logoblog

Cari

Pemerintah Targetkan Tuntas Tiga Bulan

Pemerintah Targetkan Tuntas Tiga Bulan

Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo menegaskan pembangunan hunian tetap korban gempa ditargetkan selesai seluruhnya dalam tiga bulan ke depan. "Kita lakukan

Peristiwa

Suparman
Oleh Suparman
19 Januari, 2019 09:36:59
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3400 Kali

Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo menegaskan pembangunan hunian tetap korban gempa ditargetkan selesai seluruhnya dalam tiga bulan ke depan.

"Kita lakukan secepat mungkin, karena ini sudah memasuki bulan ketujuh. Saya berfikir masalah sosial akan muncul kalau terlalu lama," tegasnya.

Segenap kekuatan akan dikerahkan, agar pembangunan ini segera selesai kurang dari tiga bulan. Penambahan personil dari TNI dan Polri terus ditingkatkan baik sebagai pedamping fasilitator atau pendukung lainnya.
Kepastian untuk percepatan harus dikuatkan lagi dengan sinergitas dan kerja sama.

Terkait dengan hambatan-hambatan yang ada, tim PUPR, TNI, POLRI diminta untuk lebih intensif berkoordinasi dengan pemerintah daerah maupun BNPB. 

"Besar harapan kami juga untuk mendorong masyarakat agar lebih bergairah dalam bekerja sama. Sehingga perlu ada pendekaran khusus oleh anggota dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan hablum minannas (hubungan antar sesama). Tanpa gotong royong semua akan sulit dengan keterbatasan yang ada," harap Doni Monardo

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah juga berharap dalam percepatan ini, koordinasi antara semua pihak sangat penting untuk mengukur sejauh mana progres yang telah dilakukan, termasuk pencairan dana korban yang harus diinformasikan kepada masyarakat. Pemerintah pusat, daerah, kabupaten kota serta masyarakat agar bersama-sama memperkuat komunikasi yang intensif. Sehingga informasi yang diharapkan oleh masyarakat luas dapat diterima dengan baik. 

"Karena masih banyak masyarakat yang belum memahami informasi secara utuh, baik dana bantuan progres pembangunan yang telah dilaksanakan," sebut Gubernur.

 

Baca Juga :


Sejauh ini, TNI telah mengerahkan 1500 tenaga fasilitator gabungan prajurit dan sipil yang disebar ke seluruh kabupaten kota yang terdampak. Sehingga tidak ada lagi yang saling menunggu dalam proses percepatan ini.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah menjelaskan untuk anggaran 3,5 Trilyun telah ditransfer ke 159 ribu rekening masyarakat. Kebutuhan rehab rekon rumah korban sekitar 5,6 Trilyun. Baru 3,5 trilyun yang  ditransfer "Namun segera kita usulkan lagi sisanya. Supaya cepat kita proses," jelasnya. 

Dari perkembangan yang ada, sudah ada pilihan terkait dengan tipe-tipe rumah yang dibangun. Sehingga tidak hanya fokus pada satu tipe rumah saja. Adapun tipe rumah yang ditawarkan yaitu, RISHA, RIKA, RIKO, RCI dan RISBA.

Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Rehabilitas dan Rekonstruksi rumah pasca gempa di Ruang Rapat Utama kantor Gubernur NTB, Mataram (18/1) yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Doni Monardo didampingi oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah.
Rapat Koordinasi ini, melibatkan seluruh pimpinan stokeholder daerah maupun pusat serta pemerintah kabupaten kota  se NTByang terdampak gempa. (Man)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan