logoblog

Cari

Kemenpar Gelar Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata Di Lotim

Kemenpar Gelar Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata Di Lotim

KM. Sukamulia - Kamis (26 Juni 2019) Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Lombok Timur menggelar Sosialisasi Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata

Peristiwa

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
27 Juni, 2019 01:24:19
Peristiwa
Komentar: 0
Dibaca: 4182 Kali

KM. Sukamulia - Kamis (26 Juni 2019) Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Lombok Timur menggelar Sosialisasi Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Otak Kokok Joben Desa Pesanggerahan Lombok Timur.

Gerakan Sadar Wisata yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, ASDEP Pengembangan Sumberdaya Manusia Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar RI ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum di sekitar kawasan destinasi pariwisata agar menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan.

Selain itu, kegiatan ini juga dihajatkan supaya masyarakat di sekitar kawasan destinasi pariwisata berperan aktif dalam menciptakan iklim yang kondusif guna mendorong tumbuh dan  berkembangnya kegiatan kepariwisataan dengan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Sapta Pesona supaya menjadi perilaku sehari-hari.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 orang peserta yang berasal dari seluruh wilayah Lotim yang terdiri dari perwakilan dari Masdarwis (Masyarakat Sadar Wisata), Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), Praktisi, Akademisi, BPPD, Pengurus dan Anggota DPC Himpunan Peramu Wisata Indonesia (HPI) Lotim, Pengelola Homestay Lombok Timur, Pengurus dan Anggota APGI Lotim, Tokoh Agama, Pelaku Wisata dan Mahasiswa dari beberapa universitas di Lotim.

Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 hingga 15.30 wita ini dihadiri juga oleh Kepalala Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar RI (Dra. Ambar Rukmini, M.Pd), Staf Ahli Menteri untuk KEK Mandalika (Ir. Ari Suhendra), Tuan Guru Ruslan Gunawan,  Kadispar Lotim beserta jajarannya, Kepala BPPD Lotim, Ketua DPC HPI Lotim, Ketua DP APGI NTB, Ketu Homestay Lombok Indonesia, Kaprodi Fakultas Sindratasik Universitas Hamzanwadi, Tuan Guru dan Ustaz dari beberapa Ponpes Lotim.

Di awal kegiatan, peserta dibagikan seperangkat seragam Gerakan Sadar Wisata yang berupa tas jinjing, kaos berkerah dan topi pet berlogo Wonderful Indonesia. Seragam tersebut digunakan oleh peserta dari sejak awal hingga ahir kegiatan.

Sebagai acara pembuka, ditampilkan Tarian Gagak Mandi (tari tradisional Lombok) yang diiringi oleh alunan musik tradisional yang dimainkan oleh Sanggar Seni Desa Lenek.

 

Baca Juga :


Selama kegiatan, peserta mendapatkan empat materi pokok, yakni; 1) Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang disampaikan oleh Dra. Ambar Rukmini, M. Pd, 2) Program Pengembangan Wisata Indonesia dan KEK Mandalika oleh Ir. Ari Suhendra, 3) Pariwisata dalam Kajian Islam oleh Tuan Guru Ruslsn Gunawan, Lc dan 4) Mitigasi Bencana di Kawasan Wisata oleh Kepala BPBD Lotim.

Kegiatan berjalan dengan tertib dan penuh semangat. Sebelum ditutup, Sanggar Seni Desa Lenek mementakan Tari Jangger. 

Sebelum menutup acara, Sekdispar Lotim menyampaikan laporan mengensi kondisi terahir Wisata Sembalun yang sudah kondusif dan bersatunya pihak pro dan kontra yang menyepakati untuk kembali membuka Pendakian Rinjani dan bukit serta seluruh Destinasi Wisata Sembalun dengan memperhatikan kode etik serta nilai-nilai budaya lokal dan religi.

Di ahir kegiatan, Kadispar Lotim menyampaikan harapan semoga Kemenpar RI terus mengucurkan dana pembangunan dan pembenahan untuk 
meningkatkan kapasitas dan segala aspek Pariwisata Lotim. 

Acara ini resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur pada pukul 15.30 wita dengan harapan agar hasil sosialisasi tersebut diterapkan oleh seluruh peserta di Destinasi Pariwisata yang ada di tempat mereka masing-masing dan dalam kehidupan sehari-harinya.
_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan