logoblog

Cari

Warga Kampung Media Lotim Bangun Jaringan Usaha Online

Warga Kampung Media Lotim Bangun Jaringan Usaha Online

KM. Sukamulia – Selasa (16 Oktober 2018), beberapa orang Warga Kampung Media Lombok Timur berkumpul dalam rangka mempererat silaturahmi dan membangun

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
17 Oktober, 2018 21:52:34
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4573 Kali

KM. Sukamulia – Selasa (16 Oktober 2018), beberapa orang Warga Kampung Media Lombok Timur berkumpul dalam rangka mempererat silaturahmi dan membangun jaringan dalam dunia usaha, khusunya usaha online. Pada pertemuan itu, mereka (warga Kampung Media) tersebut sepakat untuk membangun jaringan Usaha Online. Mereka sepakat akan saling membantu dalam memperomosikan barang jualan mereka dan ke depannya mereka berencana untuk memperluas jaringan usaha online dengan Warga Kampung Media lainnya, terutama yang memiliki usaha online.

Ahir-ahir ini, Usaha Online menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang cukup buming. Kegiatan ekonomi berbasis TIK ini mempermudah para pelaku ekonomi dalam menjalankan usahanya, terutama usaha jual beli dan usaha jasa. Melihat prosfek ekonomi usaha online itu, maka Warga Kampung Media Lombok Timur yang sudah melakukan kegiatan tersebut termotivasi untuk membangun jaringan dengan tujuan untuk memperluas jaringan usaha online yang mereka telah lakukan.

Terkait dengan hal itu, Pengelola KM. Sambang Kampung, KM. Sajang Bawak Nao, KM. Kabar Sembalun, KM. Bilok Petung, KM. Sambalia dan KM. Sukamulia berkumpul di SMK NW Kokok Putik dengan tujuan awal untuk menjalin silaturahmi. Pada pertemuan itu mereka bertukar cerita yang fokus ceritanya berawal dari pembicaraan mengenai kegiatan Pengembangan Manfaat TIK yang akan diselenggarakan oleh Kampung Media NTB.

Pembicaraan itu berhias gelak tawa. Maklumlah, pertemuan tersebut bukanlah pertemuan resmi. Masyhuri (Pengelola KM. Sambang Kampung) menggebu-gebu menceritakan Usaha Online yang dijalankannya. Usaha Online beliau memang sudah berjalan cukup lama, beliau menjual Madu Quinci dan Aneka Kripik Sukun.

Produk Madu dan Anek Keripik Sukun yang di Produk oleh Sambang Kampung ini sudah memrambah nusantara bahkan ke luar negeri, kata Masyhuri.

Selain produk itu, saya juka menjalankan usaha jasa wisata “Paket Wisata Penyeberangan Gili Kondo, Petagan dan Bidara”. Usaha jasa wisata ini juga saya jalankan secara online dan saya sudah mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari usaha itu. Media promosi saya adalah Kampung Media, facebook dan grub WA. Melalu media promosi itu saya sudah banyak mendapatkan tamu dari luar daerah dan dari satu penyeberangan saja saya bisa mendapatkan keuntungan sekitar enam sampi tujuh ratus ribu. Usaha kripik dan madu yang juga saya jalnkan secara online itu juga sudah banyak memberikan saya keuntungan sehingga saya semakin termotivasi untuk mengembangkan usaha online, papar laki-laki yang tergolong senior di Kampung Media itu.

Mendengar cerita tersebut, warga kampung media yang ada di tempat itu kemudian bertukar cerita. Azmi (KM. Bawak Nao) menceritakan mengenai usaha “Kopi Tujak” yang dipasarkan seara online. Ia berkisah bahwa “Kopi Tujak” yang diperoduknya sudah dipasarkan hingga ke Malaisya, Jerman dan Inggris, serta beberapa wilayah nusantara.

Kopi Tujak yang kami produksi juga saya pasarkan secara online. Media promosi saya juga melalui Kampung Media, Facebook, Twiter, WA dan Instagram. Melalui media sosial tersebutlah sehingga kopi kami dikenal oleh publin dan kini Kopi Tujak sudah saya kirim ke Malaisya, Jerman, Inggris dan berbagai wilayah Indonesia, tegas Hajrul Azmi kepada Masyhuri dan yang lainnya.

 

Baca Juga :


Mustawa (KM. Kabar Sembalun) tidak mau kalah, ia kemudian menceritakan mengenai usaha penjualan pulsa dan rental studo music yang dikelolanya yang dimana ia juga menggunakan media promosi Kampung Media dan media sosial lainnya. Setelah memperomosikan melalui media online, usaha yang digelutinya juga semakin berkembang.

Mustiawan (KM. Bilok Petung) juga menceritakan mengenai usaha online yang dijalankannya. Ia menceritakan bahwa usaha Jual Beli Pakaian yang dilakukan melalui “Olshop” cukup lancar dan bisa membantunya dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

Asri (KM. Sukamulia) tidak kalah semangatnya menceritakan mengenai Usaha Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda “ASA GREEN” dan Serbuk Anti Siput ASA Tani yang dikelolanya bersama Badri (KM. Pohgading Timur) dan Sahlim (KM. Pondok Kerakat). Ia menceritakan bahwa usahanya itu juga dijalankan secara online, yang media promisnya menggunakan halaman Kampung Media dan akun media sosial yang dikelolanya. Usaha mereka juga sudah merambah nusantara.

Setelah bertukar cerita menegenai bisnis online mereka masing-masing, Masyhuri menawarkan kerjasama dalam memasarkan produk mereka. Bahkan ia berencana membuat satu lembaga yang ke depannya akan dijadikan sebagai tempat mengumpulkan dan memasarkan hasil produksi warga Kampung Media Lombok Timur pada khsusnya.

Tawaran itu disambut gembira oleh Warga Kampung Medai lainnya dan mereka sepakan untuk membangun jaringan usaha online yang ke depannya akan mereka pasarkan bersama-sama dan bahkan mereka berencana akan membangun Koprasi Kampung Media sebagai tempat mengumpulkan dan sarana pemasaran hasil produk mereka.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan