logoblog

Cari

Pemuda Dasan Baro Melakukan Pemberdayaan Dengan Suport Anggaran Desa

Pemuda Dasan Baro Melakukan Pemberdayaan Dengan Suport Anggaran Desa

Kelompok Pemuda Dasan Baro, Desa Karang Bajo – Bayan yang memang sudah tergabung dalam kegiatan Ruang Ramah Anak pasca Gempa yang

Peristiwa

SAB & MAPAN
Oleh SAB & MAPAN
26 Mei, 2019 16:50:36
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 3485 Kali

Kelompok Pemuda Dasan Baro, Desa Karang Bajo – Bayan yang memang sudah tergabung dalam kegiatan Ruang Ramah Anak pasca Gempa yang menimpa Lombok tahun 2018 lalu kini melakukan kegiatan pemberdayaan sebagai lanjutan dari kegiatan sebelumnya. Kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan disuport oleh anggaran Desa Karang Bajo Tahun 2019.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu Sosialisasi tentang kebencanaan (tanggap bencana, dan jalur evakuasi), kebersihan diri dan lingkungan, seni merajut, perlindungan anak, penundaan usia pernikahan, bahkan sampai pada pembentukan Kelompok Peduli Lingkungan.

Nara Sumber dan fasilitator didatangkan dari pihak pemerintah Lombok Utara dan pihak lain yang berkompeten, diantaranya adalah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara, Pihak Kesehatan Puskesmas Senaru, Dinas Sosial Bidang Perlindungan Anak, Lembaga Perlindungan Anak, dan beberapa pihak lain yang memahami kondisi lingkungan Dasan Baro dan pemuda yang sudah memilki kemapuan dibidang sebi merajut.

Peserta dalam kegiatan merupakan anak-anak dan pemuda yang bertempat tinggal di Dusun Dasan Baro, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan – Lombok Utara. Usia mereka yang terlibat antara 3 sampai dengan 18 tahun. Untuk kegiatan tertentu seperti pembentukan kelompok Peduli Lingkungan adalah kelompok pemuda dan Masyarakat setempat, antara 19 sampai dengan 40 tahun.

Waktu pelaksanaan kegiatan adalah sore hari, dari jam 15.00 sampai 18,00, dan setiap akhir acara selalu ada buka bersama. Waktu ini disepakati karena banyak para peserta yang masih dibangku sekolah, baik itu TK/PAUD, SD, SMP, dan SMA. Setiap kegiatan memiliki jadwal tersendiri setiap harinya, untuk kegiatan pertama yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Mei 3019 ini adalah sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan pihak Puskesmas Senaru sebagai Narasumber.

 

Baca Juga :


Harapan dari Masyarakat dan Pemerintah Desa, malalui kegiatan ssperti bisa memberikan pengetahuan kepada generasi dan masyarakat tentang kondisi stunting, dan lingkungan, termasuk bisa mengembangkan pengetahun generasi kedepannya.

Ketua kegiatan pemberdayaan tersebut yaitu saudara Nujana juga menyampaikan terdapat beberapa hal yang harus dievaluasi untuk kegiatan kedepannya, seperti pengelompokan peserta yang harus dibedakan berdasarkan kelompok usia, masih butuh lokasi yang lebih memadai (lokasi sekarang adalah tempat terbuka dengan menggunakan terpal sebagai alas), serta kesiapan panitia yang menjadi ujung tombak dalam setiap kegiatan.

Kariadi, SP sebagai Penjabat Kepala Desa Karang menyampaikan dalam sambutan disalah satu kegiatan “untuk kegiatan seperti ini perlu mengundang juga pihak kecamatan, sehingga kegiatan baik seperti ini bisa ditularkan kepada desa-desa lainnya. Kedepan, jika acara ini secara utuh sukses, maka bisa menggunakan anggaran yang lebih banyak, tentunya dengan rinciankegiatan yang lebih maksimal dan terarah juga, serta memilki out put yang jelas dan bisa dirasakan oleh pihak-pihak yang terlibat”.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan