprodi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi serta membentuk Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah Alumni-nya.

Sebagai pengawal musyawarah tersebut, Pak Bambang Eka Saputra menyampaikan latar belakang serta tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut. Belia memberikan penjelasan mengenai nama forum yang akan dibentuk pada musyawarah itu.

“Demi terjalinnya silaturrahmi dan kerjasama yang baik antara seluruh alumni Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat maka perlu kiranya kita membantuk struktur kepengurusan almumni. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi di grup WA alumni Prodi Pendidikan Sejarah maka kiranya kita harus menyepakati nama KUDAMAS Universitas Hamzanwadi sebagai nama forum atau asosiasi alumni sejarah”, papar sosok yang lekat dengan sapaan Pakde Bambang itu.

KUDAMAS merupakan singkatan dari Keluarga Dari Alumni Mahasiswa Sejarah Universitas Hamzanwadi. Kami mengambil nama KUDAMAS atas pilosofi bahwa KUDAMAS merupakan lambang keratin. KUDAMAS memiliki karakter kuat, cekatan, lincah dan tahan uji dalam segala kondisi. Dengan demikian, kita semua berharap keluarga besar Alumni Sejarah  yang kita bentuk pada hari ini dapat memiliki karakter sebagaimana karakter yang termaktub pada KUDAMAS”, tegas beliau.

Pakde Bambang juga menyampaikan bahwa Alumni Sejarah seyokyanya tidak hanya berpartisipasi dalam bidang pendidikan, namun alumni Sejarah juga diharapkan bisa berpartisipasi dalam berbagai bidang, misalnya saja bidang pariwisata (sebagai guide wisata sejarah dan budaya), jurnalis dan sebagainya. Memang tidak jarang, alumni Sejarah yang kini menekuni profesi sebagai pengembang wisata sejarah, pemerhati budaya dan banyak pula yang berprofesi sebagai jurnalis atau pewarta.

Dr. Badarudin juga memberikan pencerahan kepada 18 orang peserta rapat yang dipinpinnya. Pada kesempatan itu, beliau menyampaikan mengenai pentingnya pembentukan pengurus KUDAMAS, baik Pengurus Pusat ataupun Pengurus Daerah. Beliau juga menyampaikan mengenai kemerosotan peminat Jurusan IPS secara nasional sehingga perlu kiranya dibentuk pengurus KUDAMAS guna membantu pihak Kampus dalam perekrutan mahasiswa bagi Program Studi Sejarah pada khsusunya dan alumni program studi Jurusan IPS lainnya juga berpartisipasi membantu untuk merekrut calon mahasiswa untuk program studinya.

Usai menyampaikan, beberapa hal penting terkait dengan masa depan Program Studi Pendidikan Sejarah dan program studi lainnya yang bernaung pada Jurusan IPS Universitas Hamzanwadi, Dr. Badarudin langsung memimpin musyawarah Pembentukan Pengurus Pusat KUDAMAS Universitas Hamzanwadi.

 

Baca Juga :


Setelah melalui proses musyawarah dengan masukan-masukan dari anggota forum maka dibentuklah Pengurus Pusat KUDAMAS dan pengurus daerahnya akan dibentuk mulai minggu depan sesuai dengan daerah mana yang siap duluan.

Forum menyepakati bahwa Pengurus KUDAMAS Universitas Hamzanwadi terdiri dari: 1) Ketua diampu oleh Muksin, M. Pd, 2) Wakil Ketua dijabat oleh Agus Wahyudi, S. Pd, 4) Sekertaris diampu oleh Lalu Murdi, M. Pd dengan wakil Satriawan, S. Pd, 5) Bendahara dijabat oleh Zidni, M. Pd dan wakilnya Rohini, M. Pd, 6) Bidang Kesekertariatan dijabat oleh M. Shulhan Hadi, M. Pd, Satiran, S. Pd dan Muadah, S. Pd, 7) Bidang Penelitan dan Pengembangan dijabat oleh Haerudin, M. Pd, Zainal Abidin, S. Pd dan Hamdan, S. Pd, 8) Bidang Publikasi, Komunikasi dan Informasi dijabat oleh Haeri Suhaerian, S. Pd, Asri, S. Pd dan Burhanudin, S. Pd, 9) Bidang Perekrutan dan Pengkaderan dijabat oleh Samsul Hakim, S. Pd, Suhaidi, S. Pd dan M. Syari’in, S. Pd.

Pengurus daerah akan dibentuk berikutnya sesuai dengan struktur Pengurus Pusat. Pengurus Pusat akan turun ke masing-masing daerah untuk membentuk Pengurus Daerah yang terdiri dari Pengurus Daerah Lotim, Loteng, Lobar, Lombok Utara, Bima, Dompu dan Sumbawa.

Sebelum musiawarah ditutup, Dr. Badarudin menyampaikan harapannya agar kedepannya Alumni Sejarah dapat berpartisipasi aktif untuk membantu pihak kampus dalam perekrutan mahasiswa. Beliau juga berharap KUDAMAS Universitas Hamzanwadi dapat menjadi suatu lembaga yang solit guna mengembangkan berbagai program pengembangan berbagai program yang terkait dengan dunia pendidikan dan kesejarahan, serta program-program lainnya.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan