logoblog

Cari

NTB Bangkit Bersama GPN

NTB Bangkit Bersama GPN

Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral Republik Indonesia sedang gencar mensosialisasikan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Ini merupakan strategi Pemerintah Indonesia agar

Peristiwa

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
21 Oktober, 2018 19:49:31
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 21216 Kali

Bank Indonesia (BI) sebagai Bank Sentral Republik Indonesia sedang gencar mensosialisasikan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Ini merupakan strategi Pemerintah Indonesia agar mengurangi beban transaksi keuangan ke luar negeri dan menambah pemasukan bagi negara.

Sebanyak 32 perbankan yang ada di Provinsi NTB hadir dalam sosialisasi GPN yang diusung Perwakilan BI NTB bekerjasama dengan Dinas Kominfotik, dalam gelaran Inspiratif Expo dengan tema "NTB Bangkit Bersama GPN, Minggu (21/10) di keramaian Car free Day Udayana Mataram.

Kepala Perwakilan BI NTB Achris Sarwani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa GPN merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk menghubungkan alat pembayaran elektronik dengan perangkat transaksi pembayaran. Indonesia baru memiliki GPN setelah 20 tahun dikaji. GPN sudah resmi diluncurkan sejak Mei 2018 lalu.

"Hari ini kami hadirkan 32 bank di NTB,  untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa Indonesia telah memiliki suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional dalam satu kartu," jelas Achris Sarwani.

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib menggunakan sistem GPN dengan kartu debit GPN berlogo garuda. Sehingga masyarakat lebih muda melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko-toko.

Menggunakan kartu debit berlogo garuda ini memberikan kenyamanan kemudahan  bertransaksi dengar fitur dan layanan terstandarisasi, Efisiensi standarisasi biaya pemrosesan domestik, Kemudahan Akses kanal pembayaran yang dapat memproses seluruh kartu, Keamanan Nasional pemrosesan transaksi di dalam negeri, Data dan Informasi penyimpanan data dan informasi transaksi lebih terjaga.

Kehadiran GPN bisa memperluas layanan akses layanan sistem pembayaran melalui peningkatan interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu GPN juga bisa mendorong perluasan Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik. Memudahkan dalam menjalankan transaksi keuangan menggunakan kartu debit perbankan.

BI meminta kepada masyarakat untuk mulai menggunakan kartu debit berlogo GPN. Kartu GPN sendiri adalah kartu debit yang memiliki logo berlambang garuda.

"Kami gencar kampanye untuk  penukaran kartu berlogo GPN di seluruh wilayah Indonesia, ayo bapak dan ibu untuk menukarkan langsung di stand bank yang hadir di Carfree day pagi ini  meminta untuk mengganti kartu lama dengan kartu berlogo GPN," ajak kepala BI ini.

 

Baca Juga :


Mewakili Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, Sekda NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc, Ph.D. mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Perwakilan BI dan Dinas Kominfotik NTB atas sosialisasi dalam inovasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Yang paling penting sistem perbankan nasional ini dapat membangkitkan rasa patriotisme untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap asing. Sehingga bangsa kita mandiri. 

"Selama ini nasabah perbankan di Indonesia menggunakan sistem pembayaran yang dibuat oleh perusahaan Visa atau MasterCard sehingga uang mengalir keluar negara Indonesia, namun dengan sistem GPN semua transaksi bisa dinikmati bangsa kita," ujar Rosiady H. Sayuti.

Sistem ini merupakan inovasi Anak muda. Kreasi untuk negeri sehingga lahir anak muda yang terus berkarya. Ditangan anak muda yang punya inovasi dan kreasi program aplikasi berbasis Teknologi Informatika lahir untuk kemajuan bangsa dan negara.

Seremonial Hajatan Perwakilan BI NTB menghadirkan doorprize bagi masyarakat penikmat Carfreeday seperti sepeda, kulkas, TV, tabungan dari bank yang hadir dan hadiah hiburan lainnya. Acara ini juga di hibur Oman dgn tarian Wiranjaya dari SMAN 4 Mataran, SMEDA Percussion dari SMKN 2 Mataram.

Di akhir kegiatan ini, dilakukan penyalaan obor menandai NTB Bangkit bersama GPN. Pembagian kartu GPN kepada Sekda NTB Rosyadi Sayuti, Kapolda NTB, Kadis Kominfotik NTB, Kejari, Pimpinan BRI, Bank NTB, Bank Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, Danrem 162/WB. (Edy).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan