logoblog

Cari

Tutup Iklan

Karpet Merah Untuk Investor

Karpet Merah Untuk Investor

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdiri dari 2 pulau besar, yaitu pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Luas pulau Sumbawa  3 kali

Peristiwa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
11 Juli, 2018 15:07:57
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 2907 Kali

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdiri dari 2 pulau besar, yaitu pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Luas pulau Sumbawa  3 kali dari luas pulau Lombok. Jumlah Penduduk Pulau Lombok 3 kali dibandingkan dengan jumlah penduduk Pulau Sumbawa.

“Sehingga Pemrov. NTB mengembangkan banyak sekali kawasan-kawasan untuk berinvestasi antara lain yang sedang berkembang adalah KEK Mandalika di Lombok Tengah dan kita sedang mengembangkan di kawasan utara yaitu namanya kawasan Global Hub Bandar Kayangan dan yang sedang kita kembangkan adalah Samota,” Jelas Ir. Ridwan Syah, M.Sc., MM., MTP., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB.

Didepan para investor dari Negara Malaysia, Singapura dan Brunai Darusalam ,Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) se Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB), Kepala Kadin, kepala perwakilan BI dan undangan lainnya saat Welcome Dinner pembukaan acara Samota NTB Investment Forum, Minggu yang lalu di Halaman Hotel Lombok Raya, Ridwan Syah menjelaskan tentang peluang investasi di Provinsi NTB.

Menurut Ridwan Syah, NTB dikembangkan dengan 2 sektor unggulan yaitu pertanian dan pariwisata,  selain itu juga ada pertambangan. Investasi kami meningkat cukup tajam terakhir di tahun 2017 investasi di NTB ini tercatat 11,6 Triliun Rupiah meningkat  2 kali lipat dibandingkan dengan tahun 2016 dan tahun-tahun sebelumnya.

“Investasi yang cukup besar itu masih di dominasi oleh sektor pertambangan. Selama 5 tahun terakhir dan bahkan 10 tahun terakhir NTB mengembangkan komoditas unggulan yang namanya PIJAR, Sapi, Jagung dan Rumpu Laut. Pada saat ini PIJAR mengarah pada industry olahan. Hilirisasi prodak-prodak ini,” jelas mantan Kepala DPMPTSP Provinsi NTB ini.

Lebih lanjut kata Ridwan, “Kehadiran para investor ini kami persilakan untuk berinvestasi di NTB khususnya  untuk membangun industri olahan disektor perkebunan, pertanian,  peternakan dan juga yang tidak kalah hebatnya adalah perikanan.  Kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora (Samota) sesungguhnya merupakan potensi NTB sebagai provinsi kepulauan. Ada 278 pulau yang tersebar di wilayah NTB.

 

Baca Juga :


 “Kalau ingin mengetahui pulau itu hanya 2 yaitu indah dan indah sekali, silakan berinvestasi di 278 pulau dan kami Pemrov. NTB menggelar Karpet Merah untuk menyambut para investor yang datang ke NTB,” ungkap Ridwansyah dengan semangat.

Samota ada satu kawasan yang berbasis pada potensi kelautan, ikan, udang dan potensi lainnya. Ada Pulau Moyo pulau yang sangat Indah yang pernah datang dan menginap di Pulau Moyo. “Puan-puan dari Malaysia, Brunai Darusalam dan Singapura rugi kalau datang ke NTB kalau tidak mengunjungi daerah wisatanya,” tantang Ridwan.

NTB tidak hanya pulau Lombok, mari menyebrang ke Pulau Sumbawa yang tidak kalah indahnya dengan Pulau Lombok. Nanti pada tanggal 9 – 23 September aka ada 117 Yantes dari Selandia Baru dan Australia akan melintasi kawasan Pulau Moyo dan teluk Saleh pada Festifal Sail Moyo Tambora sebagai bentuk kerjakeras kami terus menggaunggkan Samota ini untuk menarik investasi masuk ke NTB.

Acara Sail Samota 2018 rencanya akan dihadiri oleh Presiden RI dan mengundang juga banyak Negara untuk hadir di Sumbawa. Sehingga menjadi media untuk menarik minta para investor untuk datang berkunjung dan berinvestasi di NTB. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan