logoblog

Cari

ASN Lobar Peduli Bencana

ASN Lobar Peduli Bencana

Giri Menang, KM. Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tergerak dengan bencana alam berupa Gempa Bumi 6,4

Peristiwa

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
31 Juli, 2018 14:17:40
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 8670 Kali

Giri Menang, KM. Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tergerak dengan bencana alam berupa Gempa Bumi 6,4 dalam skala richter yang mengguncang Pulau Lombok Ahad pagi (29/07) lalu.

Mereka pun segera menghimpun bantuan berupa uang, mie instan, beras, telur, pampers, dan bahkan uang.

Terhitung sejak sore di hari terjadinya gempa, bantuan sudah mulai dihimpun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial. Khusus di Dinas Kesehatan Lobar, mereka pun membentuk Tim yang terdiri dari tenaga medis dan para medis yang bersumber dari UPTD BLUD Puskesmas, RSUD Patut Patuh Patju, dan RS Awet Muda Narmada sambil membawa alat kesehatan, obat-obatan, makanan, foodware, dan barang habis pakai lainnya.

"Mereka kita rotasi secara bergilir untuk standby memberikan pelayanan di posko kita di Sembalun dan Bayan," terang Kepala Dinas Kesehatan H. Rahman Sahnan Putra.

Sesuai arahan Bupati Lobar saat melepas tim itu, maka aneka bantuan melalui seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun dihimpun untuk membantu para korban. Bantuan tersebut tidak hanya akan disalurkan ke Lombok Timur dan Lombok Utara, namun juga di beberapa titik lokasi di Lombok Barat.

Menurut informasi sementara, kerusakan akibat gempa juga terjadi di Desa Guntur Macan Kecamatan Gunung Sari sebanyak 25 unit rumah, 3 unit rumah di Desa Kuripan Kecamatan Kuripan, dan 1 unit di Desa Meninting Kecamatan Batulayar.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Lobar, Baiq Aprina Rohmawiyanti, lokasi-lokasi yang terdampak di wilayah Lobar pun sejak Senin kemaren sudah disentuh dengan bantuan,

"bentuknya berupa logistik, selimut, makanan, matras, foofware, family kit, dan kebutuhan sandang (pakaian layak pakai, red)," tutur Yanti.

Ia memastikan seluruh korban yang rumahnya rusak berat telah disentuh oleh bantuan.

Sedangkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lobar, bantuan pasca bencana pun telah disiapkan.

"Kita akan bantu berupa semen, kayu, seng, dan bahan bangunan lainnya," terang H. Moh. Nadjib, Kepala Pelaksana BPBD Lobar.

 

Baca Juga :


Baik bantuan lewat Dinsos maupun BPBD adalah bantuan yang melekat dalam tugas tanggap darurat yang menjadi tupoksi mereka.

"Kita punya anggaran yang terbatas, sehingga saat bencana seperti ini anggaran kadang tidak cukup," aku Nadjib dan Yanti secara terpisah dengan statemen yang berbeda.

Untungnya rasa kemanusiaan pun dirasakan oleh jajaran ASN di Lobar. Melalui OPD masing-masing, mereka menghimpun bantuan dalam aneka bentuk. Terbanyak adalah Mie Instan, Air Minum kemasan, beras, pakaian layak pakai, bahan-bahan makanan, dan bahkan uang.

Sampai hari kemaren, paling sedikit 1 ton beras, 750an doz mie instan, beberapa doz pakaian layak pakai telah terkumpul.

"Kita akan diatribusikan ke lokasi bencana di Lotim, KLU, dan daerah kita sendiri. Jangan sampai kita hanya membantu di wilayah lain, tapi kita lupa wilayah kita sendiri juga terdampak bencana tersebut," ujar Nadjib.

Melalui group WA, Bupati Lombok Barat Haji Fauzan Khalid menyatakan terima kasihnya atas seluruh kepedulian ASN di Lobar.

"Luar biasa teman-teman OPD dan jajaran. Mudah-mudahan Allah SWT memberkahi kita semua. Amin. Terima kasih banyak," ujar Fauzan.

Sesaat sebelum bantuan disalurkan, Fauzan menyempatkan diri melihat langsung bersama awak media di gudang BPBD dan bertemu Kepala BPBD dan Wakil Ketua DPRD sulhan Mukhlis Ibrahim.

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan