logoblog

Cari

Upaya Khusus Tentara Bagi Petani

Upaya Khusus Tentara Bagi Petani

Serda M Agung Prasetyo dan Kopda E Tambunan nampak cekatan  membersihkan gulma (tanaman pengganggu) di areal persawahan warga. Kedua tentara itu

Peristiwa

suryadi jamie
Oleh suryadi jamie
09 April, 2019 22:29:14
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4760 Kali

Serda M Agung Prasetyo dan Kopda E Tambunan nampak cekatan  membersihkan gulma (tanaman pengganggu) di areal persawahan warga. Kedua tentara itu adalah Bintara Pembina Desa atau Babinsa dari Koramil 20/Pangaribuan Kodim 0210/TU.

Keduanya sedang melakukan pemantauan tanaman padi milik Saudara OP Setiya di Desa Lumban Sinaga Kec. Pangaribuan Kab. Tapanuli Utara. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan padi diwilayah desa binaan Koramil 20/pangaribuan sehingga dapat diprediksi ketersediaan akan kebutuhan beras 2-3 bulan kedepan.

Kapten Arm Paian Silalahi selaku Danramil 20/Pangaribuan Kodim 0210/TU ditempat terpisah juga mengatakan pemantauan oleh anggota nya ini untuk memprediksi ketahanan pangan kedepan khusus nya di kec. Pangaribuan. Dengan ada nya pemantauan langsung ke lokasi sawah ini bisa memberi solusi kedepan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan mengganggu panen.

Sebagai wujud nyata kedekatan TNI dan masyarakat dalam mendukung program swasembada pangan, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menggiatkan Upaya Khusus (Upsus) Pendampingan. Melalui para Babinsa, Upsus telah banyak membantu para petani dalam meningkatkan produksi pertanian terutama padi. Keterlibatan Babinsa diharapkan mampu meningkatkan produktitas pertanian, khususnya padi, selain itu menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian.

 

Baca Juga :


Peran Babinsa dalam UPSUS (Upaya Khusus) dalam meningkatkan produksi padi adalah sebagai Komunikator, Fasilitator, Advisor, Motivator, Edukator, Organisator dan Dinamisator melalui Pengawalan dan Pendampingan Pertanian dengan Petani atau Kelompok Tani. Pendampingan yang dilakukan Babinsa dibantu pula oleh Penyuluh Pertanian Lapangan, mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai dengan panen. Babinsa juga mengajak petani supaya segera melaksanakan pengolahan tanah untuk masa tanam berikutnya, sehingga sawah petani dapat ditanami kembali

Padi merupakan salah satu komoditi utama selain Jagung dan Kedelai yang menjadi prioritas utama pemerintah dikarenakan padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Berkembangnya industri pangan dan pakan menjadikan padi dari sisi Ketahanan Pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis. (jm-timedia)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan