logoblog

Cari

Bangkitkan Lombok, Posko Jenggala Bangun Ratusan Huntara

Bangkitkan Lombok, Posko Jenggala Bangun Ratusan Huntara

Kebangkitan Lombok pasca gempa tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Posko Jenggala. Relawan kemanusiaan Posko Jenggala sejak awal telah banyak membantu para

Peristiwa

KM-Lereng Rinjani
Oleh KM-Lereng Rinjani
25 Maret, 2019 22:08:53
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 629 Kali

Kebangkitan Lombok pasca gempa tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Posko Jenggala. Relawan kemanusiaan Posko Jenggala sejak awal telah banyak membantu para korban gempa Lombok. Mulai sejak penyaluran logistik hingga membangun ratusan hunian sementara (Huntara) bagi masyarakat terdampak gempa. 

Dalam bekerja, Posko Jenggala menghimpun berbagai sumber donasi baik individu maupun perusahaan. Salah satunya Prudential. Salah satu perusahaan internasional yang memiliki kepedulian kemanusiaan bagi korban gempa Lombok. 

Huntara yang dibangun terbuat dari bambu dan kayu. Mereka mampu membangun 135 huntara di Dusun Boyotan Proyek, Desa Gumantar. Sedang di Dusun Boyotan Asli, Desa Gumantar, kini tengah dibangun 102 unit Hunters. Selain itu, pembangunan Huntara juga dibangun Di sejumlah titik seperti Pemenang dan Teluk Nara.

Koordinator Posko Jenggala, Andi Sahrandi atau yang biasa dikenal Babe panggilan warga boyotan proyek dan boyotan asli. Ia mengatakan pembangunan hunian tetap ini dengan konsep gontong royong bersama-sama dengan masyarakat yang ingin dibangun rumahnya.

"Kita hanya membantu, dan sebagai pelengkap saja, dan ikut langsung mengerjakan bangunan rumah,"jelasnya disela-sela kesibukannya kemarin di posko Jenggala Gumantar, minggu 24/3.

Diharapkan setelah selesai pembangunan ini, masyarakat setempat bisa bangkit lagi dan kembali normal seperti biasanya dengan aktivitas masyarakat masing-masing.

Sementara, Jumawal Kepala Dusun Boyotan Asli, mengatakan keberadaan tim Posko Jenggala sangat membantu dalam pembangunan rumah hunian warga yang tertimpa gempa. Jika menunggu dari pemerintah walaupun ada dana tapi prosedurnya ribet yang justru menyulitkan warga.

 

Baca Juga :


"Alhamdulillah, kami sangat senang relawan posko jenggala di KLU yang terpusat di desa Gumantar yang jarang disentuh oleh relawan lain atau pemerintah karena keberadaan dusun yang jauh yang sulit dijangkau,"ungkapnya terharu.

Senada dengan yang dikatakan oleh Khairuni. Ia mengatakan rasa syukur tak terhingga atas kepedulian relawan Posko Jenggala. 

 "Kami sebagai perempuan hanya bisa memberikan jamuan seadanya, mengingat setelah gempa banyak kehilangan pekerjaan, karena rata-rata masyarakat disini petani. Namun setelah gempa air untuk mengairi sawah mereka kering akibat longsor membuat saluran air terputus,"ungkapnya terharu.

Keberadaan tim Posko Jenggala sangat memberi dampak luar biasa bagi masyarakat. Karena dengan keberadaan mereka, seperti satu keluarga sudah biasa bergaul dengan masyarakat setempat.

"Kami hanya berdoa semoga mereka dan babe diberikan umur panjang sehat selalu,"urainya.(Lel)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan