logoblog

Cari

Kodim 1606/Lobar Gelar Komsos Ideologi Pancasila

Kodim 1606/Lobar Gelar Komsos Ideologi Pancasila

Kodim 1606/Lobar Perkuat Pertahanan Rakyat Semesta, Gelar Komsos Ideologi Pancasila, Dengan Masyarakat Dan Media . Kampungmedia Mataram - Salah satu sistem

Peristiwa

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
04 Mei, 2019 13:20:48
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali

Kodim 1606/Lobar Perkuat Pertahanan Rakyat Semesta, Gelar Komsos Ideologi Pancasila, Dengan Masyarakat Dan Media .

Kampungmedia Mataram - Salah satu sistem kewaspadaan Nasional TNI, Yakni dengan memperkuat sistem  pertahanan Semesta sebagai salah satu strategi andalan TNI dalam pengawasan wilayah teritorial NKRI .
Ideologi Pancasila, selain sebagai falsafah , juga sebagai perekat pemersatu bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Menanamkan Ideologi Pancasila sebagai benteng pertahanan rakyat semesta, takkan tumbuh subur bila tak dipupuk dengan komunikasi dan silaturrohmi yang terus teragenda secara berkesinambungan, antara TNI, dan komponen masyarakat sebagai urat nadi paling ujung dalam kehidupan bernegara.
Dalam rangka memperkuat Ideologi Pancasila tersebut, Kodim 1606/Lobar kembali menggelar Komunikasi sosial dengan komponen masyarakat, dan sejumlah media, di Makodim 1606/Lobar, Jum'at 3 Mei 2019 .

Dandim 1606/Lobar, Letkol Czi, Djoko Rahmanto, SE, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf. Harry Mujiono, yang intinya menjelaskan bahwa, Komsos tersebut mengusung tema "Melalui Silaturrohmi dengan komponen masyarakat, Kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, dan kesadaran berbangsa dan bernegara, dalam rangka membantu kesulitan rakyat serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.

Silaturrohmi sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter), sebagai wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan keeratan hubungan dengan seluruh komponen masyarakat.

Penyampaian kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan peran dan tugas TNI AD dalam membantu pemerintah untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan dalam menghadapi hakikat ancaman yang mungkin timbul, sesuai dengan UU RI no 34 th 2004, tentang TNI sebagai abdi negara dibidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya, berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara .

Peran tersebut  dilaksanakan melalui tugas pokok TNI dalam menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

 

Baca Juga :


Acara tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi berupa perkenalan Pangkasad TNI 2018 dan dasar dasar kewaspadaan terhadap kemungkinan bahaya yang mengancam setiap saat, oleh Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf. Harry Mujiono.

Selanjutnya materi tentang peran dan fungsi Babinsa oleh Pabung KLU, Kapt. Inf. W. Dirga, SH.
Pemaparan tentang Ideologi Pancasila Disampaikan Oleh Perwira Seksi Teritorial, Kapt. Inf. AA, Gede Budiana.

Acara yang dihadiri ratusan komponen masyarakat tersebut berlangsung hingga pukul 11.00, dengan antusias tinggi hingga memancing diskusi dan dialog seputar pengamalan Butir Butir Pancasila .

Tak hanya sampai disitu, Komsos tersebut digelar secara masif hingga ke seluruh jajaran koramil wilayah Kodim 1606/Lobar .(N3G)

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan