logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media di Selaparang TV

Kampung Media di Selaparang TV

KM. Sukamulia – Berawal dari keberhasilan Warga KM. Sukamulia dan KM. Pohgading Timur dalam melaksanakan berbagai program pembangunan desa, Reporter Selaparang

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
07 November, 2018 23:48:14
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3434 Kali

KM. Sukamulia – Berawal dari keberhasilan Warga KM. Sukamulia dan KM. Pohgading Timur dalam melaksanakan berbagai program pembangunan desa, Reporter Selaparang TV mengunjungi warga Kampung Media dengan tujuan untuk melakukan liputan yang akan ditayangkan dalam salah satu program acara Selaparang TV dengan tajuk “Cerita dari Desa”.

Senin (05 Oktober 2018), Reporter Selaparang TV beserta 5 orang crew-nya mengunjungi warga Kampung Media yang ada di Desa Pohgading Timur, yakni warga KM. Sukamulia, KM. Pohgading Timur dan KM. Pondok Kerakat. Kunjungan itu bertujuan untuk meliput berbagai kegiatan warga Kampung Media tersebut dalam usaha membangun desa-nya, yakni Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Reporter program Cerita dari Desa (Ayu) mendapatkan informasi mengenai aktifitas membangun desa yang dilakukan oleh warga Kampung Media di Desa Pohgading Timur dari teman seprofesinya di Selaparang TV (Ratna) yang bulan lalu telah meliput Badri (pengelola KM. Pohgading Timur) dengan karyanya berupa ASA GREEN dan Serbuk Anti Suput ASA dengan tema acara “Cerita dan Cita” dengan judul “Mimpi Profesor Kecil”.

Kali ini, tim reportase Selaparang TV ini ditugaskan meliput untuk tayangan program “Cerita dari Desa”. Sepanjang liputan itu, Ayu mewawancara pengelola KM. Sukamulia seputar apa dan bagimana Kampung Media secara umum dan berbagai kegiatan KM. Sukamulia, KM. Pohgading Timur dan KM. Pondok Kerakat dalam gerakan membangun desa-nya (Desa Pohgading Timur).

Liputan dimulai dari kediaman pengelola KM. Sukamulia, dilanjutkan ke Ekowisata Kampung Media dan berahir di Pantai Pondok Kerakat Desa Pohgading Timur yang merupakan bagian dari kegiatan warga Kampung Media dalam melaksanakan program pembangunan desa, khusunya dalam aspek pariwisata. Liputan itu berlangsung sekitar 2 jam, yang dimulai sejak pukul 09. 40 wita hingga pukul 12.30 wita.

Saat liputan dilakukan di kediamannya, pengelola KM. Sukamulia dan KM. Pohgading Timur menceritakan tentang Kampung Media secara umum, yakni Kampung Media merupakan Portal Jurnalisme Warga NTB yang awalnya dibangun pada tahun 2008 dengan Fairuz Abadi alias Abu Macel selaku Kepala Kampung-nya.

Kepada tim liputan Selapatang TV itu juga diceritakan bahwa Kampung Media merupakan media membangun NTB yang telah mendapatkan prestasi atau penghargaan dari USO Award dan telah mendapatkan 9 Top Inovasi Nasional. Diceritakan juga bahwa Kampung Media adalah Media Sosial warga NTB yang memiliki banyak kanal yang memberikan keleluasaan kepada warganya untuk bercerita apapun di kanal yang tersedia dengan bahsa tulis yang tidak dibatasi oleh EYD namun tidak mengandung sara dan unsur propokasi.

Ayu juga menanyakan mengenai apa tujuan awal dibentuknya Kampung Media. Untuk pertanyaan itu, Pengelola KM. Sukamulia menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya Kampung Media adalah sebagai media membangun NTB dan merubah budaya bertutur warga NTB menjadi budaya menulis. Warga Kampung Media itu-pun memaparkan mengenai berbagai hal tentang Kampung Media, termasuk program Pasar Kampung Online yang sedang digarapnya sebagai media promosi dan jual beli barang-barang hasil karya warga NTB dan usaha jasa yang mereka lakukan di kampung masing-masing.

Pengelola KM. Sukamulia juga menceritakan mengenai beberapa penghargaan yang telah diterimanya selama menjadi warga Kampung Media. Diceritakan juga mengenai kunjungan para gubernur dari berbagai daerah yang datang ke Lombok untuk belajar mengenai pengelolaan Kampung Media serta apresiasi dari Menteri Kominfo (Rudiantara) terhadap aktifitas warga Kampung Media yang ada di seluruh wilayah NTB.

Setelah liputan dilaksanakan sekitar 30 menit di kediaman pengelola KM. Sukamulia, reporter Selaparang TV tersebut mengajak warga Kampung Media tersebut untuk melanjutkan liputan di tempat yang merupakan bagian dari hasil kegiatannya dalam program membangun desa. Liptan berikutnya dilaksanakan di Ekowisata Kampung Media yang ahir-ahir ini cukup buming dengan Taman Bela Negara dan beberapa spot poto-nya.

Di Ekowisata Kampung Media, Ayu mempertajam pertanyaan mengenai kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh Kampung Media terutama dalam kegiatan pembangunan di Desa Pohgading Timur. terkait dengan hal itu, pengelola KM. Sukamulia menceritakan bahwa selama ini Kampung Media beserta ASA Community telah melaksanakan beberapa kegiatan dalam bidang sosial, pendidikan, inovasi pertanian dan pariwisata.

Diceritakan bahwa dalam bidang sosial, Kampung Media beserta ASA Community sudah melaksanakan program nasionalisme dan berbagai program religius dengan tujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme warga serta meningkatkan aktifiatas religius warganya dan salah satu penghargaan yang diperoleh dalam bidang nasionalisme adalah Penghargaan dari Kominfo RI dalam Lomba Hias Gapura Asean Game.

 

Baca Juga :


Dalam bidang Inovasi Pertanian, KM. Pohgading Timur dan ASA Community telah menciptakan Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda ASA GREEN dan Serbuk Anti Siput yang atas kariya itu pengelola KM. Pohgading Timur telah mengharumkan nama desa bahkan daerahnya dengan prestasi sebagai Juara Tiga Pemuda Plopor Nasional Tahun 2017 dan sebagai Finalis Satu Indonesia Award 2018. Kegiatan tersebut juga sangat membantu petani sekitar dalam proses produksi pertaniaan mereka.

Dalam bidang pendidikan, pengelola KM. Sukamulia yang sekaligus merupakan pemilik Ekowisata Kampung Media berkisah bahwa Kampung Media dan ASA Community telah membentuk Natural School dengan program kursus bahasa inggris geratis, pembelajaran sejarah lokal dan pariwisata. Selanjutnya dalam bidang pariwisata diceritakan bahwa Kampung Media telah membangun objek wisata Pantai Pondok Kerakat sejak awal tahun 2018 dan Ekowisata Kampung Media yang dibangun sejak Mei 2018.

Usaia liputan di Ekowisata Kampung Media, lipuran dilanjutkan ke Pantai Pondok Kerakat yang berlokasi tidak jauh dari Ekowisata Kampung Media. Liputan yang dilaksanakan di Pantai Pondok Kerakat membahas seputar pembangunan objek wisata tersebut dan andil Kampung Media dalam proses pembangunannya.

Terkait dengan hal itu, pengelola KM. Sukamulia yang sekaligus sebagai Ketua Pengelola Objek Wisata Pantai Pondok Kerakat menceritakan bahwa awal mula dibangunnya objek wisata Pantai Pondok Kerakat adalah atas inisiatif warga Kampung Media dan ASA Community. Atas ide dan gerakan yang mereka lakukan maka Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur menyarankan mereka untuk membentuk Pokdarwis dan hal itupun dikonsultasikan dengan Kepala Desa Pohgading Timur sehingga terbentuklah Pokdarwis Pondok Kerakat yang digawangi oleh warga Kampung Media.

Pengelola KM. Sukamulia itu juga menceritakan bahwa pada awal dibukanya objek wisata tersebut, Kepala Kampung Media NTB (Fairuz Abadi) berkunjung ke lokasi dan memberikan support kepada mereka untuk semakin giat mengawal pembangunan wisata tersebut sehingga mereka berhasil menjalin kerjasama dengan Kadispar Lotim dan ahirnya mendapatkan gelontoran dana sekitar 1 milyar untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung objek wisata tersebut.

Di ahir liputannya, tim reportase Cerita dari Desa Selaparang TV menegaskan bahwa warga Kampung Media memang benar-benar kreatif dan patutlah jika dikatakan bahwa Kampung Media benar-benar Meida Membangun NTB sebab warganya tidak tanggung-tanggung dalam melaksanakan berbagai program pembangunan di desa mereka masing-masing sebagaimana yang dilakukan oleh Kampung Media di Desa Pohgading Timur. Reporter dan crew Selaparang TV yang berkunjung pada hari itu bahkan tertarik untuk mempelajari dan ikut nimbrung di Kampung Media.

Warga dan pencinta Kampung Media yang kami banggakan, demikianlah informasi singkat yang dapat kampi sampaikan mengenai lipuran Selaparang TV terhadapa warga Kampung Media di Desa Pohgading Timur dengan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan di desa mereka yang kemudian dipublikasikan melalui halaman blog Kampung Media NTB dan pada ahirnya mereka selalu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak sehingga kegiatan yang mereka laksanakan cukup berhasil membangun kehidupan warga desa mereka.

Hasil liputan tersebut akan ditayangkan di chanel Selaparang TV dan dishare di Youtube. Kita tunggu tayangannya. Kami berharap dengan ditayangkannya liptan ini akan semakin menggaungkan nama Kampung Media di kalangan masyarakat Lotim pada khusunya dan mayarakat NTB pada umumnya. Terimakasih atas kunjungannya dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan