logoblog

Cari

Tutup Iklan

Si Jago Merah Saat Gempa

Si Jago Merah Saat Gempa

Gempa berkekuatan 7,0 SR pada Ahad malam, 19 Agustus 2018 bukan hanya menyapa di Pulau Lombok. Pulau Bungin, pulau terpadat di

Peristiwa

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
12 September, 2018 21:37:33
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1207 Kali

Gempa berkekuatan 7,0 SR pada Ahad malam, 19 Agustus 2018 bukan hanya menyapa di Pulau Lombok. Pulau Bungin, pulau terpadat di dunia pun turut berguncang. Puluhan rumah panggung khas Sulawesi hangus terbakar oleh si jago merah.

Pulau yang seluas 8,5 hektar dan didiami oleh 3.500 jiwa penduduk kini dirundung duka. Kehilangan tempat tinggal dan harta benda mereka telah dilalap api. Namun mereka tetap berjuang untuk bangkit kembali.

Berawal dari gardu listrik yang roboh oleh guncangan gempa, lompatan percikan api terjatuh di sebuah rumah warga sehingga terjadi kebakaran yang tidak sempat dipadamkan oleh warga sekitar yang sedang panik oleh aksi gempa. Kobaran api lebih dasyat tatkala api kemudian menjalar dan melalap puluhan rumah warga lain.

Samad selaku warga Pulau Bungin, “Api berhasil dipadamkan setelah melalap 24 rumah warga”. Namun, aksi si jago merah di desa nelayan yang terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tidak memakan korban.

“Setelah terjadinya kebakaran, ada sekitar tujuh puluhan warga yang kehilangan tempat tinggal. Hingga Senin 20 Agustus 2018. Mereka terpaksa berdiam di atas perahu,” ujar Baim mengenang peristiwa yang sangat mengerikan itu, saat di temui hari Senin, 10 September di Pulau Bungin.

 

Baca Juga :


Baim juga mengatakan, “Di saat gempa, banyak juga warga di Bungin ini diam di atas perahu.  Solanya di atas perahu tidak dirasakan gempa,” ujarnya menceritakan kalau sebagaian warga memilih untuk menyelamatkan diri dari gempa atau mengunsi di atas perahu.

Inilah catatan gempa yang juga turut melanda sebuah pulau kecil yang menjadi destinasi unik di Sumbawa ini. Suatu harapan, walaupun mereka tetap berusaha berjuang untuk bangkit kembali, namun pemerintah atau kelompok peduli gempa tetap harus selalu memberikan perhatian .  

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan