logoblog

Cari

Saat Bencana Sebarkan Informasi Yang Menyejukan

Saat Bencana Sebarkan Informasi Yang Menyejukan

Mari kita bijak menyebarkan informasi. Terutama informasi yang terkait gempa bumi di Pulau Lombok. Informasi  menjadi komoditas utama yang dikonsumsi publik

Peristiwa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 September, 2018 16:18:06
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3859 Kali

Mari kita bijak menyebarkan informasi. Terutama informasi yang terkait gempa bumi di Pulau Lombok. Informasi  menjadi komoditas utama yang dikonsumsi publik baik di media massa atau di media sosial. Hindari menyebarkan berita Hoaks atau yang tidak jelas sumbernya. Informasi yang disebarkan harus terpercaya dan jelas.

Himbauan tersebut disampaikan R Niken Widiastuti  Direktur Jenderal IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemenkominfo) RI saat mengunjungi Media Center Tanggap Bencana Gempa Bumi Pemulihan Pulau Lombok dan Sumbawa, Sabtu (1/9) di Lanud ZAM Mataram NTB.

Niken menjelaskan, informasi yang berkembang saat ini kadang terlalu berlebihan memberitakan gempa bumi di pulau Lombok. Seharusnya dicek dan periksa sumber berita tersebut dari mana sumbernya. Apakah sumber terpercaya atau bukan. Hal ini membuat masyarakat cepat percaya dan panik. "Informasi dan berita kadang berlebihan sehingga masyarakat kita resah," kata Niken.

Saat masyarakat menderita akibat gempa bumi, suguhilah informasi dan berita yang menyejukan masyarakat. Informasi ataupun betita yang dapat memberikan edukasi. " Berita yang kita sajikan dapat menenangkan masyarakat Pulau Lombok dan Sumbawa yang sedang membangun," ajak Dirjen IKP.

 

Baca Juga :


Didepan awak media Niken berharap peran media sangan berpengaruh membangun kepercayaan diri dan semangat masyarakat terhadap informasi yang menyejukan hati. Apalagi saudara-saudara kita di Lombok sedang menghadapi musibag gempa bumi. Jadi perlu mendapatkan berita dan kabar yang baik.

"Saya berharap teman-teman menjadi media edukasi dan penyebar berita baik  yang bukan hoaks, mampu menanangkan hati dan pikiran saat musibah gempa bumi ini," ungkap Niken didampingi Sekdis Fairuz Abadi, Kabid Statistik Hj. Asnirawati dan Kabid LPSE dan Persandian Diskominfotik NTB H. Mahmud.   (Edy-Tim Media Diskominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan