logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rafflesiaceae Lombosis Tumbuh Lagi Di Kokok Putik

Rafflesiaceae Lombosis Tumbuh Lagi Di Kokok Putik

KM. Sukamulia – Bunga Bangkai merupakan salah satu spesies tanaman langka di dunia. Bunga Bangkai yang lebih dikenal dengan nama Raflesia

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
04 Oktober, 2018 21:19:51
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3468 Kali

KM. Sukamulia – Bunga Bangkai merupakan salah satu spesies tanaman langka di dunia. Bunga Bangkai yang lebih dikenal dengan nama Raflesia ini memang sudah langka. Secara umum, spesies bunga tersebut hanya ditemukan di daerah Endemik pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Namun, ternyata Bunga langka ini banyak juga ditemukan di daerah dataran tinggi pulau Lombok. Bunga Bangkai itu kemudian kami sebut Rafflesiaceae Lombosis dan spesies tanaman langka tersebut ternyata tumbuh subur di wilayah aliran Kokok Putik. Pada ahir September 2018, Rafflesiaceae Lombosis mulai tumbuh lagi di sekitaran Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Sejak tahun lalu (2017) kami memperhatikan perkembangan Bunga Bangkai yang tumbuh di sekitaran aliran sungai Kokok Putik. Desember 2017, saya berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan secara kasat mata, saya melihat Bunga Bangkai yang ada di Kebun Raya Bogor tersebut memiliki bentuk yang mirip bahkan hampir sama dengan Bunga Bangkai yang tumbuh di sekitaran aliran Kokok Putik itu.

Bunga Bangkai yang tumbuh di sekitaran aliran Kokok Putik ini memang tidak jauh beda dengan Bunga Bangkai jenis Amorphpophallus titanium yang disebut dengan nama Bunga Raflesia itu. Kami-pun sepakan memberikan nama Rafflesiaceae Lombosis kepada Bunga Bangkai yang kami temukan tumbuh subur di sekitar kediaman kami yang ada di wilayah aliran Kokok Putik Desa Bilok Petung itu. Melihat kondisi tersebut, kamipun berpikir bahwa tidak salah jika kami menamakan bunga tersebut dengan sebutan Rafflesiaceae Lombosis.

Bunga Rafflesiaceae Lombosis ini tumbuh tidak menentu, pada sekitaran ahir November namun pada tahun ini (2018), ia tumbuh lebih awal. Pada minggu kedua September, Bunga Bangkai tersebut sudah mulai mekar di sekitaran halaman kediaman kami yang berlokasi di Dusun Kokok Putik. Tumbuhan jenis ini memang banyak ditemukan di sekitaran wilayah Lombok, terutama saat musim penghujan.

Tumbuhnya Bunga Rafflesiaceae Lombosis, pada pertengahan kedua September ini kiranya cukup unik sebab ia tumbuh pada kondisi masih dalam suasana musim panas, dimana di wilayah Desa Bilok petung dan sekitarnya belum pernah diguyur hujan. Pada tahun lalu, terdapat 12 batang Bunga Bangkai yang tumbuh di sekitaran kediaman kami. Bunga tersebut, rata-rata berumur 3 bulan. Ia mekar setelah dua atau tiga minggu muncul di permukaan tanah. Kelopak bunganya bertahan hingga satu setengah hingga dua bulan dan setelah berumur tiga bulan maka seluruh bagian bunganya mongering yang kemudian di bekas bunga tersebut tumbuh spesies tumbuhan yang disebut Lombos (Bahasa Sasak).

 

Baca Juga :


Kami berharap, ke depannya ada pemerhati Tumbuhan Langka yang berkenan melakukan penelitian mengenai keberadaan jenis Bunga Bangkai yang tumbuh di sekitaran Kokok Putik ini agar nantinya dapat dijadikan sebagai salah satu tumbuhan yang dilindungi keberadaannya sebab Bunga Bangkai di Indonesia termasuk tumbuhan langka. Jika nantinya Buna Bangkai di Kokok Putik ini dapat dikembangkan maka insyallah itu akan menjadi salah satu destinasi wisata musiman di wilayah setempat dan bisa juga dijadikan sebagai tempat penelitian atau pembelajaran mengenai Bunga Bangkai.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan