logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bela Negara Bangun Karakter Berwawasan Kebangsaan

Bela Negara Bangun Karakter Berwawasan Kebangsaan

Bela negara merupakan suatu hak dan kewajiban seluruh komponen bangsa yang diatur dalam isi Pembukaan UUD 1945, yakni Pasal 27 ayat

Peristiwa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
11 Oktober, 2018 07:16:28
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 2822 Kali

Bela negara merupakan suatu hak dan kewajiban seluruh komponen bangsa yang diatur dalam isi Pembukaan UUD 1945, yakni Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 30 ayat (1) serta Pasal 9 Undang-Undang Nomor  3 Tahun 2002  tentang pertahanan negara.

Telah diatur dalam undang-undang tentang  bela negara bagi warga sipil. Hal ini diingatkan Danrem 162/WB saat memberikan arahan pada pendidikan dan pelatihan bela negara. 

Kegiatan pembukaan Diklat Bela Negara yang diikuti oleh karyawan PT. Aman Mineral Nusa Tenggara.  (PT. AMNT) Gel. V tahun 2018 ini dilaksanakan pada Selasa (9/10/2018) di lapangan Makorem 162/WB.  

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.  Pendidikan bela negara bagi seluruh warga negara adalah hal yang penting dan tidak dapat ditawar lagi.

Menurut Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han.,  Pendidikan bela negara sangat relevan dan strategis, untuk pembinaan pertahanan negara dan penanaman jiwa patriotisme dan cinta Tanah Air. 

 

Baca Juga :


"Tugas pokok Korem 162/WB dibidang teritorial salah satunya melakukan pendataan dan pembinaan terhadap seluruh komponen bangsa untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi perjuangan (Rak juang) yang tangguh dibidang pertahanan," jelas Danrem.

Bela negara juga membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas dan pengaturan kegiatan lain. Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, serta kepedulian antar sesama. 

"Membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antar sesama rekan seperjuangan serta untuk membentuk mental dan juga fisik yang tangguh," ungkap Danrem. (     )



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan