logoblog

Cari

Bentuk Tim Kampung Siaga Bencana, Dapat Bantuan Rp 100 Juta

Bentuk Tim Kampung Siaga Bencana, Dapat Bantuan Rp 100 Juta

Pemerintah kabupaten Lombok Timur mengapresiasi langkah pemerintah provinsi melalui  Dinas Sosial Provinsi NTB yang telah membentuk Tim Kampung Siaga Bencana. Sebanyak

Peristiwa

Suparman
Oleh Suparman
05 Desember, 2018 11:48:28
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4539 Kali

Pemerintah kabupaten Lombok Timur mengapresiasi langkah pemerintah provinsi melalui  Dinas Sosial Provinsi NTB yang telah membentuk Tim Kampung Siaga Bencana. Sebanyak 200 orang dari berbagai unsur masyarakat Desa Madayin, Kecamatan Sembalia, Kabupaten Lombok Timur berhasil dilatih secara intensif oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kementerian Sosial RI selama tiga hari sebelum acara inti puncak peringatan digelar.

Jika pemerintah provinsi memberi apresiasi kepada masyarakat Desa Madayin atas terselenggaranya puncak kesetiakawanan di desa madayin sekaligus membentuk Tim Kampung Siaga Bencana, maka pemerintah kabupaten Lombok Timur juga akan memberikan perhatian kepada masyarakat desa setempat.

“Insaallah dalam bentuk apapun kita wujudkan, yang penting jumlah sekitar Rp 100 juta. Kita akan rundingkan dengan kepala desa, panitia pengawas desa, lembaga ketahanan masyarakat desa serta anggota yang tergabung dalam tim siaga bencana. Mudah-mudahan bantuan itu nantinya dapat bermanfaat dalam menanggulangi bencana yang terjadi,” ungkap Bupati Lombok Timur, Drs H. M. Sukiman Azmi saat memberikan arahan kepada Tim Kampung Siaga Bencana di Lapangan umum Desa Madayin, Selasa (4/12). 

Simulasi telah dilakukan oleh tim siaga bencana upaya kesiap-siagaan pada tingkat desa. Dari penyelamatan korban terluka hingga menyiapkan tenda-tenda dengan cepat, sehingga korban-korban bencana cepat ditangani dengan baik.

“inilah kader-kader terbaik yang kita banggakan. Jika terjadi bencana maka kita sudah menyiapkan kawan-kawan kita yang akan membantu masyarakat,” tegas Sukiman.

Keberadaan Siaga Bencana ini tetap menjadi barisan terdepan dalam menanggulangi jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, terutama bencana alam. Terbentuknya Tim Kampung Siaga Bencana ini, diharapkan mampu menjalankan tugas dengan sabar dan ikhlas. 

 

Baca Juga :


“Karena kegiatan orang-orang dalam tim ini, lebih mengedepankan panggilan jiwa untuk meringankan beban orang lain yang sangat membutuhkannya,” harapnya.

Selain itu, Sukiman juga menjelaskan bahwa trauma healing masyarakat Madayin sudah dilakukan dengan berjalan Bersama, beryanyi bersama menghilangkan duka merubahnya desa cita rasa kebahagiaan. “alhamdulillah kami bersama masyarakat menikmatinya,” tambahnya.

Terselenggaranya kegiatan di Desa Madayin ini. Ia sangat berharap kepada masyarakat Madayin tetap semangat untuk menjalani hidup penuh dengan kesabaran tanpa harus mengingat kembali musiba gempa yang terjadi. Perhatian pemerintah maupun masyarakat lain tak pernah berhenti meskipun musibah telah berlalu dengan jauh. Semua ini dilakukan betapa pedulianya mereka untuk melihat masyarakat korban gempa bumi segera bangkit dari keterpurukan. 

Selanjutnya, mewakili masyarakat Lombok Timur khususnya masyarakat Desa Madayin. Sukiman menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Provinsi NTB atas terselenggaranya puncak peringatan hari Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial (BBKS) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang dirangkaikan dengan Bhakti Sosial HUT ke 60 Provinsi NTB sekaligus meng-Launching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018 di Lapangan umum Desa Madayin. (Man/Aan)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan