logoblog

Cari

Raker FKUB Kota Bima

Raker FKUB Kota Bima

Kota Bima, KM. Pergantian pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima Periode 2019 – 2024 telah dilakukan pada 11/01/2019 silam.

Peristiwa

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
19 Februari, 2019 15:01:49
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1598 Kali

Kota Bima, KM. Pergantian pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima Periode 2019 – 2024 telah dilakukan pada 11/01/2019 silam. Ketua FKUB terpilih secara aklamasi, yakni Drs. Mahmud, SH. Oleh karena itu, hari ini (19/02/2019) untuk pertama kalinya rapat pelaksanaan penyusunan program kerja pengurus FKUB Kota Bima Periode 2019 – 2024.   

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari (19/02 – 20/02/2019) bertempat di Aula FKUB Kota Bima. Peserta rapat berjumlah 23 orang, terdiri dari beberapa unsur pemerintah, seperti: Kepala Kesbangpol Kota Bima, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, unsur Lembaga Keagamaan, juga tokoh lintas agama Kota Bima.

Raker dibuka oleh Walikota Bima yang di wakili oleh Kepala Kesbangpol Kota Bima,  Drs Achmad Fathoni. FKUB telah terbentuk di 34 provinsi dengan perincian 400 kabupaten dan 98 kota. FKUB Kota Bima merupakan panutan bagi FKUB provinsi dan kabupaten/kota yang lainnya. Sehingga diharapkan dapat mempertahankan kualitas penilaian dengan mengembalikan marwah FKUB.   

FKUB begitu dinamis, sehingga konsolidasi antara pengurus itu sangat penting. Diperlukan kearifan lokal dengan cara membangun komunikasi yang jelas. Pembinaan SDM sangat penting. Kembalikan ke jalur yang tepat untuk keberadaan FKUB”, urai Achmad Fathoni.   

Pemerintah daerah, lanjut Kesbangpol, wajib melaksanakan tugas negara, salah satunya adalah adanya kegiatan FKUB. Pemerintah daerah diberikan pelaksanaan untuk mengelola sebagian dari tugas negara. Apalagi pemerintah daerah sudah menganggarkan dana. FKUB harus mampu menjaga netralitas serta berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu Pilpres. Maka tercipta kedamaian dan ketenangan jelang Pemilu Pilpres dan Pemilu Legislatif.   

Ada laporan pertanggungjawaban yang jelas sesuai tugas FKUB. Harus ada konsolidasi sebagai penguatan kelembagaan. Ajak diskusi dengan pimpinan daerah dan dewan-dewan pembina dengan menyiapkan agenda-agenda yang tepat”, jelas Ahmad.

 

Baca Juga :


Kesbangpol juga menyinggung bahwa FKUB berfungsi melakukan pengawasan dan laporan mengenai kerukunan antar umat beragama serta pengaturan terkait perizinan pendirian rumah ibadah. FKUB juga harus bergandengan dengan Dewan Pakem, seperti pendirian tempat ibadah. Sehingga diharapkan FKUB dapat berperan aktif dalam meningkatkan deteksi dini dan meredam konflik di daerah.

Drs. Mahmud, SH, Ketua FKUB Kota Bima dalam laporan menjelaskan, raker ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Walikota Bima terkait FKUB. FKUB berfungsi menyalurkan aspirasi umat beragama di Kota Bima.  (NR)

 



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan