logoblog

Cari

Musim Hujan Tiba, Petani Mulai Semai Bibit Padi

Musim Hujan Tiba, Petani Mulai Semai Bibit Padi

KM_RENSING BAT_Hujan mulai turun sejak tiga hari lalu di wilayah desa Rensing Bat khususnya, Dengan demikian kesibukan petani jauh pasca tembakau

Peristiwa

KM_Rensing Bat
Oleh KM_Rensing Bat
01 Desember, 2018 11:32:52
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 5984 Kali

KM_RENSING BAT_Hujan mulai turun sejak tiga hari lalu di wilayah desa Rensing Bat khususnya, Dengan demikian kesibukan petani jauh pasca tembakau berkhir mulai terlihat dengan di mulainya persemaian bibit padi untuk musim tanam di musim penghujan tahun 2018-2019.

Dari peninjauan pemberita di areal persawahan masyarakat petani yang berada di tiga dusun di Desa Rensing Bat pada hari Kamis, 30/11/2018, terlihat tempat-tempat pesemaian pada sawah warga terisi benih padi bahkan ada yang sudah terlihat menghijau kemungkinan pesemaian di lakukan lebih awal sebelum hujan lebat mengguyur.

Salah seorang warga di Dusun Timuk Rurung, H. Nasruddin yang sawahnya berada di bagian selatan dan paling ujung dari saluran irigasi mengaku sebelumnya tidak pernah menyangka kalau masyarakat sudah mulai Ngampar, saya sibuk mengurus pekerjaan Renopasi di mushalla yang sedang giat di kerjakan dan bila saya datang ke sawah semua orang sudah menyiapkan tempat penyemaian bibit, akhirnya saya pun harus ikut membuat penyemaian dan menabur benih, cerita H. Nas saat bersama pemberita di sawahnya pagi Sabtu, 1/12/2018.

Lain halnya dengan Saroan warga asal Dusun Rensing Bat yang sawahnya bersebelahan dengan sawah H.Nas di Dusun Timuk Rurung mengaku, Saya sudah membuat pesemaian jauh sebelum hujan turun sebagai persiapan, Menurut saya sebenarnya waktunya masih panjang, masih ada keraguan hujan ini tidak normal karena menurut pengalaman tahun-tahun sebelelumnya, seminggu hujan turun dengan lebat setiap hari dan setelah seminggu panaspun kembali datang sedangkan benih yang sudah kita tebar mulai tumbuh dan sangat membutuhkan air akhirnya kering karena kekurangan air. Keadaan ini terpaksa harus kita ikuti karena kalau tidak akan ketinggalan jauh dengan mereka yang lebih dulu melakukan pesemaian, Akuinya pada pemberita Kamis, 29/11/2018 kemarin.

Keberanian para petani melakukan persemaian walau hujan belum tentu berlanjut membuat pengurus P3A dan pekasih harus mengawasi penyaluran air mulai sekarang agar bila waktu air sangat di butuhkan oleh para petani nantinya, petani tidak lagi kesulitan untuk mendapatkannya, Demikian yang di sampaikan kepala desa Rensing Bat saat di tanya berkaitan aktifitas warganya di musim hujan tiba.

 

Baca Juga :


Kades berharap, Air yang datang dari dam pandan duri harus tetap ada dan di awasi agar penyalurannya tepat sasaran di saat masyarakat sangat membutuhkan di waktu-waktu sedang melakukan persemaian benih padi, Harap kades menutup jawaban dari pertanyaan pemberita, 2/12/2018. (a_m)

Sumber : www.rensingbat.desa.id



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan