logoblog

Cari

Euforia "Pesta Rakyat"

Euforia

Tidak seperti hari Rabu biasanya, Rabu ini tepatnya tanggal 17 April 2019 menjadi sangat berbeda. Hari ini akan ada seseorang menjadi

Peristiwa

Abd. Hanan Mirwan
Oleh Abd. Hanan Mirwan
17 April, 2019 21:29:32
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 5389 Kali

Tidak seperti hari Rabu biasanya, Rabu ini tepatnya tanggal 17 April 2019 menjadi sangat berbeda. Hari ini akan ada seseorang menjadi senang, sedih, serta sedikit kecewa bercampur menjadi satu dalam euforia "Pesta Rakyat". Tidak sedikit yang merasa tegang juga.

Hari ini adalah hari ketika rakyat Indonesia menggunakan hak pilihnya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota. Setidaknya ada 192.866.254 pemilih di tahun 2019 ini. Di dalam negeri tercatat 190.779.969 pemilih, sedangkan di luar negeri tercatat 2.086.285 pemillih. Dengan penambahan jumlah pemilih, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ikut bertambah. Total TPS di dalam negeri berjumlah 809.699 TPS. Sementara itu, di luar negeri ada juga TPS. Dua metode lainnya, yaitu kotak suara keliling (KSK) berjumlah 2.326, dan pos sebanyak 426. (sumber : KPU RI).

Dari 190.779.969 pemilih di Indonesia, Provinsi NTB tercatat 3.667.775 pemilih. Diantaranya 1.801.219 pemilih laki-laki dan 1.866.556 pemilih perempuan, jumlah tersebut berdasarkan DPTHP3 pertanggal 3 April 2019  yang dirilis oleh KPU NTB.

Pulau Lombok, sejak Selasa kemarin,  euforia pesta rakyat itu mulai terasa. Lalu lalang kendaran sangat ramai dari arah Mataram menuju Labuan Lombok lebih dari biasanya. Beberapa titik sempat terjadi kemacetan. Pemicunya tak lain adalah para pegawai, dosen, mahasiswa, dan pedagang yang merantau ke kota Mataram untuk mencari rejeki. Kebanyakan dari mereka berkendara pulang kampung untuk menggunakan hak pilih. Antusiasme yang baru pertamakali terjadi dalam sejarah Pemilu di era reformasi. Secara nasional partisipasi pemilih itu juga mencatat angka 80 %. Sangat tinggi. Dan semua itu demi demokrasi. Demi pemimpin baru Indonesia.

"Saya sedang istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalan pulang, saya berjualan roti bakar di Mataram dan akan pulang ke Pringgabaya untuk memilih", kata Ihsan (25) yang kedapatan sedang minum es kelapa muda di pinggir jalan jurusan Kopang-Masbagik.

Berbeda dengan Ihsan, Jupri (20) mengaku momen libur selalu menggembirakan baginya. "Besok selain pemilihan, saya bisa bertemu dengan kekasih saya" ungkapnya sambil tersenyum tersipu malu menunjukkan antusiasme itu.

Diberbagai TPS di seluruh Provinsi NTB, beberapa TPS didekorasi dengan gaya arsitektur berbeda, dari berbahan besi hingga kayu dalam pembangunannya. Di Desa Senyiur, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur lebih memilih menggunakan bambu sebagai tiang dan terpal sebagai atap dalam membangun TPS, serta setiap panitia diharuskan menggunakan Pakaian Adat dalam berjalannya proses pemilihan. Di desa Senyiur sendiri, terdapat 3 dusun yaitu dusun Senyiur, Tambun dan Penendem yang keseluruhannya berjumlah 14 TPS dengan jumlah pemilih 2.810 orang.

 

Baca Juga :


"Diharapkan masyarakat yang memilih di desa Senyiur menggunakan hak pilihnya, tidak sampai golput karena kita memilih untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin kita 5 tahun kedepan. Tentukan pilihan dengan hati nurani sendiri", ungkap Kepala Desa Senyiur, Muhaji S.Pt dalam pembukaan Pemilihan di TPS 06 di dusun Senyiur pagi tadi (17/4/2019).

Selain Kades Senyiur dan warga yang antusias dengan pemilihan kali ini, Marjun (39) menegaskan "90 % pemilih tidak memiliki kendala dalam proses pemungutan suara kali ini, hanya orang tua jompo saja yang perlu di bimbing, tapi kita bersyukur bahwa kondisi pemungutan suara berjalan aman dan tenteram" ungkap lelaki yang berprofesi sebagai Guru Agama yang juga saksi salah satu Caleg disana.

"Belum, masih lama! Sampai saat ini proses penghitungan masih terus berlanjut, kita harus sabar menunggu", terang Marjun ketika Papuq Enet bertanya terus menerus usai mencoblos tentang siapa calon Presiden pemenang.

(Abdoel Hanan - tim media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan