logoblog

Cari

Gempa Kembali Menggoncang Lombok. Satu Rumah di KSB Ambruk

Gempa Kembali Menggoncang Lombok. Satu Rumah di KSB Ambruk

 Sumbawa Barat. Diskominfo - Setelah beberapa hari yang lalu terjadi gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menelan banyak korban

Peristiwa

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
06 Agustus, 2018 05:13:16
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 10591 Kali

 Sumbawa Barat. Diskominfo - Setelah beberapa hari yang lalu terjadi gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menelan banyak korban jiwa dan ratusan rumah rusak parah. Kini Gempa kembali terjadi di lokasi yang tak jauh dari titik gempa sebelumnya yakni di Laut Lombok bagian utara dengan kekuatan yang lebih besar. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa yang terjadi di Lombok terjadi tiga kali selama beberapa jam.

 

Gempa pertama terjadi pada pukul 19:46 WITA pada jarak 27 km timur laut Lombok Utara dengan kekuatan gempa 6.8 SR pada kedalaman 10 Km. Pada waktu yang bersamaan gempa juga terjadi di 18 km barat laut Lombok Timur dengan kekuatan 7.0 SR dengan kedalaman 15 Km. BMKG menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan segera mengungsi karena gempa tersebut berpotensi sunami. Gempa susulan terjadi pada pukul 20:49 WITA pada jarak 15 km barat laut lombok dengan kekuatan 5.6 SR dengan kedalaman 10 km. Sementara itu laporan dari pihak DISOS NTB bahwa Gempa susulan telah terjadi lebih dari lima kali namun dengan kekuatan yang rendah. Sesaat setelah gempa listrik di beberapa lokasi di Pulau Lombok padam serta jaringan telekomunikasi terputus.

 

Kabarnya pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB dan Dinas Sosial KSB dalam waktu dekat akan langsung terjun ke lokasi korban bencana gempa untuk membantu para korban dan menyalurkan bantuan makanan dan pakaian layak pakai. Goncangan dari Gempa yang berkekuatan tinggi tersebut dirasakan hingga pulau Jawa, Bali dan Sumbawa. Akibat gempa tersebut beberapa sisi bangunan Mall Epicentrum Mataram retak, dilaporkan bahwa beberapa rumah di Bayan Lombok Utara juga rusak parah.

 

 

Baca Juga :


Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KSB, Syaiful Arief, S.AP melaporkan bahwa di KSB 1 unit rumah telah ambruk di Rt. 16 Kelurahan Sampir kec. taliwang. Rumah tersebut milik Abdul Muin dan tiga rumah rusak sedang di Desa Goa Kecamatan Jereweh. BPBD KSB juga memasang satu tenda di RSUD Asyifa untuk beberapa pasien dilantai tiga yang mengalami trauma kembali ke kamar karena gempa tersebut.

 

Masyarakat Lombok, khususnya Lombok Utara dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Gempa bumi susulan akan lebih kecil dari gempa bumi utama, namun masyarakat diharapkan agar tetap waspada. Untuk warga sekitar pantai Lombok Utara dihimbau untuk menghindari wilayah sekitar pantai dan mencari tempat yang lebih tinggi. Diskominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan